Belajar dari Meninggalnya Ameer Azzikra, Ternyata Awal Gejala Sakit Liver Ini Sering Banget Diabaikan, Terbanyak Menyerang Anak Muda!

Kabar mengejutkan datang dari berita meninggalnya Ameer Azzikra. Putra Ustaz Arifin Ilham ini diketahui meninggal dunia lantaran sakit liver. Ameer meninggal di usia yang tergolong sangat muda, 20 tahun.

Kasus Ameer ini juga mirip seperti kasus meninggalnya putra Ahmad Albar, Faldy Albar, yang meninggal dunia pada Rabu (29/8/2018) di usia 36 tahun. Faldy juga meninggal dunia setelah berjuang melawan sakit liver.

Karena itu, anak muda pun harus tahu gejala sakit liver yang seringkali diabaikan ini.

Ameer Azzikra Derita Sakit Liver

Sakit liver sempat diderita anak kedua mendiang Ustaz Arifin Ilham, Ameer Azzikra sebelum meninggal dunia pada Senin (29/11/2021). Hal ini dikabarkan oleh putra pertama Ustaz Arifin Ilham, Alvin Faiz.

“Innalilahiwainnailaihirojiun, telah wafat adik kami tersayang Muhammad Amer Azzikra @ameer_azzikra,” tulis Alvin dalam unggahan media sosial yang Grid.ID kutip pada Senin (29/11/2021).

Beberapa jam sebelumnya, Alvin Faiz juga sempat mengunggah foto dan mengabarkan bahwa sang adik dalam kondisi kritis.

Ameer Azzikra meninggal dunia di usia 20 tahun. Ia diketahui mengalami infeksi liver dan masalah pada paru-paru.

“Kata Umi infeksi liver,” kata salah satu sumber seperti diwartakan Grid Health.

“Sahabatku Syakir, doain, di paru-paru gue ada masalah,” kata mendiang Ameer dalam unggahan Instagram Story Syakir Daulay.

Gejala Sakit Liver

Dilansir Grid.ID dari Healthline via Kompas.com, liver adalah organ vital yang berfungsi mencerna makanan, mengolah energi untuk tubuh, sampai menyaring zat beracun dari darah.
Karena perannya sangat penting, liver menjadi organ yang paling kerja keras di dalam tubuh manusia.

Mengenai gejala sakit liver bisa beragam, tergantung pada penyebab dan jenis penyakitnya.

Beberapa tanda penyakit liver yang umum:

Baca Juga: Jangan Sampai Dimakan Kalau Sayur Wortel Terlanjur Diolah Seperti Ini, Malah Timbun Penyakit dalam Tubuh, Jangan Sampai Nyesel

– Kulit dan mata menguning

– Urine berwarna gelap

– Kotoran buang air besar (BAB) berwarna pucat, berdarah, atau hitam

– Pergelangan kaki, tungkai, atau perut membengkak

– Mual dan muntah

– Nafsu makan menurun

– Sering lelah

– Kulit gatal-gatal tanpa sebab jelas

– Sering memar

Diwartakan Mayo Clinic, penyakit liver bisa disebabkan banyak hal:

1. Infeksi

Virus bisa merusak hati dan menular lewat darah, air mani, makanan, air yang terkontaminasi, atau kontak dekat dengan penderita yang terinfeksi.

Adapun jenis infeksi yang menyerang liver dan cukup umum seperti hepatitis A, B, C.

2. Kelainan daya tahan tubuh

Ternyata penyakit yang menyerang sistem daya tahan tubuh (autoimun) juga bisa menyebabkan penyakit liver.

Misalnya sakit liver karena gangguan imun di antaranya hepatitis autoimun, kolangitis bilier primer, serta kolangitis sklerosis primer.

3. Keturunan

Faktor selanjutnya adalah keturunan. Gen abnormal yang diwariskan dari orangtua bisa menyebabkan zat tertentu menumpuk dan merusak liver.

Beberapa jenis penyakit liver karena faktor keturunan adalah hemochromatosis, penyakit wilson, dan defisiensi antitripsin alfa-1.

4. Kanker

Ada beberapa penyakit kanker yang memicu masalah pada liver, seperti kanker hati, kanker saluran empedu, sampai adenoma hati.

Terakhir, penyakit liver juga bisa disebabkan paparan zat tertentu ke dalam tubuh, seperti minum minuman beralkohol berlebihan, penumpukan lemak di hati, minum obat tidak sesuai dosis yang direkomendasikan, dan konsumsi minuman herbal tertentu

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.