Paling Mematikan Bagi Wanita! Artis Muda Ini Meninggal Dunia Karena Kanker Payudara, Makanan Favorit Semua Orang Ini jadi Penyebab Nomor 1

Kanker payudara memang jadi momok menakutkan bagi sebagian besar wanita. Soalnya, kanker satu ini diketahui begitu mematikan. Bahkan, kanker payudara juga merenggut nyawa Iceu Wong pada tahun 2015 lalu. Ia meninggal di usia yang masih sangat muda, 30 tahun, lo.

Iceu pun diketahui menderita kanker payudara stadium 4. Nah, siapa sangka makanan ini bisa jadi penyebabnya no 1 .

Mengidap Kanker Payudara

Mungkin nama penyanyi yang satu ini kurang akrab di telinga. Namun begitu mendengar lagu ‘Pacar Lima Langkah’, orang-orang akan langsung tahu.

Iceu Wong, nama panggung yang dipakainya untuk mempopulerkan lagu tersebut. Memiliki nama asli Iceu Srimulyati, dia mulai berkiprah di dunia musik sejak tahun 2008.

Sejak itu pula lagu pertamanya yang berjudul “Pacar Lima Langkah” menjadi sangat populer di mata masyarakat.

Namun sayangnya saat lagu itu melejitkan namanya, Iceu tiba-tiba menghilang dari dunia hiburan selama dua tahun lamanya.

Ternyata Iceu Wong mengidap penyakit kanker payudara stadium 4. Setelah berjuang melawan penyakitnya, Iceu pun dikabarkan meninggal dunia pada 22 Juli 2015.

Kabar duka tersebut, dibenarkan manajer Iceu, Kang Hazee.

“Dia merasakan sakit itu sejak setahun yang lalu. Tapi, selama ini, dia masih tetap beraktivitas juga, dia juga ngga ngeluh sakit yang bagaimana gimana gitu,” kata Kang Haze.

“Bahkan, dia semalam sekitar jam 22.30 WIB, masih sempet bercanda dan ngobrol-ngobrol sama saya,” lanjutnya.

Penyanyi yang memiliki nama nama lengkap Iceu Srimulyati itu meninggal dunia pada usia 30 tahun. Iceu meninggalkan satu orang suami dan seorang anak bernama Sabrina Vania Octaviyani.

Makanan penyebab kanker payudara

Pada 2018 diperkirakan 627.000 wanita meninggal dunia karena kanker payudara, menyumbang sekitar 15 persen kasus kematian karena kanker pada wanita.

Sementara risiko kanker payudara dapat diturunkan jika kita menjaga diet dan menghindari makanan yang dapat memicu kanker payudara.

Berikut beberapa makanan yang dapat memicu kanker payudara , dikutip dari Eat This, Not That! dan Prevent Breast Cancer.

1. Makanan kaleng

Lapisan kaleng, bisphenol-A, (BPA), telah dikaitkan dengan kanker payudara. Karena BPA adalah estrogen sintetik, yang berarti meniru hormon Anda, itu dapat mengganggu sistem hormon Anda.

Bahkan, sebuah laporan tahun 2012 yang diterbitkan dalam Environmental Health Perspectives menyarankan bahwa BPA mampu mempromosikan pertumbuhan sel kanker payudara manusia di laboratorium.

2. Alkohol

Terlalu banyak minum alkohol tidak hanya dapat meningkatkan risiko gagal jantung dan stroke, tetapi juga dapat meningkatkan risiko kanker.

Sebuah studi tahun 2015 dalam International Journal of Cancer melibatkan lebih dari 300.000 wanita menemukan bahwa risiko rata-rata seorang wanita didiagnosis dengan kanker payudara meningkat sebesar 4 persen dengan setiap tambahan minuman sehari.

Penelitian ini juga menemukan bahwa semakin lama seorang wanita minum selama hidupnya, semakin besar risikonya terhadap kanker payudara — terutama jika dia mulai minum sebelum kehamilan pertamanya.

3. Lemak jenuh

Lemak jenuh kerap dikaitkan dengan berbagai penyakit, salah satunya kanker.

Sebuah meta-analisis 2015 dari 52 studi yang diterbitkan dalam jurnal Medicine melaporkan bahwa wanita pascamenopause dengan asupan lemak jenuh tinggi meningkatkan risiko kanker payudara lebih dari 30 persen dibandingkan dengan mereka yang makan paling sedikit.

4. Makanan hangus

Saat Anda memasak atau memanggang makanan -terutama daging dan ikan- pada suhu tinggi untuk jangka waktu yang lama, proses memasak dapat mengubah protein makanan menjadi senyawa karsinogenik.

Senyawa ini yang dikenal sebagai heterosiklik amina (HCA).

Satu studi yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute menemukan bahwa wanita yang makan daging yang baik memiliki risiko 4,62 kali lebih tinggi daripada wanita yang makan dalam jumlah yang sama dengan daging yang dimasak langka atau sedang.

5. Minuman bersoda

Sebuah laporan yang diterbitkan di The Times mengklaim bahwa perempuan yang mengkonsumsi minuman bersoda memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara.

Studi ini menunjukkan bahwa kadar gula yang tinggi dari minuman adalah faktor kunci yang diperkirakan dapat berperan dalam peningkatan risiko kanker payudara.

Dr Michelle Harvie, ahli diet penelitian di Genesis Breast Cancer Prevention, mengatakan, “Penelitian ini mendukung apa yang sudah kita ketahui tentang diet tinggi kalori, penambahan berat badan dan kanker payudara.”