Tips Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Pare sebenarnya merupakan salah satu sayuran yang bisa dimasak dan menjadi santapan yang lezat bila benar cara memasaknya. Orang harus tahu cara memasak pare agar tidak pahit, supaya pare tersebut bisa tetap nikmat untuk dinikmati.

Ada beberapa tips memang yang harus diperhatikan untuk memasak pare agar supaya tidak sampai muncul rasa pahit tersebut. Karena pare sendiri merupakan salah satu sayuran yang cukup menyehatkan bagi tubuh juga, sehingga kita harus pintar dalam mengolahnya ya.

Pemilihan Pare

Tips agar tidak pahit, sedari awal kita harus pintar memilih pare mana yang mungkin memiliki kualitas yang terbaik untuk diolah.

Pertama coba untuk memilih pare yang berukuran kecil saja, karena pare biasanya semakin besar akan semakin pahit rasanya. Selain itu pilih yang berwarna hijau tua, karena itu berarti belum terlalu tua sayurannya dan rasanya tidak terlalu pahit.

Pengolahan Yang Benar

Nah kalau pare yang dipilih itu sudah tepat, maka tinggal bagaimana kita mengolah pare tersebut dengan baik untuk jadi hidangan yang lezat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat kita akan mengolah pare ini agar supaya rasa pahitnya itu tidak dominan. Berikut beberapa tips pengolahan pare yang baik dan benar.

Rendam Dengan Garam

Tips pertama untuk sedikit mengurangi rasa pahit pada pare adalah dengan merendam pare dengan menggunakan garam. Jadi pare dibelah dua dan kemudian di rendam dengan menggunakan air garam dan kemudian di remas dengan menggunakan garam. Lebih baik kalau sudah dipotong-potong kecil dulu baru direndam dengan air garam dan barulah diremas sampai layu. Setelah itu kalian bilas dengan air mengalir sampai bersih.

Rendam Dengan Gula

Cara memasak pare agar tidak pahit yang kedua adalah dengan merendam menggunakan air gula, ini merupakan salah satu pilihan. Sebab gula ini akan sedikit mengurangi rasa pahit dari sayuran pare tersebut yang tentunya caranya sama dengan garam. Jadi potong terlebih dahulu, buang bagian tengahnya dan kemudian potong kecil-kecil dan rendam dengan air gula. Setelah itu jangan lupa bilas dengan menggunakan air mengalir.

Hilangkan Bagian Tengah Pare

Cara yang ketiga adalah dengan menghilangkan bagian tengah dari pare, ini menjadi salah satu solusi untuk mengurangi rasa pahit. Bagi dua pare dan kemudian kerok bagian dalam dari pare yang berwarna putih sampai benar-benar bersih. Bila bagian tengahnya sudah dihilangkan, maka kemungkinan besar rasa pahit dari pare itu akan berkurang sedikit dibandingkan tidak.

Dimasak Dengan Cara Dikukus

Pengolahan pare pun harus benar supaya gizi dari pare itu tetap bisa terserap dengan baik oleh tubuh kita. Cara yang paling baik adalah dengan dikukus saja, karena lebih cepat matang dan gizi juga tidak banyak berkurang. Itulah cara memasak pare agar tidak pahit.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.