Tingkatkan Kesehatan Usus, Cobalah Konsumsi 5 Makanan Ini Setiap Hari

Pilihan makanan yang kita konsumsi sehari-hari cukup berdampak pada peningkatan kesehatan usus, menurunkan risiko diabetes dan mengurangi peradangan.

Dr Megan Rossi, sebagai The Gut Health Doctor, percaya bahwa diet yang sehat dan beragam adalah kunci untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, terutama kesehatan usus.

Namun, dilansir dari Metro UK, ada 5 jenis makanan tak terduga yang memiliki manfaat ekstra untuk kesehatan usus.

1. Lentil

Menurut Dr Rossi, lentil adalah makanan kaya serat prebiotik yang memberi makan bakteri usus Anda. Ketika bakteri memakan serat, mereka menghasilkan bahan kimia yang bermanfaat, seperti asam lemak rantai pendek yang bertindak sebagai pembawa pesan ke organ lain, dari hati, jantung hingga otak.

2. Berry

Buah-buahan dalam kategori berry, yakni blueberry, blackberry dan raspberry, telah terbukti memiliki kekuatan antioksidan dan pendinginan berkat kandungan flavonoid yang tinggi. Kandungan flavonoid dalam buah berry ini membantu mengurangi peradangan seluruh tubuh dan memperlambat Penuaan.

3. Yogurt

Yoghurt polos atau plain biasanya mengandung bakteri hidup yang baik untuk usus. Anda bisa mengonsumsinya untuk meningkatkan kesehatan usus dengan mencampurkan satu sendok teh madu atau kurma yang dicincang.

4. Kubis brussel

Kubis brussel mengandung glukosinolat yang bisa dipecah menjadi isothiocyanates dan indoles. Konsumsi sayuran ini bisa membantu mencegah beberapa penyakit kronis, seperti kanker perut, kanker payudara dan kanker prostat.

5. Bawang putih

Bawang putih mengandung allicin yang juga bisa berubah menjadi senyawa lain untuk mendukung sel darah putih dalam tubuh melawan virus. Sebuah studi telah menunjukkan makan bawang putih bisa membantu pemulihan Anda lebih cepat dan mengurangi tingkat keparahan gejala ketika sedang sakit.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.