Malu Kalau Tetangga sampai Tahu, Botol Kaca Jamuran Bisa Kinclong Lagi Cuma Modal Baking Soda dan Air Panas, Begini Caranya

Seperti halnya piring, botol dari keramik atau kaca juga harus dibersihkan. Pasalnya, kondisi lembab dan penggunaan berbagai macam cairan yang dimasukkan pada botol, bisa memunculkan lumut atau kotoran. Hal in tentu bisa membahayakan kesehatan apabila tidak dibersihkan.

Jika Anda perhatikan, biasanya noda hijau atau lumut ini akan muncul pada bagian bawah botol. Pasalnya bagian bawah botol kerap bersentukan dengan tatakan yang atau benda yang bisa memicu lumut. Nah, untuk membersihkannya penggunaan sikat terkadang masih belum bisa optimal. Tapi tenang, ternyata Anda bisa menggunakan baking soda untuk mengatasi

Cara Membersihkan Botol Minum yang Benar

Baking soda rupanya bisa menjadi bahan yang bisa Anda gunakan untuk memebrsihkan botol kaca dari lumur atau noda hijau. Lantas bagaimana cara penggunaannya dan apa saja alat yang dibutuhkan?

Bahan dan Alat:

Air panas
Baking soda
Sikat Botol

Pertama, pisahkan bagian-bagian botol yang ada, misalnya tutup botol, karet botol, sedotan, dan lain-lain. Kedua, buatlah larutan untuk membersihkannya dari empat sendok makan baking soda dan sati liter air hangat. Jangan gunakan air mendidih.

Ketiga, tuang larutan pembersih ke dalam botol dan rendam bagian botol lainnya ke dalam larutan. Diamkan semalaman. Keempat, buatlah larutan yang sama dan tuangkan ke dalam botol yang sudah dibuang air rendamannya,

Kelima, sikat dan bilas seluruh bagian botol sampai bersih. Kemudian keringkan. Keenam, hindari memasang bagian botol jika belum kering semputna karna bisa menimbulkan jamur.

Selain penggunaan baking soda, Anda juga bisa menggunakan beras. Kotoran di dalam botol seringkali masih tertinggal soalnya sulit dijangkau. Nah, dengan penggunaan beras Anda bisa membersihkannya.

Cara menggunakannya, campurkan beras, air hangat, dan detergen. Masukkan air hangat ke dalam botol hingga 3/4, tambahkan 1 sdt beras dan sedikit detergen.

Tutup botol hingga rapat dan kocok-kocok hingga beras bisa menjangkau semua permukaan botol. Perhatikan pula jenis botolnya, ya. Jika kaca botol tipis disarankan jangan terlalu keras saat mengocoknya.

Jika sudah, buang semua cairan dan Anda bisa membilasnya menggunakan air mengalir dan biarkan hingga mengering. Selain penggunaan campuran beras dan deterjen, Anda juga bisa menggunakan cuka.

Cuka bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kerak yang membandel.

Campurkan air hangat dengan cuka dengan perbandingan 1:1, kemudian rendam botol tersebut dalam semalaman.

Jika sudah, buang air rendaman dan bersihkan botol kaca.

Namun, perlu diingat jika botol ini digunakan untuk air minum jangan gunakan cuka ya, karena baunya akan menempel.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.