Waktu Muda Doyan Makan Ketan Hitam, Kakek Ini Sujud Syukur Sekarang Tubuhnya Dijauhi Penyakit Mematikan ini, Anak Cucu Bahagia!

Selain beras putih, ada banyak jenis beras di dunia ini yang bisa kita nikmati. Mulai dari beras merah, beras hitam, hingga dengan beras ketan. Nah, yang jarang dikonsumsi banyak orang adalah beras ketan hitam. Kita biasanya akan makan ketan hitam kalau ada bungkusan dari hajatan yang diberi tetangga.

Padahal, kalau kita rajin makan ketan hitam bisa jauh dari penyakit mematikan ini, loh! Ya, kerap dianggap sepele, padahal ada banyak sekali manfaat ketam hitam untuk tubuh. Manfaat dari ketan hitam untuk kesehatan ini bahkan tak kalah dari beras putih yang biasa kita makan, loh! Jadi, apa saja sih manfaat ketan hitam ini?

Yuk simak berikut ini.

Ketan Hitam Bisa Cegah Kanker

Mulai sekarang, kita bisa mengganti cemilan dengan ketan hitam supaya lebih sehat. Pasalnya ada banyak manfaat ketan hitam untuk menangkal penyakit yang sayang banget kalau kita lewatkan. Dilansir dari HealthyEating, ketan hitam ternyata bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker.

Antioksidan adalah zat alami atau sintetis yang melindungi atau mengurangi kemungkinan kerusakan sel dari racun lingkungan dan radikal bebas.

Ketan hitam kaya akan antioksidan antosianin, yang dapat membantu melawan kanker dan penyakit jantung. Menurut Dr. Zhimin Xu dari Pusat Pertanian Universitas Negeri Louisiana seperti dikutip oleh American Chemical Society, 10 sendok beras hitam yang dimasak memiliki antosianin sebanyak sesendok blueberry

Uniknya, anthocyanin larut dalam air, tidak seperti antioksidan lain dalam beras hitam yang larut dalam lemak. Ini berarti antioksidan dalam beras hitam dapat mencapai berbagai bagian tubuh Anda.

Antioksidan ini akan sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Mulai sekarang Anda bisa menikmati ketan hitam untuk mencegah penyakit berbahaya satu ini. Anda juga bisa mengkreasikannya dengan berbagai bahan makanan lainnya. Beberapa olahan yang dapat diolah dari ketan hitam anatara lain bubur ketan hitam.

Manfaat Ketan Hitam Lainnya

Masih dalam artikel yang sama, ternyata ketan hitam punya manfaat yang baik untuk tubuh.

1. Membantu diet

Berbeda dengan jenis ketan lainnya, ketan hitam tidak diproses, artinya bagian luar nasi tetap utuh dan dimakan. Dedak mengandung serat makanan yang tidak larut, yang membantu makanan melewati sistem pencernaan Anda lebih cepat. Ini juga menambah jumlah besar pada limbah padat Anda.

Sebagai serat makanan, serat tidak larut membuat Anda merasa kenyang lebih cepat, mengurangi kemungkinan Anda akan makan berlebihan. Memasukkan ketan hitam dalam diet Anda dapat membantu meningkatkan konsumsi serat makanan Anda.

Sepertiga cangkir ketan hitam mengandung 3 gram serat makanan, yaitu 10 persen dari nilai harian Anda pada diet 2.000 kalori per hari.

2. Kaya akan vitamin dan mineral

Sepertiga cangkir ketan hitam kering mengandung 120 persen mangan harian, 20 persen fosfor dan magnesium, dan 8 persen selenium. Mangan dianggap sebagai mineral penting, karena diperlukan agar tubuh Anda berfungsi dengan baik.

Fungsi dari mangan antara lain membantu tubuh Anda memproses kolesterol, protein dan karbohidrat, dan mungkin juga efektif dalam memerangi osteoporosis bila dikonsumsi dengan kalsium, seng dan tembaga.

Fosfor membantu tubuh Anda membangun tulang dan gigi, dan seperti mangan, fosfor juga membantu tubuh Anda memproses karbohidrat dan lemak.

Magnesium, seperti fosfor dan mangan, sangat penting untuk berbagai proses dalam tubuh Anda. Menurut MedlinePlus, magnesium dibutuhkan dalam lebih dari 300 reaksi kimia yang menjaga tubuh Anda dalam kondisi kerja terbaik.

Jadi Anda sangat direkomendasikan untuk memakan ketan hitam.

Berbagai vitamin dan mineral yang terkandung dalam ketan hitam akan membawa manfaat yang besar bagi tubuh Anda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.