Modalnya Cuma Rutin Makan Nanas, Tua Nanti Pasti Bakal Girang Karena Tubuh Bisa Rasakan Khasiat Mujarab Ini, Gak Perlu Lagi Ketemu Dokter!

Siapa yang suka makan buah nanas? Nampaknya banyak ya yang suka makan buah berwarna kuning yang satu ini. Nanas dikenal sebagai buah yang memiliki rasa asam manis. Maka itu, saat siang hari banyak yang suka makan buah nanas. Apalagi nanas makin enak kalau disajikan dalam keadaan dingin. Sebab bisa bikin terasa segar dan bikin mata jadi melek.

Nah, di balik rasanya yang enak ternyata nanas memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh kita loh. Ya, dengan rutin makan buah nanas ternyata bisa bikin tubuh rasakan khasiat mujarab ini!

Penasaran? Yuk simak artikel berikut ini.

Manfaat Nanas

Diketahui jika nanas mengandung bromelain, yakni enzim yang bersifat anti-inflamasi yang juga mungkin memiliki manfaat dalam melawan kanker. Melansir dari Insider, berikut adalah beberapa manfaat kesehatan jika Anda mengonsumsi nanas.

1. Dikemas dengan nutrisi

Vitamin C memainkan peran penting dalam penyembuhan luka, memproduksi protein, dan menyerap zat besi. Sedangkan mangan merupakan mineral penting untuk fungsi otak dan saraf, penyerapan kalsium, dan pengaturan gula darah.

Perlu juga dicatat bahwa nanas mengandung 8,3 miligram asam amino triptofan . Asam amino khusus ini adalah pendahulu dari neurotransmitter serotonin yang bisa membantu meningkatkan suasana hati.

2. Melancarkan pencernaan

Bromelain dalam nanas dapat membantu melancarkan pencernaan. Kandungan bromelain juga bisa mengurangi peradangan di saluran pencernaan bagi mereka yang menderita penyakit radang usus.

Plus, satu porsi nanas menawarkan 2,3 gram serat makanan , yang dapat membantu kita untuk buang air besar secara teratur.

3. Dapat membantu menurunkan berat badan

Berkat kandungan serat yang cukup tinggi, nanas juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga membantu dalam penurunan berat badan.

4. Tinggi antioksidan

Antioksidan adalah zat yang melindungi sel-sel Anda dari radikal bebas atau senyawa kimia yang mungkin berperan dalam kanker dan penyakit jantung .

Nanas kaya akan berbagai antioksidan seperti:

  • Vitamin C
  • Mangan
  • B romelain
  • Asam fenolat
  • Flavonoid

Beberapa penelitian menunjukkan nanas mengandung asam fenolik yang artinya mengandung zat antikanker, dan antiinflamasi.

Sementara itu, flavonoid memiliki efek yang sama, tetapi juga menawarkan perlindungan dari penyakit kardiovaskular.

5. Dapat meningkatkan kekebalan

Kandungan vitamin C dalam nanas juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

“Vitamin C tidak hanya dapat mencegah infeksi tertentu tetapi juga dapat membantu mengobati beberapa, seperti infeksi pernapasan dan sistemik tertentu,” kata Christensen.

Sebuah studi tahun 2014 menemukan anak usia sekolah dasar yang makan nanas kalengan mengalami lebih sedikit infeksi virus dan bakteri dibandingkan dengan mereka yang tidak memakannya.

Anak-anak yang makan nanas paling banyak memiliki sel darah putih pelawan penyakit empat kali lebih banyak daripada yang lain.

6. Meredakan batuk

Bromelain dalam nanas dapat membantu mengurangi gejala batuk.

Sebuah tinjauan tahun 2010 meneliti pengobatan alami untuk TBC dan mengutip jus nanas sangat membantu dalam melarutkan lendir paru-paru ketika dicampur dengan sedikit merica, madu, dan garam.

Ini mungkin karena sifat anti-inflamasi bromelain yang bekerja dalam tubuh kita .

7. Menguatkan tulang

Kandungan vitamin C nanas yang tinggi juga penting untuk kesehatan tulang.

Faktanya, tinjauan tahun 2020 menemukan individu yang makan makanan tinggi vitamin C memiliki risiko terkena osteoporosis yang jauh lebih rendah dan insiden patah tulang pinggul 34% lebih rendah.

Air Rendaman Nanas untuk Mengatasi Peradangan

Air rendaman nanas bisa menjadi salah satu minuman sehat yang dimasukkan ke dalam diet harian Anda. Pakar nutrisi juga membuat minuman tersebut dan menyerutupnya beberapa kali dalam seminggu.

“Saya membuatnya sendiri beberapa kali seminggu,” kata Arielle “Dani” Lebovitz, RDN, ahli diet di Franklin, Tennessee, dilansir dari Thehealthy.com.

Ada dua cara umum untuk membuat air nanas.

Kata Lebovitz, versi paling populer memasukkan air dengan potongan nanas segar.

Versi lainnya memadukan nanas yang baru dipotong dengan air lalu menyaring ampasnya.

Ada berbagai manfaat air rendaman nanas.

Salah satunya untuk mengatasi peradangan.

Nanas mengandung bromelain, sekelompok enzim.

“Minum air nanas dapat membantu orang dengan peradangan kronis,” kata Lebovitz.

Bromelain larut dalam air dan diketahui memiliki efek anti-inflamasi dalam tubuh.

Zat ini juga memberikan manfaat anti-inflamasi lainnya.

“Penelitian menunjukkan bahwa bromelain bahkan dapat mengurangi peradangan hidung pada orang yang menderita sinusitis akut,” kata Stefanow

Selain itu, nanas juga dapat mempersingkat durasi gejala sinusitis.

Bagi Anda yang menderita sinusitis, Anda bisa memanfaatkan nanas.

Dijamin, Anda tidak akan bolak-balik dokter lagi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.