Awas Ginjal Hancur Karena Obat, Mending Mulai Rutin Makan Buah Pepaya Agar Tua Nanti Tubuh Rasakan Khasiat Luar Biasa Ini

Makan buah memang jadi salah satu cara untuk hidup sehat. Nah, membicarakan buah, Anda pasti sudah gak asing dengan pepaya ya. Pepaya ini banyak yang suka loh. Apalagi bagi Anda yang susah buang air besar.

Ya, pepaya memang disebut bagus untuk melancarkan buang air besar. Maka itu, pepaya jadi salah satu buah yang sering dibeli. Nah, kalau Anda suka makan pepaya kini ada kabar baik loh. Karena ternyata pepaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita.

Bahkan hanya dengan makan pepaya, tubuh bakal bisa rasakan khasiat luar biasa ini.

Manfaat Pepaya

Pepaya disebut sebagai the amazing fruit karena manfaat kesehatannya. Kita mungkin hanya mengenal manfaat pepaya untuk melancarkan BAB. Padahal lebih dari itu, buah pepaya bisa memberikan 7 hal yang kita inginkan berikut ini.

1. Mengatur tekanan darah

Ini terjadi berkat adanya carpaine dalam pepaya yang bertanggung jawab untuk mengurangi tekanan darah.

2. Menunda penuaan

Banyak nutrisi dalam pepaya yang dapat membantu menunda penuaan, seperti vitamin C dan E, dan antioksidan.

Mereka mencegah kulit dari radikal bebas, kerusakan akibat sinar matahari, dan kerutan.

3. Meningkatkan kekebalan

Pepaya juga mengandung vitamin A, C, dan E yang merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk sistem kekebalan tubuh.

Pepaya bagus untuk tubuh dan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

4. Menurunkan kolesterol

Pepaya kaya akan serat yang membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Selain itu, antioksidan dan vitaminnya membantu mencegah penyakit jantung.

5. Mengurangi peradangan

Pepaya memiliki sifat anti-inflamasi.

Ini bisa sangat berguna untuk mengatasi kulit yang meradang dan masalah seperti radang sendi, nyeri sendi, asam urat, dan asma.

6. Membantu menyingkirkan cacing dan parasit

Cacing dan parasit dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh.

Pepaya dapat membantu menghilangkan parasit ini dari tubuh saat parasit tersebut mulai memecah telurnya.

Biji pepaya juga bisa sangat bermanfaat.

7. Menurunkan stres

Berkat vitamin C, pepaya dapat membantu mengurangi stres karena, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Alabama, pepaya mengatur aliran hormon stres.

Cara Bikin Pepaya Cepat Matang

Sebagian orang masih keliru dalam memilih mana buah pepaya yang sudah matang.

Menurut Real Simple, ciri-ciri pepaya matang dapat dilihat dari warnanya. Kulit pepaya perlahan akan berubah dari hijau menjadi kuning saat mulai matang.

Ketika hampir sepenuhnya berwarna kuning, cobalah menyentuhnya. Jika ujung jari kita sudah bisa menekan dan daging buah terasa lembut saat disentuh, artinya pepaya siap untuk dimakan.

Jika menunggu terlalu lama, buahnya mungkin akan terlalu matang dan terlalu lembek sehingga daging buah pepaya akan terasa hambar.

Tentu kita bisa saja membiarkan pepaya matang sendiri di suhu ruangan. Tapi, beberapa orang mungkin berpikir untuk langsung memakannya. Kita bisa mencoba trik berikut:

1. Menggunakan kantong kertas

Metode ini sama seperti yang kita lakukan pada buah lain, yaitu menggunakan paper bag atau kantong kertas.

Cukup masukkan pepaya ke dalam kantong kertas dan lipat atau gulung hingga pepaya tertutup. Cara ini akan mematangkan buah dalam waktu dua hingga tiga hari, tergantung pada seberapa hijau awalnya.

2. Menggunakan buah penghasil etilen

Jika ingin mempercepat kematangannya lagi, kita bisa menambahkan buah penghasil etilen seperti apel atau pisang matang ke dalam kantong kertas.

Ini dilakukan untuk mempercepat proses pematangannya hingga satu hari.

3. Menusuk kulit pepaya

Jika ingin segera mengonsumsinya segera setelah dibeli padahal kulit pepaya masih tampak hijau, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat pepaya matang cepat matang.

Gunakan pisau pengupas, kemudian tusuk kulit pepaya secara hati-hati menggunakan pisau tersebut secara vertikal di sepanjang buah.

Pastikan tidak menusuk daging buah melainkan hanya kulitnya saja. Jika daging buah ikut tergores, maka buah berisiko membusuk bahkan bahkan sebelum cukup matang untuk dimakan.

Adapun cara ini dapat membantu pepaya melepaskan etilen dan matang lebih cepat serta menghasilkan buah yang sangat manis.

Jika menggunakan metode ini, kita tidak perlu memasukkan potongan buah lain ke dalam kantong lagi karena pepaya sudah mematangkan diri menggunakan etilennya sendiri.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.