Untung Tetangga Punya Warteg, Dikasih Tahu Cara Buat Tempe Bacem Enak dan Manis Tanpa Pakai Kecap

Keluarga di rumah suka makan tempe? Tempe selain murah, juga kaya akan manfaat. Makanya saat harga kedelai melonjak naik, pada banyak yang takut harga tempe juga melonjak. Bukan cuma itu saja, tempe bisa jadi bahan serbaguna yang bikin meja makan penuh makanan nikmat.

Salah satu yang disuka adalah tempe bacem. Banyak yang menyukai tempe bacem karena rasanya yang manis. Kecap menjadi salah satu bahan yang kerap ditambahkan dalam tempe bacem. Tapi ada juga trik dari warteg yang bisa membuat tempe bacem tanpa perlu kecap. Dijamin rasanya sukses bikin ketagihan.

Tips Membuat Tempe Bacem Tanpa Kecap

Bagi penggemar bacem, pasti biasanya Anda menggunakan kecap untuk memasaknya. Namun, alih-alih mendapatkan rasa manis dan gurih, ketika dituangkan kecap rasa tempe bacem justru berubah menjadi terlalu asin.

Nah kini Anda tak perlu bingung untuk memasak tempe bacem ala warteg yang manis dan gurih tapi tidak bikin eneg.

Coba ganti kecap manis dengan gula merah dan air kelapa saat membuat baceman. Dua bahan ini ternyata jadi kunci tempe bacem bisa manis dan gurih namun tidak terlalu manis. Gula merah akan membuat warna baceman lebih cokelat mengilat. Penggunaan air kelapa juga bisa menambah cita rasa legit dan gurih baceman.

Bagaimana mudah bukan?

Anda bisa mencobanya di rumah. Selain 2 bahan di atas, ada beberapa tips yang juga harus Anda lakukan saat membuat bacem agar rasa dan bumbunya bisa meresap.

1. Tutup panci saat memasak

Saat merebus baceman dengan bumbunya, jangan lupa menutup panci. Hal ini dilakukan untuk menghindari aroma baceman keluar. Selain itu juga akan membuat bumbu lebih meresap dan baceman pun akan lebih cepat matang.

2. Gunakan api kecil

Penggunaan api juga berpengaruh pada hasil baceman. Usahakan menggunakan api kecil saat merebus bacem. Api kecil akan membuat bumbu lebih meresap dibanding memakai api besar. Jangan lupa balik tahu dan tempe sesekali agar bumbu meresap secara merata.

3. Direndam dalam sisa air rebusan

Cara ini bisa dilakukan kalau kita ingin menyetok baceman untuk esok hari. Rendam tahu dan tempe di dalam sisa air rebusan semalam. Masukkan ke dalam wadah tertutup dan masukkan kulkas sebelum digoreng.

Dengan cara ini bumbu akan lebih meresap dan rasanya akan lebih enak. Bagaimana? Siap membuat baceman sendiri di rumah? Selain cara memasak, Anda tentu harus memperhatikan kualitas tempe yang Anda masak.

Pasalnya ternyata tempe tidka bisa disimpan secara sembarangan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.