Sudah Pernah Coba Belum? Ini Jadinya Kalau Simpan Pisau Bekas Pakai ke Dalam Beras, Efeknya Bikin Tersenyum!

Pisau merupakan benda yang wajib ada di setiap rumah. Karena fungsi pisau ini tentu saja untuk memotong bahan masakan dan makanan seperti sayur, buah, daging, bumbu dapur dan sebagainya. Kalau tak ada pisau, rasanya sulit untuk gunakan benda lain untuk memotong bahan-bahan tersebut.

Tapi kalau dipakai setiap hari, pisau bisa saja cepat tumpul, nih. Belum lagi ada bercak-bercak karat di pisau kalau tak disimpan dengan benar. Maka dari itu, kita wajib tahu cara menyimpan pisau yang benar mulai sekarang!

Salah satunya yaitu direndam atau simpan pisau di dalam beras. Wah, memang apa manfaat simpan pisau di dalam beras ini?

Kalau penasaran, yuk simak penjelasannya dari Chef Edwin Lau berikut ini.

Manfaat Rendam atau Simpan Pisau di Beras

Siapa yang menyangka kalau ternyata pisau dan beras itu pasangan yang sangat cocok, loh. Bahkan, banyak orang senagaja menyimpan pisau bekas pakai atau pisau lamanya di dalam beras. Tentu saja hal ini dilakukan karena ada manfaat luar biasa di baliknya.

Ya, dikutip dari Instagram Chef Edwin Lau, diketahui beras ternyata punya banyak kegunaan selain jadi makanan pokok orang Indonesia. Awalnya, Ia membuat polling di instagram soal fungsi beras yang tak terduga.

Selanjutnya, Ia pun memberikan pemaparannya. Ternyata, beras punya fungsi sebagai anti karat, lo. Makanya, baik sekali jika kita merendam pisau atau barang-barang yang mudah berkarat di dalam beras. Caranya mudah, tinggal celupkan saja pisau dengan posisi gagang menyembul keluar dari beras.

Diamkan selama tidak terpakai.

Nantinya, pisau akan lebih awet dan tak mudah berkarat, lo.

“Celupkan atau simpan pisau / panci besi / alat dari bahan yg mudah berkarat didalam beras. Alat anda akan awet lebih lama!”

Selain itu, beras juga punya efek sebagai pengering yang membuat cita rasa dan kualitas bumbu akan tetap baik.

Caranya tinggal tambahkan beras dengan garam, maka bumbu tersebut tidak akan menggumpal dan lebih mudah keluar saat ditaburkan.

Kebayang kan, kalau kita sering sekali kedulitan menaburkan garam keluar dari lubang-lubang kecil di tutupnya karena garam menggumpal?

Nah, hal ini tidak akan terjadi lagi!

Bukan cuma garam, kita pun bisa mencampur beras dengan bumbu lain yang ada di dapur.

Manfaat Beras Lainnya

Nah, selain itu, Chef Edwin juga menuliskan kegunaan lain beras yang ternyata luar biasa banget.

1. Pengering Alami

Baik itu untuk mengeringkan HP yg basah, sampai kepada pengganti silica gel, beras akan menyerap kelembapan / cairan di sekitarnya.

2. Anti Karat

Celupkan atau simpan pisau / panci besi / alat dari bahan yg mudah berkarat didalam beras. Alat anda akan awet lebih lama!

3. Penyubur Rambut

Ambil air dari cucian beras yg kedua, lalu diamkan semalaman. Keesokan harinya, cuci rambut dan pijat kepala anda dengan fermented rice water ini. Dijamin subur!

4. Scrubing

Untuk produk yg memiliki sela yg sempit / kecil, gunakan beras sebagai pengikis kotoran alami dengan mengocoknya berulang kali. Kotoran akan menempel pada beras.

5. Pengasah Pisau

Apabila blender / food processor anda tumpul, blender aja beras beberapa saat (+-30 detik). Mata pisau tersebut akan tajam kembali.

6. Insulator Dingin / Panas

Masukkan beras kedalam sebuah kemasan kain. Jika ingin digunakan sebagai heating pad, microwave sejenak supaya memanas. Jika ingin digunakan sebagai cooling pad, masukkan freezer supaya mendingin.

7. Perangkap Ethylene

Kubur buah didalam beras untuk mempercepat pematangannya. Beras akan mengurung gas Ethylene alami dari buah yg mempercepat proses pembentukan gula & pematangan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.