Minum Obat Pahit, Mending Pakai Cokelat untuk Atasi Asam Urat, Dijamin Enak dan Mujarab!

Orang Indonesia pasti sudah gak asing lagi dengan yang namanya asam urat. Ya, asam urat memang jadi salah satu penyakit yang banyak menyerang orang Indonesia. Nah, asam urat ini bisa terjadi karena makanan yang kita konsumsi.

Maka itu, kalau penderita asam urat makan sembarangan yang ada malah bikin asam urat jadi kambuh. Kalau asam urat kambuh, pasti bakal sangat menyiksa. Sebab asam urat yang kambuh bisa bikin sendi jadi pada nyeri.

Untuk mengatasi asam urat biasanya obat selalu jadi andalan. Namun, daripada minum obat mending Anda atasi asam urat dengan cokelat. Penasaran penjelasannya? Yuk simak artikel ini!

Obat Alami Asam Urat

Berikut ini beberapa obat alami yang dapat membantu mengatur asam urat dalam darah kita.

Cokelat hitam

Theobromine adalah alkaloid yang memiliki struktur yang mirip dengan kafein yang terutama ditemukan dalam biji kakao. Itu juga pada tingkat konten tertinggi dalam cokelat hitam.

Alkaloid Theobromine sangat membantu mengurangi kadar asam urat yang tinggi karena dapat membantu mengendurkan otot-otot bronkial paru-paru.

Penelitian juga menunjukkan bahwa itu lebih efektif daripada kodein, jenis alkaloid lain, dalam meredakan batuk.

Teh hijau

Teh hijau kaya akan kandungan katekin tinggi yang merupakan antioksidan kuat. Catechin, sebagaimana diyakini oleh banyak orang, digunakan untuk memperlambat produksi jenis enzim tertentu dalam tubuh.

Teh hijau terkait dengan pembentukan asam urat dan dengan demikian, sangat membantu dalam mengurangi kadar asam urat.

Serat

Termasuk serat dalam diet Anda bisa sangat membantu. Memilih diet kaya serat dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Oat, biji-bijian utuh, sayuran seperti brokoli, labu dan seledri harus dimasukkan dalam diet untuk menurunkan kadar asam urat.

Jenis makanan ini diisi dengan serat makanan yang sangat bermanfaat dalam penyerapan asam urat dan menghilangkannya dari tubuh.

Vitamin C

Sertakan buah-buahan yang diperkaya vitamin C dalam diet Anda untuk mendapatkan hasil terbaik. Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi 500 mg Vitamin C setiap hari dapat mengurangi kadar asam urat dalam waktu singkat.

Jus jeruk atau jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C dan karenanya, dapat sangat membantu dalam menyediakan Anda dengan jumlah vitamin C yang dibutuhkan.

Ceri

Bagi mereka yang menderita asam urat tingkat tinggi di dalam tubuhnya, memilih jenis buah yang tepat dapat membantu mempertahankan kadar asam urat.

Itu selalu disarankan untuk tidak memasukkan buah jeruk dalam diet ketika menderita peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Semua jenis beri seperti stroberi, blueberry, raspberry dll, memiliki sifat anti-inflamasi. Juga, mereka tinggi kandungan serat yang membantu dalam mempromosikan pengurangan asam urat dalam darah.

Air atau cairan

Air adalah salah satu pembersih alami dan cairan yang mengeluarkan racun dari tubuh. Jadi, minumlah setidaknya 10-12 gelas air setiap hari.

Cairan juga bermanfaat karena membantu menghilangkan asam urat dari tubuh melalui ekskresi. Karena itu, minum lebih banyak cairan dan air akan membantu mengurangi kadar asam urat.

Tapi, ingatlah untuk memilih jenis jus dan cairan yang tepat.

Beri

Berry, secara umum, memiliki sifat anti-inflamasi yang terbuat dari zat yang disebut anthocyanin. Melansir dari indiatimes, zat khusus ini bermanfaat dan membantu mengurangi kadar asam urat yang tinggi.

Ini juga mencegah asam urat mengkristal dan terdeposisi dalam sendi yang nantinya dapat menyebabkan nyeri sendi.

Buah dan tomat

Buah-buahan, seperti halnya sayuran, sangat membantu dalam memberikan bantuan dari peningkatan kadar asam urat.

Tomat, yang juga dihitung sebagai buah daripada sayuran, baik untuk tubuh Anda dan kandungan vitamin C yang tinggi dapat membantu mengurangi kadar asam urat.

Mentimun dan wortel

Wortel dan mentimun sangat bagus untuk kesehatan jika Anda memiliki kandungan asam urat yang tinggi di dalam tubuh.

Wortel sangat kaya akan antioksidan yang baik dalam mengendalikan produksi enzim. Enzim ini mendorong sintesis asam urat dalam darah.

Karena kandungan seratnya yang tinggi, mereka juga membantu mengeluarkan kandungan asam urat dari tubuh. Mentimun juga merupakan pilihan bagus bagi orang-orang dengan asam urat tinggi dalam darah.

Sayuran

Sayuran membantu mengurangi kadar asam urat yang tinggi dan juga menjaga asam urat tetap terkendali. Namun, jika Anda didiagnosis dengan asam urat tingkat tinggi, sayuran seperti bayam, asparagus, kacang polong dan kembang kol harus dihindari karena dapat berkontribusi meningkatkan kadar asam urat.

Tomat, brokoli, dan mentimun adalah beberapa sayuran yang perlu Anda mulai termasuk dalam makanan Anda.

Atasi Asam Urat Dengan Es Batu

Jika asam urat kambuh mendadak, tenang, sebab ada salah satu cara efektif dan cepat untuk meredakannya yakni dengan menggunakan es batu.

Ya es batu ternyata bisa dimanfaatkan untuk meredakan nyeri asam urat yang sering kambuh. Hal itu seperti diungkap artikel “How to Treat Gout Attacks at Home” seperti dilansir di laman WebMD (2/4/2019).

Dimana dalam artikel tersebut disebutkan bahwa es batu cukup efektif dalam meredakan nyeri asam urat dengan cepat.

Sehingga bisa digunakan sebagai alternatif jika penyakit tersebut datang tiba-tiba. Perlu diketahui efek dingin dari es batu mampu mengurangi peradangan sekaligus menghilangkan rasa nyeri dengan cepat.

Untuk merasakan manfaatnya, cukup sediakan es batu secukupnya dan selembar kain.

Kemudian masukkan kain tersebut ke dalam es batu sampai basah dan dingin. Kompres es batu setiap 10 menit sampai 20 menit di area asam urat.

Selain mengompres dengan es batu, ada baiknya penyandang asam urat untuk rutin minum air putih sekitar delapan gelas per hari.

Sebab, air putih bisa membantu mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.