Saat Muda Rajin Minum Jus Wortel dan Campuran Jahe, Gak Disangka Saat Tua Seorang Kakek Malah Jadi Terhindar Dari Penyakit Mematikan Ini

Kalau lagi belanja tentu Anda sering beli wortel ya? Wortel memang jadi salah satu sayuran yang paling sering diolah. Biasanya wortel sering jadi campuran sayur sop. Bahkan kadang kali juga ada yang mengolah wortel untuk jadi isian risoles. Nah, kalau di rumah lagi ada banyak stok wortel coba Anda jus.

Namun, jangan lupa untuk menambahkan jahe ya. Karena dengan minum jus wortel dan campuran jahe bisa datangkan khasiat untuk tubuh kita loh. Ya, dengan minum jus wortel dan campuran jahe bisa bikin tubuh terhindar dari penyakit mematikan ini lho. Penasaran ulasan lengkapnya? Yuk simak artikel berikut ini.

Manfaat Minum Jus Wortel dan Campuran Jahe

Dengan mengonsumsi olahan jahe dan wortel, Anda akan mendapat banyak manfaat kesehatan dan kecantikan. Untuk itu, kalian jangan ragu untuk mengonsumsi jus jahe wortel.

Melansir dari Top 10 Home Remedies, berikut sejumlah khasiat rajin mengonsumsi jus jahe wortel.

1. Menjaga kesehatan kardiovaskular

Baik jahe dan wortel dikenal karena sifat antioksidan dan pembersihnya, yang memberi kontribusi positif terhadap kesehatan kardiovaskular. Wortel sangat baik untuk kesehatan jantung.

Antioksidan, beta-karoten, alfa-karoten dan lutein-wortel membantu melawan kolesterol dan mengurangi risiko serangan jantung. Kalium di dalamnya baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Jahe juga baik untuk jantung, karena membantu menurunkan kadar kolesterol, mengatur tekanan darah dan mencegah darah membeku.

Semua faktor ini merupakan unsur penting untuk kesehatan jantung.

2. Meningkatkan imunitas

Jus sehat ini baik untuk kekebalan tubuh, orangtua maupun anak-anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan.

Vitamin A dan C dalam wortel membantu produksi sel kekebalan tubuh. Secara khusus, vitamin A meningkatkan produksi sel darah putih. Sel darah putih membantu menghilangkan patogen yang menyebabkan penyakit.

Studi di 2012 yang diterbitkan dalam Journal of the Science of Food and Agriculture mengatakan, stimulasi respons imun lebih baik setelah konsumsi wortel organik dibandingkan dengan jenis wortel lain.

Sedangkan jahe meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung antioksidan kuat dan sifat anti-inflamasi.

Manfaat jahe yang lain, dapat meningkatkan sirkulasi, yang berarti lebih banyak oksigen mencapai jaringan Anda untuk membantu mengeluarkan racun.

3. Menjaga kesehatan kulit

Ada beberapa nutrisi dalam jus wortel jahe yang membuat kulit sehat dan mengatasi masalah kulit. Wortel dan jahe kaya akan vitamin A dan berbagai antioksidan lainnya sehingga sangat baik untuk kulit.

Dua sumber nutrisi ini menjaga agar kulit tetap lembap serta mencegah jerawat, pigmentasi, noda dan warna kulit yang tidak rata.

Sebuah studi pada 2012 yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition melaporkan bahwa beta karoten dan karotenoid lainnya membantu melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang merusak.

Jahe juga kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral, yang membuat kulit halus dan jernih. Studi pada 2012 yang dipublikasikan di International Journal of Molecular Science mengatakan, antioksidan dalam jahe dalam menjaga sel kulit dan memperbaiki kerusakan kulit.

Cara membuat olahan jus jahe dan wortel

Bahan:

– 4-5 Wortel

– jahe ½ potong

– Lemon ½

– Bubuk kayu manis (opsional)

– Garam laut (opsional)

Cara membuat:

1. Kupas wortel, lalu bilas mereka dalam air yang mengalir, lalu keringkan.

2. Kupas kulit jahe dan bilas sampai bersih

3. Blender wortel dan jahe yang sudah bersih dikupas.

4. Tuang dalam gelas, dan masukkan perasan setengah lemon.

5. Tambahkan sejumput garam laut dan kayu manis sebagai perasa.

Manfaat Wortel Rebus untuk Kesehatan

Dilansir dari TheGuardian, sifat medis wortel yang termasuk dorongan kesehatan mata untuk penglihatan malam hari, dapat ditingkatkan dengan cara memasaknya, kata para peneliti.

Ahli kimia makanan di Universitas Newcastle telah menemukan bahwa merebus sayuran utuh daripada mengirisnya meningkatkan pasokan bahan-bahan sehat hingga seperempatnya.

Memotong wortel mengakibatkan hilangnya 25% senyawa falcarinol, menurut serangkaian percobaan yang dilakukan.

Gula alami memiliki sifat anti-kanker dan juga memberi wortel rasa yang sedikit manis.

Dr Kirsten Brandt, dari fakultas pertanian, pangan, dan pembangunan pedesaan di universitas tersebut, mengatakan wortel yang dipotong sebelumnya menyajikan area permukaan yang lebih besar, memungkinkan lebih banyak falcarinol untuk keluar.

Dibantu oleh peneliti Ahlam Rashed, Brandt menemukan bahwa lebih banyak gula dan vitamin C juga hilang melalui pemotongan karena lebih banyak sel wortel yang memanas dan kehilangan kemampuannya untuk menahan air yang mendidih.

Mempresentasikan temuannya ke sebuah konferensi di Lille kemarin, Brandt berkata, “Dengan memasak wortel utuh dan memotongnya setelah itu, Anda mengunci rasa dan nutrisi sehingga wortel lebih baik untuk Anda semua.”

Pencicipan buta yang dilakukan oleh kurang dari 100 sukarelawan menemukan bahwa 80% menganggap wortel yang dimasak utuh lebih enak.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.