Coba Rebus Daun Belimbing Wuluh Lalu Minum Airnya, Jangan Kaget Kalau Selamanya Gak Perlu Keluar Uang untuk Berobat!

Anda tentu sudah gak asing dengan belimbing wuluh bukan? Ya, buah asam satu ini memang sering jadi campuran masakan. Belimbing wuluh sering jadi campuran masakan karena bisa bikin masakan jadi terasa asam segar. Nah, selama ini Anda tentu hanya menggunakan buah belimbing wuluh saja.

Padahal daun belimbing wuluh juga bisa Anda manfaatkan loh. Ya, Anda bisa coba rebus daun belimbing wuluh lalu minum airnya. Dengan minum air belimbing wuluh, tubuh pun akan rasakan banyakn khasiat luar biasa. Sehingga, Anda jadi gak perlu lagi keluar uang untuk berobat.

Penasaran? Yuk simak artikel berikut ini.

Manfaat Air Rebusan Daun Belimbing Wuluh

Salah satu bahan alami yang ampuh mengatasi berbagai penyakit yang ada di dalam tubuh adalah air rebusan daun belimbing wuluh. Dilansir dari Healthline pada Selasa (14/12/2021), seluruh bagian dari belimbing wuluh mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

Ya, mulai dari daun hingga buahnya memiliki banyak khasiat karena mengandung banyak nutrisi. Misalnya saponin, tannin, steroid, flavonoid, dan alkaloid yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak heran, air rebusan daun belimbing wuluh sering dijadikan obat herbal bagi masyarakat Tiongkok. Sebab inilah beberapa manfaat air rebusan daun belimbing wuluh untuk kesehatan kita.

1. Mengobati diabetes

Manfaat air rebusan daun belimbing wuluh yang pertama adalah mengobati diabetes. Semua itu berkat kandungan pada daun belimbung wuluh yang ternyata bisa mengontrol gula darah.

2. Mencegah kanker

Manfaat air rebusan daun belimbing wuluh yang kedua adalah mencegah kanker. Sebab air rebusan daun belimbing wuluh mengandung protein, vitamin C, hingga zat besi.

3. Mencegah penyakit jantung

Penyakit selanjutnya yang bisa diatas oleh air rebusan daun belimbing wuluh adalah penyakit jantung. Ini karena air rebusan daun belimbing wuluh mengandung zat besi, kalsium serta efek antioksidan. Semua kandungan itu rupanya baik untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat air rebusan daun belimbing wuluh yang keempat adalah menjaga kesehatan tulang. Penyebabnya karena kandungan steroid yang terdapat dalam daun belimbing wuluh. Steroid ini rupanya berperan penting dalam melindungi tulang dari pengeroposan.

5. Mengobati flu dan batuk

Terakhir air rebusan daun belimbing wuluh bisa mengobati flu dan batuk. Bahkan daun belimbing wuluh sudah digunakan sejak 1876 di Brazil untuk mengobati flu dan batuk. Ini semua berkat kandungan etanol di dalamnya. Di mana etanol bisa melawan virus flu dan mengobati batuk.

Itulah 5 manfaat air rebusan daun belimbing wuluh.

Manfaat Buah Belimbing Wuluh

Bukan hanya daunnnya saja, buah belimbing wuluh juga kaya akan manfaat loh. Ini dia deretan manfaat dari buah belimbing wuluh

1. Mengobati jerawat

Biasanya orang-orang menghabiskan banyak uang sampai rela pergi ke dokter untuk konsultasi mengobati jerawat.

Demi menghemat uang anda, belimbing wuluh yang mudah ditemukan dapat menjadi alternatif murah untuk mengobati jerawat.

Caranya pun cukup mudah, cuci hingga bersih kemudian hancurkan beberapa belimbing wuluh hingga halus, lalu dioleskan ke wajah untuk digunakan sebagai masker.

Kandungan asam dan zat anti inflamasi yang terdapat dalam belimbing wuluh ternyata dapat mengempeskan jerawat.

Disarankan, gunakan masker belimbing wuluh setiap satu minggu sekali untuk hasil maksimal.

2. Mengobati sakit gigi

Belimbing wuluh juga dapat digunakan untuk mengobati sakit dan nyeri pada gigi.

Caranya hampir sama seperti untuk mengobati jerawat.

Hancurkan belimbing wuluh namun jangan terlalu halus, kemudian oleskan ke area gigi yang sakit.

Tunggu kurang lebih selama satu jam, biarkan buah masam itu bekerja dan kemudian berkumurlah dengan air hangat.

3. Mengobati sakit linu karena rematik

Belimbing wuluh dapat dijadikan ramuan salep untuk mengatasi sendi-sendi yang linu karena masalah rematik.

Hancurkan belimbing wuluh beserta daunya, lalu tambahkan kapur sirih dan aduk bahan-bahan hingga semua tercampur rata.

Kemudian oleskan ramuan ke bagian sendi yang linu selama 2-3 kali sehari untuk hasil maksimal dan hindari aktivitas yang bertumpu pada banyak tulang anda.

4. Mengobati kram dan nyeri otot

Belimbing wuluh terbukti ampu mengatasi nyeri otot dan kram dengan menjadikannya sebagai ramuan sederhana.

Caranya cukup mudah, hanya dengan menumbuk halus satu butir belimbing wuluh besar, 10 butir cengkeh, dan 15 butir merica putih. Oleskan ramuan tersebut ke bagian tubuh yang terasa nyeri atau kram.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.