Dibisikan Sama Ibu Warteg Depan Rumah, Ternyata Begini Cara Bikin Nasi Biar Gak Cepat Basi, Jadi Bisa Irit Beras Di Rumah

Nasi memang sudah menjadi makanan wajib yang harus tersedia di meja makan. Sebab selama ini nasi memang sudah jadi makanan sehari-hari. Bahkan banyak pula yang gak bisa makan tanpa nasi.

Maka itu, memasak nasi menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Namun, kadang kali nasi yang baru dimasak cepat sekali basinya. Kalau sudah begini yang ada malah jadi terbuang sia-sia.

Namun, kini Anda bisa kok mengatasi hal tersebut. Karena terungkap cara bikin nasi biar gak cepat basi.

Penasaran? Yuk simak artikel berikut ini!

Cara Bikin Nasi Biar Gak Cepat Basi

Ketika nasi masih banyak tetapi sudah mulai berair dan baunya sangat disayangkan kalau harus dibuang. Mungkin salah satu caranya Anda akan mencabut colokan rice cooker dari stop kontak.

Tetapi rupanya ada cara yang lebih efektif untuk membuat nasi tidak cepat basi yang dibagikan oleh seorang Executive Chef Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta Frederick D Turambi.

1. Simpan di lemari es

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat nasi tidak cepat basi yaitu menyimpannya di lemari es atau freezer. Nasi yang cocok disimpan di lemari es ini umumnya yang memiliki tekstur pulen. Sementara untuk nasi yang tidak terlalu pulen, Anda cukup menyimpannya di chiller.

Perlu diingat sebelum memasukkan nasi ke freezer atau chiller pastikan nasi tidak dalam keadaan panas. Dinginkan nasi terlebih dahulu sehingga sama dengan suhu ruang dan barulah masukkan ke dalam freezer atau chiller.

Nasi panas yang dimasukkan ke dalam freezer atau chiller akan menimbun bintik air di tutup wadah.

Bintik air di tutup wadah akan membuat nasi justru menjadi cepat basi.

2. Simpan di wadah plastik

Selain disimpan di lemari es, nasi juga bisa dipindahkan ke dalam wadah plastik. Pilihlah wadah plastik bertutup atau mangkuk yang kemudian ditutup dengan plastic wrap.

Setelah nasi dimasukkan ke dalam wadah pastik atau mangkuk pastikan Anda sudah menutupnya dengan rapat. Tidak disarankan untuk Anda membiarkan nasi di dalam rice cooker seharian meskipun sudah mencabut colokannya dari stop kontak.

Nasi yang disimpan di dalam rice cooker tidak dapat bertahan dalam waktu yang lama. Nasi justru akan berubah warna dan bau tidak sedap lebih cepat tercium.

Tak hanya itu nasi yang dibiarkan di dalam rice cooker terus menerus akan menurunkan kualitas dari nasi itu sendiri.

3. Jangan simpan nasi lebih dari 1 hari

Nasi hanya boleh disimpan maksimal 1 hari lamanya. Untuk nasi yang disimpan di dalam freezer atau chiller masih bisa bertahan semalaman. Dengan begitu segeralah mengonsumsinya keesokan harinya.

Nasi di dalam rice cooker hanya dapat bertahan 3 jam, kualitas nasi akan menurun kalau lebih dari waktu tersebut. Pastikan juga nasi tidak disimpan dalam wadah terbuka untuk menghindari bakteri yang hinggap di nasi.

Cara Memanaskan Nasi Sisa Agar Kembali Pulen

Biasanya, orang-orang memanaskan kembali nasi dengan menambahkan satu sendok makan air ke mangkuk dan memasukkannya ke dalam microwave.

Ini biasanya berhasil, tetapi kadang-kadang karena menggunakan terlalu banyak air dan tersisa menjadi sup nasi.

Namun ada metode lain yang lebih baik untuk memanaskan nasi, yakni menggunakan es batu sebagai pengganti air cair.

Caranya tempatkan es batu di atas sisa nasi Anda dan memasukkannya ke dalam microwave selama 1 menit.

Setelah satu menit, es batu akan hampir menguap seluruhnya, dengan nasi yang dipanaskan kembali di bawahnya. Buang sisa es batu dan nikmati nasi

Rupanya, air dari es batu berubah menjadi uap dan mengukus nasi dengan sempurna, sehingga tidak perlu menebak-nebak berapa banyak air yang akan digunakan.

Paul Adams, editor penelitian sains, menjelaskan mengapa es batu tetap utuh.

“Gelombang mikro memanaskan makanan dengan menyebabkan jenis molekul tertentu—kebanyakan molekul air—di dalam makanan bergetar dengan cepat. Dalam es, molekul air saling mengunci secara kaku dalam struktur kristal, sehingga tidak bergetar,” kata Adams.

Lalu bagaimana air dari es mengukus nasi?

“Dalam metode ini, nasi menjadi panas (karena butirannya mengandung air), dan panas dari nasi menghangatkan permukaan es batu, sehingga meleleh sedikit. Es yang mencair bisa direbus dengan microwave, jadi berubah menjadi uap, dan mengukus nasi,” kata Adams.

Ini menghasilkan nasi kukus yang sempurna, bahkan cara ini disebut-sebut juga bisa membuat nasi yang dipanaskan bisa kembali pulen.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.