Awalnya Ikut Tetangga Taruh Butiran Beras di Wadah Penyimpanan Garam, Ibu Rumah Tangga Jadi Gembira Tiap Masak, Bakal Irit ke Pasar Mulai Sekarang

Garam adalah salah satu bumbu dapur yang fungsinya sangat penting di dapur. Meski terkesan sangat sederhana, garam sangat berguna dalam kehidupan rumah tangga. Yang paling utama, bumbu dapur ini berguna pada pengolahan makanan untuk memberikan rasa dan aroma yang sedap pada masakan.

Tentu hampir semua olahan baik asin dan pedas bahkan manis juga membutuhkan bahan ini. Maka wajar stok garam di rumah tersedia tak dalam jumlah sedikit. Namun, garam adalah bahan yang mudah menggumpal saat terkena uap air atau dibiarkan terbuka terkena udara dalam waktu yang lama.

Oleh sebab itu, penyimpanan yang benar perlu diperhatikan dengan baik.

Tak cukup ditutup rapat, Anda juga perlu menyelipkan beberapa bahan lain dalam penyimpan garam agar tak mudah menggumpal

Lihat bahannya berikut ini agar bisa Anda coba mulai sekarang.

Cara Mencegah Garam Menggumpal

1. Tambahkan butiran beras ke garam

Butiran beras dipercaya dapat menyerap kelembapan dan menjaga garam tetap kering.

Apabila garam yang ada dalam stoplesmu dalam kondisi lembab, tambahkan beberapa butir beras untuk membantu mengeringkan garam.

2. Tambahkan daun peterseli kering

Daun peterseli kering tidak hanya menimbulkan aroma segar, tetapi juga dapat mencegah garam menjadi lembab.

Caranya taruh daun peterseli kering di bagian bawah stoples, kemudian taruh garam di atasnya.

3. Tambahkan keripik soda

Keripik soda ialah biskuit tipis dan renyah yang dibuat dari tepung terigu, ragi, dan soda kue. Bahan ini dipercaya dapat menyerap kelembapan. Supaya garam tidak menyerap uap air dan berujung menggumpal, beberapa orang menambahkan keripik soda ke dalam stoples garam.

Perlu diingat kamu harus mengganti kerupuk setelah sepuluh hingga 15 hari setelah ditaruh di dalam stoples.

4. Tambahkan biji kopi

Sama halnya dengan butiran beras, biji kopi yang di taruh di dalam stoples garam juga dapat membantu menjaga kualitas garam.

Meskipun bersentuhan langsung dengan garam, namun rasa biji kopi tidak akan berubah menjadi asin.

5. Tambahkan tusuk gigi

Meskipun terlihat sederhana, tusuk gigi dapat membantu menjaga garam tetap kering. Cukup masukkan tusuk gigi ke dalam stoples garam, dan garam dapurmu akan terhindar dari kelembapan.

6. Tambahkan kacang

Kering Kacang kering bersifat higroskopis, yaitu mampu menyerap kelembapan dari udara.

Oleh karena itu masukkan beberapa butir kacang kering ke dalam stoples garam, ini dapat membantu menjaga agar garam tetap kering.

7. Cengkeh

Sama halnya dengan peterseli, selain menghasilkan bau yang khas, cengkeh juga memberikan aroma hangat pada garam sehingga mencegah garam menjadi lembab.

Caraya mudah, cukup masukkan beberapa butir cengkeh ke dalam stoples berisi garam, dan garam akan terhindari dari kelembapan.

Kerugian Meletakkan Rempah dan Bumbu Dekat Kompor

Dilansir dari Best Life Online, para ahli sudah mengatakan Anda tidak boleh menyimpan bumbu dan rempah-rempah di dekat kompor Anda.

Memang meletakkan rempah-rempah Anda di dekat kompor Anda mungkin tampak seperti pilihan yang nyaman, membuatnya tersedia saat Anda sedang memasak.

Namun menurut Lori Bogedin, seorang chef dan pakar kuliner dari Pennsylvania, menyimpan bumbu di dekat peralatan dapur ini adalah ide yang buruk.

“Jangan pernah menyimpan bumbu di dekat kompor karena panasnya bisa merusak bumbu dan mengurangi rasanya,” jelas Bogedin.

“Panas dapat menurunkan berbagai bahan kimia dan minyak esensial yang memberikan rasa dan aroma pada rempah-rempah. Dan rasa kehilangan kekuatannya ketika komponen kimia ini mulai rusak.”

Nadia Charif, RD, ahli diet terdaftar dan penasihat kesehatan di Coffeeble, juga mencatat bahwa banyak rempah-rempah adalah biji giling, bukan utuh. Lemak dalam biji giling ini sebenarnya bisa menjadi tengik jika terkena panas, dia memperingatkan.

Selain kompor yang merupakan tempat terpanas di dapur, para ahli juga mengatakan ada beberapa sumber panas lagi yang harus Anda waspadai saat memutuskan di mana harus menyimpan bumbu apa pun.

Thomas McGee, pendiri dan pemilik Pinch Spice Market, mengatakan Anda harus menghindari meletakkan rempah-rempah Anda di area yang mendapat banyak sinar matahari langsung karena paparan panas yang berlebihan.

Dan Emily Perez, direktur PR digital untuk Kitchen Infinity, menambahkan, “Mesin pencuci piring adalah sumber panas lain yang berbahaya dan kurang terlihat, jadi jangan simpan rempah-rempah di dekat mereka.”

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.