Pantas Jadi Idaman Nenek-nenek, Ternyata Cuma Rebus Daun Sirih 5 Menit Lalu Minum Airnya Hangat-hangat, Jangan Kaget Perubahan Luar Biasa Pada Tubuh

Setiap orang Indonesia pasti tidak asing lagi dengan daun sirih. Daun sirih salah satu tanaman yang dipercaya bisa jadi obat alami. Manfaat luar biasa juga bisa diberikan daun sirih untuk kesehatan. Usut punya usut, daun sirih punya khasiat antiseptik untuk membunuh bakteri jahat.

Varian daun sirih juga kini sangat beragam. Contohnya dibuat menjadi teh untuk diminum. Coba anda mulai sekarang manfaatkan daun sirih sebaik mungkin agar tidak menyesal kemudian hari. Penasaran dengan manfaat air rebusan daun sirih ini?

Berikut ini ulasan lengkapnya. Jangan sampai anda menyesal tidak coba ya!

Manfaat Air Rebusan Daun Sirih Merah

Untuk mendapatkan manfaat daun sirih merah, kita bisa menjadikannya sebagai air rebusan. Air rebusan daun sirih merah ini bisa kita konsumsi setiap hari. Karena air rebusan daun sirih ini ternyata punya banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Pasalnya, daun sirih merah mengandung alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, karvakol, dan eugenol. Tidak hanya itu, daun sirih merah bersifat antiflamasi, antioksidan, antikanker, dan antiseptik.

Inilah yang membuat daun sirih merah kerab dijadikan sebagai obat herbal untuk mengobati sejumlah penyakit. Mengandung cukup banyak senyawa aktif, daun sirih merah diklaim sebagai tanaman herbal yang mampu menyembuhkan sejumlah penyakit.

Berikut manfaat daun sirih merah sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan sejumlah penyakit.

1. Batuk

Melansir dari Kompas.com, daun sirih merah efektif mengobati batuk. Untuk merasakan manfaatnya, Anda perlu siapkan 10 lembar daun sirih merah segar yang tidak terlalu tua. Anda rendam daun sirih merah di dalam alkohol 70% selama 30 menit agar bakteri mati.

Setelah itu, Anda rebus daun sirih merah dengan 4 gelas air dan tambahkan 100 gram gula. Anda rebus sampai mendidih dan menyisahkan air satu gelas. Anda minum ramuan tersebut satu sendok tiga kali sehari.

2. Sariawan dan gusi berdarah

Mengutip dari Kompas.com, daun sirih merah juga bermanfaat sebagai obat herbal sariawan dan gusi berdarah. Untuk mendapatkan manfaatnya Anda cukup menyiapkan daun sirih merah lima lembar.

Anda cuci daun sirih merah sampai bersih lalu rebus dengan dua gelas air. Setelah air rebusan daun sirih merah mendidih dan menyisahkan satu gelas air, Anda dinginkan.

Setelah itu Anda gunakan air rebusan daun sirih merah untuk kumur-kumur tiga kali sehari.

3. Diabetes

Untuk mencegah diabetes, Anda bisa mengambil 3 lembar daun sirih merah setengah tua. Nah, daunnya yang dipakai adalah daun keenam atau ketujuh dari pucuknya.

Setelahnya cuci bersih semua daun tersebut kemudian iris kecil-kecil. Rebus semuanya dengan air sebanyak 3 gelas atau sekitar 600 ml sampai mendidih dan tersisa kira-kira 1,5 gelas.

Minum ramuan tersebut setelah makan sebanyak setengah gelas. Namun, anda harus memerhatikan satu hal sebelum memulai rutinitas minum air rebusan daun sirih merah nih.

Namun, belum ada uji klinis air rebusan daun sirih merah terhadap manusia, sehingga tak disarankan untuk pengobatan diabetes.

“Karena keamanannya belum dipastikan, efektifitasnya, efek sampingnya belum tahu apa,” jelas dr. Lonah yang dilansir dari kanal YouTube lifestyleOne (27/12/2018).

4. Membersihkan organ kewanitaan

Untuk membersihkan organ kewanitaan, anda cukup mengambil 8 lembar daun sirih merah tua kemudian cuci bersih dan diiris kecil-kecil.

Rebus daun sirih merah yang sudah diiris menggunakan air sekitar 800 ml sampai mendidih. Setelah dingin, gunakan air rebusan tersebut untuk miss v sebanyak dua kali sehari.

Jangan lupa untuk bertanya kepada dokter jika ingin memulai pengobatan tertentu.

Cara Mengonsumsi Daun Sirih

Kandungan daun sirih sangat banyak. Daun ini mengandung analgesik sehingga bisa digunakan meredakan sakit, mengandung antioksidan sehingga bisa menyembuhkan gangguan pencernaan seperti konstipasi, juga mengandung anti peradangan sehingga bisa menyembuhkan berbagai gangguan pernapasan.

Berikut ini beberapa cara mengonsumsi daun sirih untuk digunakan meredakan berbagai penyakit dan menunjang kesehatan tubuh:

1. Dikunyah

Mengunyah selembar daun sirih setelah makan siang atau makan malam bisa bermanfaat menyehatkan saluran cerna.

Daun sirih mengandung berbagai senyawa baik yang bisa mencegah perut kembung dan mendorong kerja usus dalam menyerap berbagai vitamin dan mineral yang dibawa oleh makanan.

Mengunyah daun sirih juga bisa digunakan untuk mengontrol asam lambung dan berat badan.

Ketika mengunyah daun sirih, senyawa di dalam herbal tersebut bisa mereduksi level asam dalam rongga mulut dan juga lambung. Sehingga asam lambung bisa terkontrol dan tak lagi menganggu.

Daun sirih yang dikunyah juga bisa memicu produksi liur lebih banyak, sehingga bisa memberi alarm pada saluran cerna untuk segera memproses makanan yang masuk menjadi energi. Dalam hal ini, daun sirih sangat membantu proses menurunkan berat badan.

Mengunyah daun sirih secara rutin juga bisa digunakan untuk membersihkan rongga mulut sehingga gigi bersih dari plak dan bau mulut tak lagi mengganggu.

2. Ditumbuk untuk diambil cairannya

Beberapa orang meremas-remas atau menumbuk daun sirih hingga halus dan terbentuk pasta dengan sedikit cairan.

Pasta ini akan diaplikasikan ke luka memar atau luka teriris dan membiarkannya selama beberapa menit. Daun sirih bisa membantu meredakan rasa nyeri akibat luka trauma.

3. Direndam

Tumbuk atau remas-remas daun sirih dan masukkan ke dalam air matang. Rendam semalaman.

Paginya, saring dan minum airnya. Air rendaman daun sirih bisa digunakan untuk mengobati konstipasi juga radang usus.

4. Direbus

Rebus dua cangkir air bersih, masukkan daun sirih, kapulaga, cengkih dan kayu manis. Biarkan mendidih hingga airnya tersisa sekitar satu cangkir.

Minum cairan ini dua kali dalam sehari untuk meredakan batuk dan berbagai gangguan pernapasan lainnya.

Anda juga bisa merebus daun sirih hingga lembaran daunnya terasa hangat dan menempelkannya ke sendi yang tengah meradang dan terasa nyeri. Anti radang dalam sirih bisa membantu mengurangi nyeri sendi.

Untuk membersihkan area kewanitaan, Anda bisa merebus 10 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih. Setelah mendidih, dinginkan, gunakan airnya untuk membasuh area kewanitaan Anda.

Empat cara mengonsumsi daun sirih tersebut bisa Anda pilih, sesuaikan dengan tujuan dari penggunaannya.

Jika Anda memiliki gangguan penyakit kronis, pengonsumsian daun sirih lebih baik dikonsultasikan dengan pihak medis untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.