Mumpung Punya Arang untuk Tahun Baru, Coba Ambil dan Celupkan ke Minyak Kotor, Efeknya Dijamin Bikin Shock Seisi Rumah

Setelah ada kompor, memang jarang ada orang yang menyetok arang di rumah. Tapi begitu tahun baru tiba, arang langsung jadi buruan, kan? Setiap rumah rasanya langsung punya arang untuk dijadikan bahan bakar.

Nah kalau sudah begini, coba deh sisihkan sebagian dan tumbuk hingga jadi bubuk. Masukkan ke minyak goreng bekas dan lihat efeknya. Luar biasa banget, lo.

Membersihkan Minyak Goreng Pakai Arang

Minyak goreng kadang seringkali kotor karena remahan makanan yang tertinggal. Ada juga yang sudah menghitam karena digunakan berulang kali.

Nah, coba deh masukan arang jenis arang kayu ke dalamnya. Caranya, tumbuk dulu arang sampai jadi bubuk halus. Lalu masukkan tumbukan ini ke dalam minyak goreng kotor.

Kira-kira 2 – 3 sendok makan untuk 1 liter minyak. Nah, nantinya bubuk arang ini akan menyerap semua kotoran dalam minyak dan mengendap di bagian bawah. Diamkan dulu 2 – 3 jam lalu saring deh.

Nantinya, minyak akan tampak lebih bening dan semua kotorannya ikut terbuang bersama bubuk arang. Selamat mencoba.

Kalau Minyak Goreng Disimpan dalam Gelas Kaleng

Ya, minyak goreng memang terkenal jadi bahan yang mudah rusak. Salah satu bentuk kerusakannya adalah munculnya bau tengik. Bau ini membuat minyak tak bisa lagi digunakan karena bisa merusak cita rasa makanan.

Nah, ternyata salah satu penyebab minyak berbau tengik adalah tempat penyimpanannya, lo. Minyak goreng sebaiknya jangan bersentuhan dengan bahan logam atau kaleng.

Logam kaleng akan bereaksi dengan minyak goreng dan mempercepat tengik. Rugi banget kan kalau baru dipakai sebentar, minyak sudah tengik dan tak bisa dipakai lagi?

Bisa-bisa uang bulanan jadi boros karena harus beli minyak baru. Nah, selain itu, berikut ini beberapa cara supaya minyak goreng tidak tengik.

1. Letakkan botol minyak goreng di tempat gelap (tidak langsung kena sinar lampu atau matahari). Ingat, cahaya merupakan musuh utama, yang dapat mengubah minyak goreng baik menjadi tengik.

2. Pilih botol berwarna gelap agar minyak goreng aman dari kerusakan yang disebabkan cahaya.

3. Setelah dipakai, simpan botol dalam keadaan tertutup.

4. Supaya minyak goreng tidak tengik, jika menyimpan minyak goreng di dalam botol, usahakan udara di atas botol sedikit mungkin.

Nah, itu tadi tips supaya minyak goreng tidak tengik. Anda mau mencobanya?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.