Iseng Intip Tetangga yang Punya Warteg, Cuma Tambah Air Kapur Sirih Saat Bikin Peyek, Ibu Ini Terkejut Saat Cicipi Masakannya Sendiri

Peyek adalah salah satu camilan ringan yang digemari banyak orang. Rasa yang gurih dan tekstur renyah, ditambah lagi dengan tambahan teri atau kacang memberikan rasa nikmat lebih.

Cara pembuatan peyek juga mudah dan bahannya juga sederhana. Namun terkadang peyek buatan sendiri tidak seenak yang dijual pedagang dengan rasa gurih dan renyah. Ini karena ada beberapa bahan yang bisa membuat tekstur peyek renyah dan gurih.

Penasaran apa saja?

Yuk simak berikut ini bahan yang dapat membuat tekstur renyah dan gurih.

Bahan untuk Membuat Peyek Bertekstur Renyah

Melansir dari “Buku Seri Wirausaha Kuliner – Paduan Berbisnis Snack Crispy ala Kaki Lima” oleh Team Dapur Lezat terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, berikut aneka bahan yang dapat membuat tekstur peyek makin renyah.

1. Santan

Santan mengandung lemak yang dapat membuat masakan lebih gurih. Di samping itu, santan pun dapat membuat rempeyek lebih empuk dan gurih.

Namun demikian konsisten santan yang digunakan harus tepat, tidak boleh terlalu kental atau encer.

Penggunaan santan kental dapat membuat peyek lembek dan mudah melempem. Sementara, jika terlalu encer peyek jadi kurang gurih.

2. Telur

Rempeyek umumnya hanya menggunakan sedikit telur. Meski begitu, bahan ini cukup berperan pada kerenyahaan teksturnya.

Putih telur berfungsi sebagai pengikat adonanagar peyek tidak mudah hancur.

Sementara, kuning telur dapat penambah rasa gurih dan membuat teksturnya menjadi empuk, karena kandungan lemaknya.

3. Kemiri

Kemiri mengandung lemak yang dapat membuat peyek renyah, gurih, dan empuk.

Namun sebelum digunakan, kemiri harus disangrai terlebih dulu untuk mematikan racunnya.

Dalam penggunaannya, kemiri dihaluskan bersama bumbu peyek lainnya.

4. Air kapur sirih

Cara membuat peyek renyah tahan lama dapat dilakukan dengan menambahkan air kapur sirih. Namun penggunaannya tak boleh terlalu banyak, hanya sekitar satu persen dari volume adonan cair.

Bahan Utama Membuat Peyek Agar Renyah. Di resep yang Anda gunakan, tepung apa yang dipakai? Kebanyakan pasti pakai tepung beras betul?

Ya, tepung beras memang bahan utama pembuatan peyek. Tapi ketahuilah, tepung beras punya karakteristik jadi keras seperti batu setelah dingin. Jadi, adonan peyek harus ditambahkan tepung sagu lagi.

Tepung sagu akan menghasilkan peyek yang renyah dan tidak keras. Tanpa tepung sagu, rempeyek bisa menjadi keras teksturnya. Sebaliknya, jika kebanyakan tepung sagu, rempeyek bisa jadi rapuh dan mudah hancur.

Untuk tambahan tepung sagunya, tak perlu terlalu banyak.

Untuk 100 gram tepung beras, cukup tambahkan 1 sendok makan tepung sagu saja.

Dijamin, hasilnya jadi beda banget.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.