Mulai Hari Ini, Coba Lakukan 3 Cara Mudah Ini Untuk Buat Bunga Es Di Freezer Cair Dengan Cara Instan, Jaminan Anti Gagal

Di setiap rumah tangga tentu ada yang namanya kulkas. Kulkas digunakan untuk mengawetkan makanan agar tidak cepat busuk. Seperti yang kita tahu, menyimpan buah, sayuran, dan ikan di kulkas bisa membuat daya simpannya menjadi lebih lama.

Nah, jika membicarakan kulkas tentu tak lepas dari yang namanya freezer. Kadang kali freezer di rumah memiliki bunga es yang sangat banyak.

Bahkan kadang kali freezer jadi sempit karena terlalu banyak bunga es yang menumpuk. Hal ini tentu saja membuat makan hati dan membuat makanan yang harusnya dibekukan tidak muat di kulkas.

Satu-satunya cara adalah harus dibersihkan. Berikut ini cara benar membersihkan bunga es yang menumpuk di kulkas.

Membersihkan Bunga Es di Kulkas

Sebenarnya ada berbagai penyebab yang membuat bunga es terus bertambah.

Dilansir dari Nakita.id, salah satu penyebabnya yaitu terlalu seringnya membuka dan menutup kulkas karena udara hangat dari luar terus menerus masuk.

Mungkin satu-satunya cara yang Anda lakukan menghilangkannya yaitu mencabut colokan kulkas dan mendiamkannya dalam waktu berapa jam hingga biang es meleleh.

Nyatanya ada cara lain yang lebih cepat loh Anda, begini caranya!

1. Gunakan kipas angin

Cara pertama yang Anda bisa lakukan yaitu menggunakan kipas angin untuk menyingkirkan bunga es dalam waktu cepat.

Anda cukup letakan kipas angin dan biarkan mengarah ke dalam freezer dalam keadaan pintunya terbuka.

Nantinya biang es dapat meleleh dengan sendirinya.

2. Letakkan kain panas dengan alkohol gosok

Cara lainnya Anda bisa meletakkan kain panas yang sudah ditetesi alkohol gosok. Alkohol gosok biasanya juga disebut sebagai alkohol isopropil.

Anda cukup merebus air hingga mendidih dan mencelupkan kain sejenak serta setelah diangkat teteskan alkohol gosok tersebut.

Perlu diketahui cara ini lebih baik digunakan bagi kulkas yang memiliki bunga es yang tipis.

3. Taruh panci berisi air panas

Cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu meletakkan panci berisi air panas di dalam freezer. Tetapi cara ini perlu dilakukan dengan hati-hati agar badan panci tidak menyentuk freezer secara langsung.

Anda perlu memberi alas panci dengan kain untuk memberi batas karena yang kita perlukan yaitu uap air panasnya.

Gantilah air tersebut menggunakan air panas baru setiap 10 menit sekali dan lap lelehan bunga es tiap mengganti air panasnya.

Jangan Simpan Makanan Ini Di Freezer

Walau bisa bikin makanan jadi lebih tahan lama, ternyata tak semua makanan bagus untuk disimpandi dalam freezer loh.

Makanan yang tidak dapat disimpan di freezer justru dapat membuat makanan tersebut menjadi basi, kotor, hingga menimbulkan risiko kesehatan.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk menyimpan makanan di dalam freezer, alangkah lebih baik jika Anda ketahui terlebih dahulu jenis makanan seperti apa yang tidak dapat disimpan di freezer.

Dilansir dari laman Reader’s Digest, berikut beberapa macam makanan yang tidak tepat jika dimasukan disimpan di dalam freezer.

1. Susu

Saat susu dimasukan di dalam freezer, dapat terpisah menjadi bagian-bagian kecil dan berair ketika dicairkan.

Walaupun aman untuk dimakan, tapi susu dengan konsistensi seperti itu bukanlah yang terbaik bila ditambahkan dengan sereal maupun kopi saat pagi hari.

2. Gorengan

Ketika makanan yang digoreng disimpan di freezer akan membuat rasa renyah menjadi hilang dan berganti menjadi lembek.

Apabila Anda berniat menyimpan bungkusan nugget ayam di dalam freezer, pastikan terlebih dahulu jika nugget tidak digoreng, pilih alternatif masak yang lainnya seperti dipanggang.

3. Sayuran dan buah-buahan

Sayuran atau buah yang memiliki konsentrasi air yang tinggi, seperti seledri, mentimun, salad hijau, dan semangka tidak cocok disimpan di dalam freezer.

Hal itu karena, ketika sayuran dan buah itu dikeluarkan dari freezer dan kemudian mencair, maka akan membuatnya menjadi lembek dan tidak dapat dimakan.

4. Daging yang telah dikeluarkan dari pembekuan

Ketika Anda mengeluarkan daging dari freezer untuk dimasak sebagai menu makan malam, maka sebaiknya hanya mengeluarkan daging sebutuhnya saja, sehingga semuanya bisa dimasak dan dimakan langsung saat itu.

Sebab, apabila daging yang dikeluarkan dari freezer kemudian dimasukan lagi ke freezer, dapat menarik bakteri lebih cepat dan berpotensi bahaya.

5. Kentang

Kentang memiliki kandungan air yang tinggi, jadi setelah disimpan di dalam freezer, kemungkinan kentang akan menjadi lembek.

Maka dari itu, lebih baik jangan simpan kentang di dalam freezer.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.