Jangan Ragu Lagi! Cuma Minum Campuran Air Kelapa dan Timun, Ternyata Bisa Berikan Perubahan Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh

Air kelapa tentu sangat mudah ditemukan di pedagang kaki lima. Harganya juga bervariasi loh. Di tengah pandemi covid 19 ini malah membuat harga kelapa melonjak naik. Sudahkah anda meminum campuran air kelapa dan mentimun? Jika belum ada baiknya anda mencobanya mulai sekarang.

Khasiatnya tidak main-main bagi kesehatan. Berikut ini ulasan lengkapnya untuk anda.

Resep Jus Timun Air Kelapa

Anda perlu siapkan 150 cc air kelapa, 2 buah timun berukuran sedang, dan kerok bagian tengahnya. Setelah bagian tengahnya sudah dikerok campurkan timun dengan air kepala dan aduk. Anda juga bisa menggunakan blender agar tercampur lebih cepat, jika sudah tuang ke gelas saji dan nikmati. Kalau rutin dimuninum, manfaat minuman detoks dari air kelapa dan timun ini banyak banget, loh!

Manfaat Minuman Detoks Air Kelapa dan Timun

Melansir Healthline, minuman detoks bermanfaat menurunkan berat badan, mengeluarkan racun, menyeimbangkan pH tubuh, dan menyehatkan pencernaan.

Selain itu, minuman detoks juga meningkatkan sistem imun, meningkatkan suasana hati, meningkatkan energi, dan kulit. Selain menyegarkan, minuman detoks memberikan manfaat luar biasa untuk kesehatan.

Apalagi kalau Anda punya target khusus saat mengonsumsi minuman detoks seperti ingin menurunkan berat badan. Di sisi lain, jus timun air kelapa adalah minuman detoks yang mudah dibuat di rumah.

Air kelapa punya banyak manfaat buat kesehatan yaitu rendah kalori, gula dan karbohidratnya lebih sedikit daripada kebanyakan jus.

Kalsium dan magnesium dalam air kelapa juga menguatkan tulang dan gigi dan membantu otot berkontraksi dan bekerja dengan baik.

Jika sudah mengetahui manfaat air kelapa sebagai minuman detoks, lantas apa manfaat timun?

Saat memakai timun untuk minuman detoks, Anda merasakan manfaat seperti menghidrasi.

Hal ini karena timun sebagian besar terdiri dari air dan mengandung elektrolit penting sehingga bantu cegah dehidrasi dalam cuaca panas atau setelah olahraga.

Timun meningkatkan suasana hati dan energi, ini terbukti dalam sebuah penelitian bahwa tingkat dehidrasi sekitar 1% secara signifikan menurunkan suasana hati.

Manfaat Air Timun yang Direndam Selama 12 Jam

Selain dicampur dengan air kelapa, air rendaman timun juga bermanfaat untuk tubuh, loh. Dilansir Foodnetwork.com, cara membuat air rendaman mentimun gampang banget.

Caranya, 1 buah mentimun iris tipis-tipis lalu masukkan pada sebuah wadah atau tumbler lalu tambahkan 2 liter air.

Kemudian didiamkan selama 12 jam di dalam air minum. Lalu, apa saja sih manfaat dari air rendaman mentimun ini?

Siapa yang menyangka obat alami ini memiliki khasiat yang bisa melindungi tubuh kita dari serangan berbagai macam penyakit termasuk faktor kekurangan gizi.

Lalu mentimun juga kaya akan kandungan Vitamin C, Vitamin B, K, kadar antioksidan, kalium.

Berikut ini sederet manfaat rendaman air mentimun:

1. Memperkuat imunitas

Air mentimun kaya akan vitamin C dan vitamin B kompleks. Hal ini akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sementara vitamin C dapat menjaga kebugaran dan membantu meningkatkan proses penyembuhan.

2. Membersihkan tubuh

Air mentimun mengandung detoksifikasi, yang mengeluarkan racun-racun dari tubuh. Termasuk membersihkan hati, juga mengeluarkan metabolit yang ada pada tubuh. Air mentimun juga membantu organ-organ tubuh untuk bekerja lebih efektif.

3. Menghilangkan bau mulut

Mentimun memiliki kandungan phytochemcials yang dapat mematikan bakteri di dalam mulut, sebagaimana bau mulut disebabkan oleh bakteri yang ada di mulut.

4. Mengurangi kolesterol jahat

Kolesterol yang terkandung dalam air mentimun ini dapat membantu mengeluarkan kolesterol. Sehingga, air mentimun ini dapat mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Mentimun juga dapat membantu aliran darah lebih lancar.

5. Membantu melawan kanker

Kadar antioksidan (pinoresinol) yang tinggi dalam air mentimun dapat mengurangi resiko penyakit kanker.

Kandungan antioksidan ini yang dikandung dalam air mentimun ini memiliki manfaat untuk mengeluarkan radikal bebas yang menyebabkan sel-sel rusak dan kanker.

6. Membuat ginjal sehat

Mentimun juga dapat mengurangi kandungan kadar asam urat dalam tubuh.

Di samping itu, air mentimun juga dapat menghilangkan kreatinin, asam urat dan juga limbah lain yang terkumpul dalam ginjal

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.