Nyeri Asam Urat Sakitnya Gak Ketulungan! Coba Rebus Jahe Campur Sayur Murah Ini, Sekali Minum Efeknya Langsung Terasa!

Asam urat menjadi salah satu penyakit yang menyiksa jika sampai menyerang. Nyeri yang ditimbulkan terkadang bisa begitu menyakitkan. Bahkan, bisa terjadi pembengkakan terutama di bagian kaki.

Hal ini tentu bisa menggangu aktivitas sehari-hari jika tidak segera disembuhkan. Minum obat mungkin bisa jadi solusi, tapi efek sampingnya tentu bisa berbahaya.

Nah, jika Anda mencari solusi alternatifnya, ternyata Anda bisa mengonsumsi ramuan jahe dicampur sayur murah meriah ini.

Ramuan Jahe untuk Mengobati Asam Urat

Dikutip dari Mayo Clinic (6/3/2021), bahwa penyakit asam urat termasuk bentuk dari radang sendi yang umum dan kompleks.

Penyakit ini ditandai dengan munculnya nyeri yang tiba-tiba parah, bengkak, kemerahan, dan nyeri di satu atau lebih persendian. Biasanya sendi yang terkena asam urat akan memicu bengkak, terasa panas dan sangat sakit tidak tertahankan. Penyakit asam urat sendiri merupakan penyakit kambuhan.

Sehingga penderitanya bisa kembali mengalami penyakit asam urat jika tidak menghindari pemicu penyakitnya, yakni makanan yang mengandung purin tinggi.

Untuk mengobatinya, selain dengan obat resep dokter rupanya terdapat minuman herbal yang bisa jadi alternatif. Salah satunya adalah campuran jahe dengan timun.

Ya, paduan ramuan jahe dan timun ini ternyata bisa menjadi solusi aman untuk menyembuhkan asam urat. Mentimun bersifat meluruhkan urine atau diuretik, yang mampu membantu membuang kelebihan asam urat.

Sedangkan jahe dapat membantu meredakan nyeri akibat asam urat dengan sifat antiinflamasi yang dimilikinya.

Cara membuat ramuan ini pun cukup mudah.

Siapkan 7 ons jahe, 1 buah mentimun, 2 batang seledri, setengah buah lemon, dan secangkir air. Cuci semua bahan. Peras setengah buah lemon dan masukkan air perasannya ke dalam blender. Setelah itu, potong kecil-kecil mentimun dan seledri, lalu masukkan ke dalam blender bersama air perasan lemon.

Blender semua bahan hingga halus. Minum ramuan jus mentimun jahe tersebut pada pagi hari setelah sarapan. Selain campuran jahe dan timun, beberapa alternatif lain juga bisa Anda pilih jika Anda tidak menyukai timun.

1. Minuman herbal dari nanas dan jahe

Kandungan bromelain pada nenas dapat menghambat protein penyebab bertambahnya asam urat. Sama seperti jahe, nanas juga memiliki sifat anti-inflamansi alias anti peradangan.

Berikut cara membuat ramuan nanas, jahe, dan madu sebagai obat herbal asam urat. Siapkan 1 buah nanas segar, 2,5 cm jahe segar, 1-2 sendik teh kunyit bubuk, 1 cangkir jus ceri hitam, 1 cangkir madu, dan 1 cangkir jus seledri.

Kupas dan iris nenas, kemudian blender hingga halus. Tambahkan jus ceri hitam, jus seledri, jahe, kunyit, dan madu secukupnya.

Aduk campuran bahan-bahan tersebut hingga merata, dan masukkan ke dalam botol kaca, lalu masukkan ke dalam kulkas. Minum ramuan tadi secara rutin hingga 10 hari.

2. Minuman herbal dari lemon dan kunyit

Lemon dan kunyit merupakan bahan alami yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh, jika dikonsumsi sesuai dengan takaran.

Cara membuat ramuan penurun asam urat menggunakan lemon dan kunyit cukup mudah. Peras setengah buah lemon, kemudian campurkan air perasan ke dalam air hangat. Tambahkan dua sendok teh kunyit bubuk dan satu sendok teh cuka apel, lalu aduk. Selanjutnya, minum ramuan tersebut dua hingga tiga kali sehari

3. Minuman herbal dari lada hitam, jahe merah dan kayu manis

Minuman herbal lain yang dapat membantu mengobati asam urat adalah campuran lada hitam, jahe merah, dan kayu manis.

Melansir dari buku berjudul 262 Tumbuhan Obat dan Khasiatnya, lada mengandung alkaloid, saponin, flavonoid, dan minyak atsiri.

Cara membuatnya juga cukup mudah.

Siapkan 5 gram lada hitam, 10 gram jahe merah, 10 gram jahe, 1 jari kayu manis, 5 gram biji pala, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 200 gram ubi jalar merah, gula merah secukupnya, dan 1 liter air.

Rebus semua bahan sampai mendidih dan tersisa sekitar 500 ml.

Kemudian, bagi dua air rebusan tersebut sama banyak.

Minum air rebusan tersebut dua kali sehari dan makan ubi jalarnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.