MULAI Detik ini, Coba Tambahkan Jeruk Nipis dan Cuka saat Masak Nasi, Pembantu Sampai Kaget Lihat Hasilnya saat Matang

Masak nasi pastinya kegiatan yang harus dilakukan setiap hari. Karena kebanyakan masyarakat Indonesia tidak lengkap rasanya kalau makan tak pakai nasi.

Apalagi kini sudah ada rice cooker yang membuat kegiatan masak nasi kita menjadi mudah dan lebih praktis. Rice cooker juga dapat membuat nasi yang kita masak akan tetap hangat meskipun didiamkan berjam-jam.

Namun, yang kerap jadi permasalahan adalah nasi yang dimasak di rice cooker berpotensi mudah basi dan bau.

Apalagi jika Anda tidak rajin membersihkan rice cooker maka bisa jadi salah satu penyebab nasi cepat basi. Maka dari itu, kita wajib tahu cara membuat nasi awet dan tidak cepat basi, nih! Cara agar nasi tidak cepat basi juga gampang banget, loh.

Kita hanya pelu masak nasi dengan air jeruk nipis dan cuka. Memang berpengaruh? Kalau tak percaya, yuk simak cara agar nasi tidak cepat basi seperti berikut ini:

Coba Masak Nasi dengan Air Jeruk Nipis

Cara membuat nasi tidak mudah basi pun sangat mudah, loh. Seperti dikutip dari Nakita.Id, kita tinggal memanfaatkan bahan alami seperti jeruk nipis saja.

Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis atau lemon ketika memasak beras di rice cooker. Jika memasak satu liter beras, maka nda membutuhkan setengah jeruk nipis yang harus diperas airnya.

Dengan begitu, nasi pun dijamin tidak akan mudah basi atau bau. Namun apabila Anda ingin membuat nasi begitu wangi maka bisa menambahkan sedikit cuka dan beberapa helai daun pandan ketika memasaknya.

Dengan begitu ketika matang, saat membuka rice cooker aroma nasi pun sangat wangi beda dari biasanya. Selain harus tahu cara agar nasi tidak cepat basi, kita juga wajib tahu penyebab nasi di rice cooker cepat kering, nih. Kesalahan sepele berikut ini ternyata sering jadi penyebabnya, apa saja?

Kesalahan Memasak Nasi Menyebabkan Nasi Kering

1. Tidak mengaduk nasi setelah matang

Setelah nasi matang, jangan dibiarkan begitu saja Setelah lewat 5 sampai 10 menit, buka tutup rice cooker, lalu aduk nasi sampai rata. Pengadukan ini bertujuan agar uap air pada nasi bisa tercampur rata dan menghindari nasi kering di bagian bawahnya.

Untuk itu, usahakan nasi yang bagian bawah juga teraduk rata.

Artikel berlanjut setelah video berikut.

2. Masak beras terlalu sedikit

Coba perhatikan batas maksimal pengisian beras rice cooker. Usahakan untuk mengisi beras dalam keadaan hampir atau memenuhi batas maksimal tersebut. Kalau beras yang dimasak terlalu sedikit, nasi bisa jadi terlalu matang dan lembek.

Soalnya panas yang dihantarkan rice cooker terlalu panas dan akhirnya nasi jadi overcooked. Nasi yang terlalu lembek akan cepat mengering di rice cooker dan jadi basi.

3. Tidak menutup rapat tutup rice cooker

Tutup rice cooker dilengkapi dengan kancing yang akan berbunyi ‘klik’ sebagai tanda penutupan yang pas. Pastikan kita dan semua anggota keluarga menutup rice cooker dengan benar.

Kalau tidak, udara akan masuk ke dalam rice cooker dan bisa membuat nasi jadi kering.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.