Jangan Pernah Dimakan! Mulai Sekarang STOP Makan Nasi Sisa Semalam yang Ada di Centong Nasi, Bahayanya Bikin Sekeluarga Masuk Rumah Sakit

Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Setiap harinya kita pasti memasak beras untuk dijadikan nasi. Sekarang tak perlu repot lagi menanak nasi. Kita terbiasa menggunakan rice cooker.

Namun, ada bahaya yang mengintai di balik penggunaan rice cooker. Saat mengambil nasi, pasti ada nasi sisa yang menempel di centong. Mulai sekarang, jangan makan nasi yang menempel di centong rice cooker. Hal ini bisa membuat bahaya seisi rumah!

Bahaya Nasi Sisa di Centong

Jangan pernah menyepelekan cicak karena cicak bisa membawa berbagai penyakit. Dikutip dari Grid Kids, cicak kerap merayap di sudut-sudut ruang tak terjangkau sehingga tubuhnya berisiko tinggi dipenuhi bakteri berbahaya dan kuman.

Salah satu jenis bakteri yang biasa ditemui di dalam tubuh cicak adalah Escherichia Coli atau yang biasa disebut E.Coli.

Cicak yang menyentuh makanan atau anggota tubuh bisa saja memindahkan bakteri tubuhnya ke tempat yang ia hinggapi.

Selain itu, kotoran cicak sangat berbahaya. Karena ukurannya yang kecil, kadang tidak sadar mengenai makanan atau anggota tubuh keluarga. Jangan sepelekan kotoran cicak karena mengandung jutaan bakteri berbahaya.

Hal ini bisa menyebabkan gejala mual, muntah, diare, demam tinggi, dan nyeri kepala bagi yang terpapar kotoran cicak. Jika Anda perhatikan, cicak banyak berkeliaran di sekitar rice cooker.

Bukan tanpa alasan cicak berkeliaran di sekitar rice cooker. Ternyata, cicak kerap makan nasi sisa yang menempel di centong nasi rice cooker.

Bahkan, ketika Anda membiarkan rice cooker dalam keadaan terbuka, cicak tak segan-segan masuk dan memakan nasi yang ada dalam rice cooker. Wah, menjijikkan sekali!

Beberapa cicak bahkan bersembuyi dan terjebak di dalam rice cooker hingga membuatnya mati.

Bila ada cicak atau hewan lain terjebak di dalam rice cooker hingga mati, biasanya dicirikan dengan nasi yang dimasak jadi lebih cepat bau dan basi.

Mencegah Cicak Masuk Rice Cooker

Kita sudah tahu berbagai bahaya yang bisa ditimbulkan dari cicak dari nasi sisa di centong.

Sebaiknya, Anda dapat melakukan ini untuk mencegah cicak.

1. Angkat panci, kemudian rendam dalam air sabun hangat.

2. Lepas dan rendam tutup rice cooker bagian dalam tau menyeka tutupnya dengan lap.

3. Membersihkan komponen hot plate dengan menggunakan amplas untuk menghilangkan nasi yang kering.

4. Menyeka bagian luar dengan campuran 50/50 cuka anggur putih dan air.

5. Membersihkan peralatan yang termasuk bagian dalam menggunakan air sabun hangat.

Namun sebelum melakukan pembersihan, ada baiknya untuk membaca manual pengguna yang disertakan.

Kegiatan ini dilakukan agar Anda tidak merusak komponen listrik dari penanak nasi.

Hal ini yang perlu diperhatikan adalah Moms perlu mematikan komponen listrik rice cooker sekitar 30 menit sebelum dibersihkan.

Jika Anda melakukannya, dijamin rice cooker bisa terhindar dari cicak.

Anda juga harus rutin mengecek agar cicak tidak mendekati rice cooker.

Selamat mencoba sobat Sase!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.