Jangan Mau Kena Tipu Pedagang! Jangan Pernah Beli Cumi dengan Ciri Seperti Ini, Bisa Bikin Sakit Nggak Sembuh-sembuh

Siapa yang tahu dengan makanan laut yang satu ini. Hidangan laut ini memang sangat digemari. Tak heran jika cumi sangat mudah ditemui. Cumi bisa diolah menjadi berbagai makanan yang nikmat. Beberapa diantaranya adalah cumi goreng tepung, cumi saos padang, dan lainnya. Namun Anda perlu waspada jika membeli cumi. Jika Anda bertemu cumi dengan ciri seperti ini, jangan dibeli! Hal ini bisa membuat satu keluarga sakit.

Cumi yang Lembek Tidak Boleh Dibeli

Banyak orang mengira cumi yang lembek adalah cumi yang baik. Cumi adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Jadi semakin lembek cumi, maka akan semakin baik. Tapi ternyata anggapan ini salah besar! Cumi yang lembek justru menandakan cumi yang tidak segar.

Apalagi jika cumi sudah berlendir. Cumi yang segar dan berkualitas memiliki tekstur yang kenyal dan tampak segar. Nah agar terhindar dari tipu ini, Anda punya trik yang harus dilakukan. Jangan ragu untuk mengecek cumi dengan cara memegangnya Dijamin Anda tidak akan lagi tertipu dengan pedagang.

Namun jangan lupa untuk mencuci tangan setelah memegang cumi agar tetap higienis.

Ciri Cumi Lain yang Tidak layak Dibeli

Selain memiliki tekstur yang lembek dan berlendir, berikut adalah ciri dari cumi yang tidak layak dibeli.

1. Warnanya kusam dan keabu-abuan

Jika Anda menemukan cumi dengan ciri ini, sebaiknya dihindari ya sobat Sase. Meskipun kulit luarnya kehitaman, namun ketika dikupas kulit cumi harusnya berwarna putih segar. Pilihlah cumi yang memiliki warna badan keunguan dan berbintik hitam.

Hal ini berlaku untuk cumi berukuran kecil. Cumi yang berukuran 20 centimeter umumnya berwarna putih dengan sedikit bintik hitam.

2. Kulitnya robek

Ciri lain dari cumi yang tidak segar adalah kulit ari yang sobek atau terkelupas. Anda bisa melihatnya dengan cara mencubit cumi. Cumi yang segar akan terlihat utuh dengan permukaan yang mengkilat. Pastikan juga cumi bebas tinta untuk meghindari bau dan rasa amis saat diolah.

3. Berbau amis

Cumi yang berbau amis, menyengat bahkan busuk adalah cumi yang sudah tidak layak makan. Anda dilarang membeli cumi dengan ciri seperti ini. Bau yang menyengat bisa juga terjadi karena penyimpanan cumi yang tidak benar. Belilah cumi dengan aroma laut yang segar. Hal ini akan menghindarkan Anda dari cumi yang tak layak konsumsi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.