Obat Dokter Bisa Gak Laku! Cuma Kompres Leher Pakai Es Batu, Penyakit Sejuta Ini Ternyata Bisa Sembuh Seketika!

Jika berbicara mengenai es batu, pastinya erat kaitannya dengan minuman dingin. Apalagi jika kondisi cuaca sedang panas, segelas minuman manis dengan es batu pasti begitu menyegarkan. Tapi, sedikit orang yang tahu jika es batu ternyata tidak hanya diguanakan dalam minuman saja.

Es batu ternyata bisa menjadi salah satu metode pengobatan alami untuk kesehatan. Ya, hanya dengan menggunakannya sebagai kompresan di leher, ternyata bisa membuat penyakit sejuta umat ini lenyap. Lalu penyakit apa yang bisa disembuhkan dengan kompresan es batu di leher?

Kompres Es Bisa Redakan Sakit Kepala Secara Cepat

Kompres dingin dengan es batu adalah salah satu obat sakit kepala alami yang dianggap ampuh mengatasi masalah kesehatan ringan ini.

Menurut National Headache Foundation, kompres es batu adalah salah satu perawatan yang aman digunakan untuk mengatasi sakit kepala.

Secara umum, kompres es batu atau kompres dingin banyak digunakan penderita sakit kepala jenis migrain. Sedangkan penderita sakit kepala tipe ketenganan atau otot kaku, biasanya lebih memilih kompres panas. Kompres es batu atau kompres dingin adalah salah satu jenis terapi suhu.

Dilansir dari Mayo Clinic, kompres es batu atau kompres dingin bisa jadi obat sakit kepala alami yang ampuh karena bisa menghasilkan efek kebas atau mati rasa.

Saat terpapar suhu dingin, pembuluh darah bisa menyempit dan pengiriman sinyal nyeri dari sumber sakit kepala ke otak bisa berkurang.

Dengan begitu, penderita tidak lagi fokus merasakan nyeri di salah satu bagian tubuhnya.

Alih-alih merasakan nyeri di sumber sakit kepala dan sekitarnya, penderita lebih bisa merasakan salah satu bagian tubuhnya dingin.

Penggunaan kompres es batu sebagai cara mengatasi sakit kepala secara alami bukanlah sesuatu yang baru. Terapi dingin untuk meredakan sakit kepala sudah digunakan sejak 150 tahun silam.

Penggunaan kompres es batu sebagai obat sakit kepala alami juga telah diteliti sejumlah ahli.

Melansir Healthline, studi pada 2013 membuktikan, menggunakan kompres es batu saat serangan migrain baru dimulai, terbukti efektif mengurangi rasa nyeri secara signifikan.

Para ahli menyimpulkan, kompres es batu dapat mendinginkan darah yang mengalir ke pembuluh darah arteri karotis di leher.

Efeknya, peradangan di otak jadi berkurang dan membantu mengurangi rasa nyeri karena migrain.

Cara Menggunakan Kompres Es Batu untuk Sakit Kepala

Cara mengatasi sakit kepala secara alami dengan kompres es batu cukup mudah.

Anda tinggal menyiapkan kompres dingin yang tersedia di pasaran, atau menyiapkan sendiri kompres dingin dari es batu yang dibungkus handuk bersih.

Setelah kompres es batu siap, baru tempelkan kompres dingin tersebut ke sumber rasa sakit kepala dan daerah sekitar tengkuk leher atau di dasar tengkorak.

Tempelkan kompres es batu atau kompres dingin selama 15 menit.

Beri jeda setidaknya satu jam jika ingin kembali menggunakan kompres dan rasa nyeri masih terasa.

Hal yang perlu diperhatikan, saat mengompres sakit kepala dengan es batu, Anda akan merasakan dingin, panas seperti terbakar, sedikit nyeri, lalu mati rasa.

Begitu kulit yang dikompres sudah mati rasa, segera singkirkan es batu agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit, terutama bagi pemilik kulit sensitif.

Agar lebih aman, pemakaian kompres es batu sebagai obat sakit kepala alami sebaiknya dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter yang biasa menangani.

Makanan untuk Menghilangkan Sakit Kepala

Sakit kepala adalah gejala dari sejumlah ketidakseimbangan fisik dan mental. Sebagian dari kita biasanya meminum obat anti nyeri untuk meredakannya.

Padahal, sebenarnya ada alternatif selain obat yang dapat membantu masalah sakit kepala. Beberapa makanan dan cairan diyakini dapat membantu mengusir rasa sakit di kepala.

Dehidrasi adalah penyebab umum timbulnya sakit kepala, maka pertimbangkan untuk meminum banyak air dan mengasup makanan yang kaya akan air dari semangka.

Buah yang kaya akan air ini juga mengandung mineral penting, seperti magnesium, yang merupakan kunci untuk mencegah sakit kepala.

Anda juga dapat mencoba minuman olahraga berelektrolit jika mungkin mengalami sakit kepala setelah berolahraga dalam waktu yang lama karena kehilangan banyak mineral dalam tubuh.

Tak hanya semangka, deretan makanan ini bisa jadi solusi penghilang sakit kepala.

1. Pisang

Pisang tidak hanya kaya akan potasium tetapi juga magnesium (pisang ukuran sedang mengandung 10% dari rekomendasi asupan harian Anda).

Magnesium dapat meringankan migrain Anda dan sakit kepala akibat stres. Sejumlah penelitian telah menghubungkan antara kekurangan magnesium dan sakit kepala migrain.

Penelitian menujukkan bahwa sekitar separuh dari semua penderita migrain memiliki magnesium terionisasi dalam darah dalam jumlah sedikit.

Magnesium, yang dikandung dalam pisang, melindungi tubuh dari sakit kepala dengan cara merelaksasi pembuluh darah.

Selain itu, magnesium memiliki efek menenangkan sehingga berguna untuk meredakan sakit kepala akibat tegang.

Apricot kering, alpukat, almond, kacang mete, beras merah, kacang-kacangan dan biji-bijian merupkan makanan lain yang kaya akan magnesium.

2. Kentang

Sakit kepala yang muncul akibat mabuk tak hanya disebabkan karena dehidrasi tetapi juga karena hilangnya elektrolit seperti kalium.

Maka dari itu, menyantap makanan yang kaya akan kalium dapat membantu meringankan sakit kepala.

Kentang mengandung banyak kalium yakni 100 gram, sedangkan kentang panggang (dengan kulitnya) mengandung kalium hingga 600 mg.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.