Ibu Hamil Se-Indonesia Kecolongan, Ternyata Makanan Enak Ini Jadi Biang Keladi Penyebab Keguguran, Pengantin Baru Wajib Waspada

Apakah anda sedang mengalami masa kehamilan? Jika iya maka perlu untuk anda membaca artikel berikut ini. Ketika sedang hamil, maka sangat penting menjaga asupan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh. Karena selain ibu, buah hati yang sedang ada di perut juga membutuhkan makanan.

Namun kadang para ibu hamil kurang memperhatikan makanan yang baik dan tidak untuk janin. Jika dibiarkan maka akan mendatangkan petaka mengerikan loh. Ada beberapa makanan yang tidak bisa anda konsumsi dan berpotensi menyebabkan keguguran. Apa saja ya?

Makanan Penyebab Keguguran

Keguguran sangat rawan dialami anda yang hamil saat injak usia pada trimester pertama. Berikut nakita.id rangkum apa saja makanan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah terjadinya keguguran.

1. Makanan laut

Sebenarnya makanan laut dapat dijadikan sebagai sumber protein, asam lemak hingga omega-3 untuk membantu perkembangan otak dan mata bayi.

Namun ada baiknya untuk lebih berhati-hati terhadap merkuri yang justru membahayakan sistem saraf bayi.

Mengutip dari laman Mayo Clinic ada beberapa ketentuan yang harus dihindari saat mengonsumsi makanan laut.

Dianjurkan untuk tidak mengonsumsi ikan atau kerang mentah, jangan mengonsumsi makanan laut yang didinginkan, ketahui bagaimana tempat hidup ikan tersebut, pastikan untuk memasaknya dengan cara yang benar.

2. Telur mentah

Anda yang hobi mengonsumsi telur ada baiknya untuk lebih memperhatikan proses memasak yang benar. Jangan sampai kesalahan mengonsumsi makanan yang kurang matang justru membawa dampak negatif untuk calon buah hati.

Meskipun telur mentah sudah diolah menjadi mayones, anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya.

Usahakan saat memasak telur kuning dan putih telur matang sempurna untuk menghindari keracunan dan paparan bakteri salmonela.

3. Susu

Tidak berbeda dari telur, susu mentah juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat hamil.

Seperti dimuat timesofindia, susu mentah yang tidak melalui tahap dipasteurisasi terlebih dahulu dapat berpotensi menyebabkan keracunan hingga keguguran.

Bahkan olahan makanan apapun yang menggunakan susu tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama hamil.

4. Hati hewan

Tidak jarang anda yang memilih hati hewan untuk mendapatkan gizi seimbang untuk tubuh.

Namun siapa sangka jika hati hewan juga membahayakan wanita hamil jika dikonsumsi, sebab bukan tidak mungkin hati mengandung racun dari hewan yang terinfeksi atau sakit.

Mengonsumsi hati hewan secara berlebihan juga tidak dianjurkan karena kandungan vitamin A dan kolesterol yang tinggi.

Dampak paling fatal dari mengonsumsi hati hewan secara berlebihan adalah kondisi janin yang memburuk hingga picu keguguran.

Makanan Manis Harus Dihindari Penderita Kista Ovarium

Banyak yang tidak menyadari jika makanan manis ternyata bisa menyebabkan penyakit mematikan yang satu ini.

Dalam videonya, dokter Saddam Ismail membagikan alasan mengapa makanan manis pantang dimakan penderita kista ovarium.

Tak hanya makanan yang manis, makanan yang tinggi kalori juga harus dihindari penderita kista ovarium.

“Hal ini harus dihindari jika orang tersebut menderita kista ovarium,” kata dokter Saddam.

Makanan yang manis akan mengandun tinggi gula dan akan berpengaruh terhadap kadar insulin. Ternyata, penyakit kista ovarium adalah salah satu penyakit yang sensitif terhadap kadar insulin dalam tubuh.

Jika masih diteruskan, bukan tidak mungkin penderita kista ovarium terjangkit komplikasi lainnya seperti diabetes militus.

Bagi Anda yang menderita kista ovarium, mulai sekarang batasi konsumsi makanan manis. Makanan yang terlalu manis bisa membahayakan kesehatan Anda.

Dokter Saddam merekomendasikan untuk mengganti makanan manis dengan makanan yang rendah gula atau mengandung banyak serat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.