Satu Indonesia Kecolongan! Kebiasaan Bawa HP ke Toilet Ternyata Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya Ini dalam Tubuh, Bisa Sampai Operasi

Setiap orang punya kebiasaan masing-masing saat berada di Toilet. Tapi, seiring perkembangan zaman, banyak orang yang senang membawa Hp saat sedang berada di toilet Tujuannya tentu saja untuk sambil bermain media sosial saat sedang berada di Toilet atau sekedar membaca artikel online.

Namun ternyata, penelitian mengatakan kalau kebiasaan membawa HP ke toilet bisa berakhir dengan penyakit yang menjangkiti tubuh, lo. Wah, pasti Anda tidak percaya kan? Makanya, baca dulu artikel ini sampai akhir supaya Anda tahu benar bahayanya bagi tubuh.

Penyakit Ini Bisa Bersarang dalam Tubuh

Coba ingat-ingat, sudah berapa kali Anda membawa handphone (HP) ke kamar mandi? Cukup sering kah?

Meskipun mungkin menyenangkan karena bisa menghabiskan waktu dengan membuka media sosial (medsos), kebiasaan main HP saat buang air besar (BAB) pada kenyataannya bisa memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Salah satu konsekuensinya, yakni Anda bisa terkena ambeien, sehingga perlu diwaspadai Ambeien atau wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di anus. Dalam istilah medis, ambeien disebut juga sebagai hemorrhoid. Kondisi medis ini bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya yakni adanya tekanan berlebih pada pembuluh darah di anus.

Sementara, kebiasaan main HP di tolilet dapat menjadi salah satu pemicu adanya tekanan berlebih pada pembuluh darah di anus tersebut.

Ahli bedah kolorektal, Dr. Karen Zaghiyan, menjelaskan sebenarnya bukan main Hp saat BAB yang menjadi penyebab ambeien, tapi duduk di toilet dalam waktu lamalah yang jadi penyebabnya.

“Duduk di toilet untuk waktu yang lain, baik Anda sedang membaca atau hanya duduk di sana pasti dapat menyebabkan masalah wasir,” kata Dr. Zaghiyan dilansir dari Health Line, Rabu (9/9/2020).

Ketika bermain HP, Anda jadi lebih betah duduk di toilet. Apabila terlalu sering dilakukan, kebiasaan ini pun dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus.

“Akibatnya, darah menumpuk dan menimbulkan gejala, seperti nyeri, bengkak atau pendarahan terutama saat BAB,” jelas Dr. Zaghiyan.

Bahaya main HP di toilet lainnya

Tak hanya wasir, main HP saat BAB juga berisiko menyebabkan kondisi medis lainnya. Hal itu terjadi kerena Anda dapat mencemari ponsel atau HP dengan bakteri dari feses.

Sebuah studi pada 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Germ menemukan bahwa ponsel juga dapat menampung bakteri E.coli dan kejahatan mikroba lainnya.

Bakteri E. coli sendiri bisa menyebabkan masalah pencernaan, seperti sakit perut dan diare.

Sementara, sebuah studi penelitian industri Inggris menemukan rata-rata layar smartphone lebih kotor daripada dudukan toilet.

Anda mungkin selalu menjaga kebersihan kamar mandi rumah Anda.

Tapi sayangnya, Anda tidak pernah benar-benar tahu seperti apa kondisi sanitasi di kamar mandi umum, misalnya di kantor.

Anda pun bisa mengotori HP dengan bakteri saat berada di sana.

Untuk menghindari beragam risiko kesehatan tersebut, maka mulai dari sekarang kurangi atau hindari main Hp saat BAB.

Dengan cara ini, Anda dapat sekaligus meminimalisasi paparan bakteri yang dapat merugikan kesehatan tubuh.

Selain menghentikan kebiasaan main HP di kamar mandi, Anda juga perlu rutin mencuci tangan dalam berbagai kesempatan, terutama saat baru pergi dari kamar mandi untuk mencegah paparan bakteri.

Saat mencuci tangan, Anda juga harus melakukannya dengan cara yang benar.

“Banyak orang belum tahu atau belum melakukan cara mencuci tangan dengan benar. Ini tentu berbahaya. Saya melihatnya sepanjang waktu di kamar mandi umum,” kata Dr. Marcos Del Rosario, ahli urologi di Clinic CERACOM di Campeche, Meksiko.

Tisu Toilet Jangan Digunakan untuk Wajah

Ternyata tisu toilet tidak boleh digunakan untuk wajah. Ini karena tisu toilet memiliki tekstur yang sangat kasar sehingga dapat menyebabkan iritasi pada kulit wajah.

Sedangkan, tisu wajah sengaja memang dibuat lebih lembut, mengandung pelicin, dan parfum untuk membuat nyaman si pengguna.

Nah, jika sedang pilek lebih baik, kamu menggunakan tisu wajah untuk menutup bersin.

Karena bila menggunakan tisu toilet yang sengaja dibuat lebih tipis, maka bersin yang keluar bisa mudah tembus.

Selain itu, di dalam tisu toilet juga terkandung zat anti bakteri agar bebas kuman.

Nah, jika tisu toilet digunakan untuk wajah bisa membahayakan diri sediri apabila terkena mulut dan dapat menyebabkan keracunan.

Di beberapa negara, seperti di Jepang, Eropa, Australia, atau di Amerika, tisu toilet sengaja dibuat mudah larut atau hancur di dalam air.

Sehingga dapat langsung dibuang ke toilet setelah digunakan.

Namun, teknologi ini belum dapat dilakukan di Indonesia dan Korea Selatan.

Tisu yang sudah digunakan harus selalu dibuang ke tempat sampah dan jangan dibuang ke toilet karena dapat menyebabkan mampetnya saluran air.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.