Para Istri Harus Catat! Begini Cara Menggoreng yang Benar Kalau Suami di Rumah Idap Kolesterol, Tetap Enak dan Sehat Gak Takut Kolesterol Naik!

Kolesterol menjadi penyakit yang ditakuti banyak orang. Kalau tak diatasi dengan benar, penyakit kolesterol bisa berbahaya hingga berujung pada kematian.

Maka dari itu, gaya hidup dan makan makanan yang masuk ke mulut juga harus sehat dan bergizi ya. Tak hanya makanan, cara kita memasak di rumah juga mesti diperhatikan, loh.

Salah satunya yaitu kegiatan menggoreng makanan yang dapat menambah lemak jenuh dan kolesterol pada makanan.

Apalagi jika makanan tersebut dilapisi tepung, kalorinya makin tambah banyak! Maka dari itu, kita wajib tahu cara menggoreng agar tidak takut kolesterol naik, nih!

Tenyata ada teknik menggoreng yang tepat untuk menggoreng makanan tanpa takut kandungan kolesterol dalam makanan meningkat tajam.

Bagaimana caranya?

Kalau penasaran, yuk simak lima cara menggoreng agar tidak takut kolesterol yang dijamin akan enak dan lebih sehat berikut:

1. Goreng dengan Minyak Goreng Bersih

Cara pertama adalah selalu gunakan minyak yang baru dan bersih saat menggoreng. Hal ini karena minyak baru yang bersih terjaga kualitasnya.

Kadar kolesterolnya juga enggak terlalu banyak, dibanding minyak yang sudah dipakai berulang kali. Dengan begitu, kadar kolesterol dalam makanan digoreng enggak akan terlalu tinggi.

2. Goreng Saat Minyak Panas

Jangan menggoreng pada minyak yang belum panas, karena makanan cenderung menyerap lebih banyak minyak. Nah, ketika minyak sudah cukup panas, barulah mulai menggoreng.

Ini akan membuat gorengan jadi lebih cepat kering dan matang, makanan pun enggak akan menyerap kolesterol dari minyak terlalu banyak dengan cara ini.

Namun, jangan menggunakan api terlalu besar, ya!

3. Tiriskan Gorengan dengan Benar

Setelah matang, segera angkat gorengan dan tiriskan gorengan sampai benar-benar bebas minyak. Selanjutnya, tiriskan minyak yang masih tersisa dengan menggunakan kertas atau tisu yang bisa penyerap minyak.

Dengan begini, enggak terlalu banyak minyak yang masuk ke tubuh.

4. Jangan Memanaskan Makanan yang Sudah Digoreng

Setelah menggoreng makanan, sebaiknya tidak digoreng lagi, ya! Bukan cuma mengurangi nutrisinya, tapi juga menambah kadar kolesterol karena minyak menyerap lebih banyak.

5. Jangan Gunakan Mentega atau Margarin

Dilansir dari WebMD, sebaiknya jangan memasak dengan mentega atau margarin. Hal ini karena untuk mengurangi potensi lemak trans dan jenuh yang memicu kolesterol.

Sebaiknya, kurangilah memakan gorengan, karena enggak baik untuk kesehatan tubuh. Jangan lupa diterapkan di rumah, ya!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.