Pengidap Hipertensi Bisa Bersorak Bahagia, Tekanan Darah Tinggi Bisa Turun Sendiri Cuma Modal Daun Kelapa yang Diolah Seperti Ini, Obat Dokter Lewat!

Tekanan darah tinggi adalah kondisi yang tak boleh diabaikan begitu saja. Sebab jika tidak terkontrol dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, sampai gangguan ginjal.

Kondisi hipertensi adalah kondisi ketika hasil pemeriksaan tekanan darah sistolik lebih dari atau sama dengan 140/90 mmHg.

Perawatan dengan obat-obatan dari dokter adalah salah satu cara yang bisa menjaga tekanan darahnya tetap stabil. Namun, alih-alih menggunakan obat dokter, Anda bisa menggunakan bahan alami, salah satunya berbahan tanaman kelapa.

Berikut ini yang bisa Anda coba dengan menggunakan kelapa untuk mengobati hipertensi atau menurunkan tekanan darah tinggi.

Daun Kelapa atau Janur Kelapa Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ternyata manfaat daun kelapa sudah dirasakan masyarakat zaman dahulu. Dilansir dari manfaat.co.id, daun kelapa bisa mencegah penyakit hipertensi.

Berikut cara membuat ramuannya.

– Siapkan 10 tangkai janur kelapa, 20 lembar daun sirih, 20 lembar daun ciplukan, 2 butir gambir, 10 lembar daun salam dan juga 10 lembar daun suji.
– Cuci bersih bahan diatas lalu rebus memakai panci stainless steel dengan ditambahkan 3 liter air sampai mendidih.
– Minum sebanyak 200 ml setiap kali selesai makan.

Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Air Kelapa

Dilansir dari Livestrong, kalium adalah salah satu elektrolit dalam air kelapa yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurut American Heart Association (AHA).

AHA mengatakan bahwa makanan kaya kalium dapat membantu mengelola tekanan darah tinggi karena elektrolit membantu mengurangi dampak natrium pada tubuh (natrium dapat meningkatkan tekanan darah Anda) dan mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah, yang juga membantu menurunkan tekanan darah.

Satu penelitian pada manusia tentang air kelapa dan tekanan darah, yang diterbitkan dalam West Indian Medical Journal pada Januari 2005, memasukkan 28 subjek dengan tekanan darah tinggi.

Ditemukan bahwa 71 persen dari mereka yang minum air kelapa selama dua minggu mengalami penurunan tekanan darah sistolik (angka teratas) yang signifikan, dibandingkan dengan mereka yang hanya minum air kemasan.

Dari kelompok yang sama, 29 persen mengalami penurunan yang signifikan dalam tekanan darah diastolik rata-rata (angka yang lebih rendah).

Kelompok lain diberi air kelapa dan minuman berbasis pohon tropis lainnya yang disebut mauby.

Dalam kelompok itu, 43 persen mengalami penurunan tekanan darah sistolik rata-rata yang signifikan, dan 57 persen mengalami penurunan tekanan darah diastolik yang signifikan, jika dibandingkan dengan peminum air minum kemasan.

Meskipun penelitian menemukan penurunan tekanan darah yang signifikan untuk kedua kelompok yang diberi air kelapa, penelitian tambahan dengan lebih banyak subjek diperlukan untuk menilai dengan tepat manfaat air kelapa untuk manajemen tekanan darah.

Dan, sementara hubungan kalium dan tekanan darah jelas, Academy of Nutrition and Dietetics menekankan pentingnya mendapatkan kalium dari berbagai makanan daripada hanya mengandalkan air kelapa.

Menurut NLM, beberapa sumber potasium yang baik termasuk ayam, salmon, brokoli, ubi jalar, pisang, kiwi, susu, yogurt, dan kacang-kacangan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.