Cuma Orang Indonesia yang Berani, Cuci Tangan Pakai Air Kobokan Ternyata Bisa Datangkan Hal Mengerikan Ini, Begini Kata Ahli

Seperti yang kita tahu, mkan dengan tangan langsung tanpa alat makan mempunyai manfaat untuk tubuh. Makan pakai tangan ternyata bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah karena sendi dan jari tangan akan bergerak untuk mengambil, memegang dan memasukkan makanan ke dalam mulut.

Hal ini bisa menjadi latihan mudah untuk meregangkan sendi dan jari tangan. Nah, makan langsung menggunakan tangan tanpa alat makan ini biasanya didampingi oleh kobokan berisi air dan terkadang diberi campuran jeruk nipis.

Namun, mencuci tangan dengan air kobokan ini diketahui tidak baik untuk tubuh dan mengundang bahaya masuk ke tubuh. Bagaimana bisa?

Simak penjelasan dari ahli berikut ini.

Pendapat Ahli Tentang Mencuci Tangan dengan Air Kobokan

Dikutip dari sejumlah sumber via Kompas.com, meski dinilai praktis, mencuci tangan menggunakan air kobokan ternyata tidak sehat dari sisi medis.

Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) di Amerika Serikat, mencuci tangan yang benar adalah dengan menggunakan air yang mengalir.

Jadi, mencuci tangan dengan air kobokan tidak memenuhi syarat tersebut. Perlu diketahui, mencuci tangan berguna untuk membersihkan tangan dari kotoran dan kuman.

Sehingga, membilas tangan dengan air mengalir akan membantu menyapu kotoran dan kuman yang menempel di tangan.

Sementara itu mencuci tangan dengan kobokan yang airnya menggenang, dapat memungkinkan kuman dan kotoran menempel kembali di tangan.

Hal tersebut berakibat kuman dan kotoran akan tetap masuk ke dalam tubuh dan dapat membuat Anda sakit.

Selain itu, mencuci tangan dengan air kobokan yang biasanya dilakukan secara berulang-ulang, akan membuat Anda terpapar kuman yang sama dan sisa minyak masih melekat di tangan.

Selain mencuci tangan dengan menggunakan air kobokan, ada juga yang menggunakan gayung. Kedua hal itu sama-sama tidak ampuh dalam membersihkan kotoran yang menempel di tangan.

Mencuci Tangan dengan Sabun Pembersih

Hal itu berlaku sama saat Anda mencuci sayuran, buah, atau benda lainnya. Menggunakan air mengalir dari keran untuk mencuci tangan, adalah cara yang paling tepat daripada menggunakan air kobokan atau membersihkan tangan dalam wadah berisi air.

Aturan mencuci tangan yang benar tidak hanya itu saja. Anda juga perlu menggunakan sabun pembersih.

Penggunaan sabun pembersih adalah untuk mengangkat kotoran sekaligus membunuh bakteri yang menempel di tangan setelah seharian melakukan aktivitas.

Gosokkan sabun di telapak tangan Anda hingga mengenai sela-sela jari kurang lebih selama 20 detik.

Kemudian bilaslah tangan Anda dengan air mengalir hingga bersih. Jangan biarkan sisa sabun masih menempel di tangan.

Karena dapat berisiko membuat kulit menjadi iritasi. Setelah itu, keringkan tangan dengan tisu. Bila Anda ingin tetap sehat makan dengan tangan, hindari mencuci tangan menggunakan kobokan. Jangan malas untuk beranjak dari kursi dan cuci tangan di wastafel agar kebersihan tangan lebih terjamin.

Manfaat Air Kobokan Jeruk Nipis untuk Membersihkan Lantai Kamar Mandi Biasanya air kobokan diberi jeruk nipis untuk menghilangkan bau tangan setelah makan.

Air konokan jeruk nipis bisa kemudian dimanfaatkan untuk membersihkan lantai kamar mandi. Ya, tak ada yang menyangka jika jeruk nipis bisa menjadi pembersih alami lantai kamar mandi yang penuh kerak.

Anda tentu kerpa menemukan kerak yang sulit sekali dibersihkan bukan? Nah mulai sekarang, coba deh bersihkan dengan menggunakan jeruk nipis.

Jeruk nipis dapat membersihkan noda membandel pada lantai kamar mandi Anda. Anda bisa mencampur jeruk nipis dengan air, kemudian siramkan ke lantai kamar mandi. Diamkan semalaman lalu gosok esok paginya.

Anda akan melihat hasilnya di lantai Anda. Namun jika Anda menemukan noda berkerak yang sulit dibersihkan, coba teteskan jeruk nipis tersebut di atas noda tersebut, lalu sikat noda tersebut.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.