Gak Nyangka Minum Obat Asam Urat Selama Ini Sia-sia, Sayur Murah di Meja Makan Malah Bikin Kambuh Terus, Ibu-ibu Jangan Masak Lagi

Asam urat memang kerap diderita oleh orang yang berusia 30 tahun ke atas. Menurut penelitian, asam urat lebih banyak menyerang pria dibanding dengan wanita.

Hal ini tentu saja menjadi peringatan bagi ibu rumah tangga. Pasalnya, makanan ternyata bisa menjadi pemicu asam urat kambuh.

Meski jeroan sapi atau daging kerap menjadi kambing hitam penyebab asam urat kambuh, nyatanya beberapa sayuran yang Anda konsumsi juga bisa jadi biang keroknya. Mulai hari ini, para istri tolong jangan masak sayuran berikut ini lagi.

Sayuran Murah Penyebab Asam Urat Kambuh

Asam urat merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menyerang sendi. Biasanya, asam urat akan menyebabkan pembengkakan di bagian sendi di tubuh.

Pembengkakan yang terjadi juga tidak hanya terjadi di sendi, namun juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah.

Nah terkait masalah asam urat ini, tahukah ternyata ada beberapa makanan yang mesti dihindari penderita asam urat.

Sebab jika mereka mengonsumsi makanan ini penyakit asam urat yang dialaminya pasti akan kambuh.

Perlu diketahui, kambuhnya penyakit asam urat ini ternyata sangat erat sekali hubungannya dengan asupan makanan yang Anda makan.

Salah satunya adalah sayuran yang mengandung tinggi purin. Purin merupakan senyawa kimia tertentu yang ditemukan di beberapa makanan, akan dipecah menjadi asam urat.

Konsumsi makanan tinggi purin dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Purin dapat secara alami ditemukan dalam berbagai makanan. Ketika tubuh mencerna purin dapat menghasilkan asam urat sebagai produk limbah.

Jika asam urat menumpuk dalam tubuh, dapat menyebabkan sakit kronis, pembengkakan dan nyeri di sendi. Lalu apa saja sayuran yang wajib di hindari bagi para penderita asam urat? Berikut di antaranya :

1. Kembang kol

Sering kali disajikan dalam campuran sayuran atau sebagai lauk. Dalam daftar sayuran yang mengandung purin dalam jumlah tinggi, kembang kol juga termasuk salah satunya. Purin untuk kembang kol adalah 51g per 100g kembang kol.

2. Bayam

Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang tinggi zat besi, vitamin C, luteins, beta-karoten dan flavonoid.

Sayangnya bagi orang yang menderita gout atau asam urat, bayam merupakan salah satu sayuran yang harus dihindari karena kandungan purin tinggi.

Menurut tabel makan, bayam memiliki 57g purin untuk setiap 100g bayam.

3. Asparagus

Asparagus juga merupakan salag satu sayur yang sebaiknya dihindari untuk penderita asam urat karena kandungan purinnya tinggi Kandungan purin 23g per 100g asparagus.

4. Jamur

Jamur juga mengandung cukup tinggi purin dalam setiap porsi Hal ini membuatnya menjadi pengganti daging yang buruk bagi mereka yang mencoba mengikuti diet asam urat.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga masuk daftar produk nabati yang tinggi purin dan harus dihindari penderita asam urat. Kacang polong berada di peringat atas untuk kandungan purin tertinggi, yakni 5-100mg purin per 3,5 ons. Itulah beberapa sayuran yang mesti penderita asam urat hindari agar penyakitnya tidak kambuh.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.