Astagfirullah! Selama Ini Jadi Kebiasaan Orang Indonesia, Tiduran Di Lantai Ternyata Bisa Datangkan Dampak Mengerikan Ini Buat Tubuh, Hati-Hati!

Setelah seharian beraktivitas memang paling enak tiduran ya? Kadang kali kita sering tiduran di lantai kalau baru sampai rumah. Sebab kalau tiduran di kamar yang ada malah tempat tidur bisa jadi kotor. Beberapa orang juga banyak yang suka tiduran di lantai karena lantai rumah sejuk.

Namun, bagi Anda yang hobi tiduran di lantai baiknya hati-hati. Karena tiduran di lantai bisa datangkan dampak mengerikan ini buat tubuh loh.

Dampak Mengerikan Tiduran Di Lantai

Pasalnya, tidur di lantai yang dingin saat cuaca sedang panas bisa membantu menyejukkan tubuh. Tapi tunggu dulu, ternyata tidur di lantai bisa datangkan 3 hal buruk untuk kesehatan tubuh lho. Apa saja?

Yuk cari tahu jawabannya dan hentikan sekarang sebelum terlambat.

1. Alergi

Lantai tempat kita tidur mungkin tampak bersih dan berkilau ya. Tetapi, perlu Anda ingat bahwa lantai sangat rentan berdebu dan kotor di permukaannya. Bahkan, jumlah kotoran di lantai bisa lebih banyak dari permukaan lain di sekitar rumah, lho.

Melansir dari Parapuan, tidur di lantai bisa menyebabkan reaksi alergi yang membuat tubuh kurang nyaman, apalagi kalau kita sensitif terhadap debu.

2. Nyeri Punggung

Permukaan lantai biasanya keras dan hal ini berisiko membuat kita merasa gejala sakit punggung. Sakit punggung semakin bisa terasa kalau kita tidur berbaring di lantai lho. Kesimpulannya, kebiasaan tidur di lantai sangat tidak baik bagi postur tubuh kita ya.

3. Meriang

Sensasi dingin saat tidur di lantai bisa membuat kita meriang atau enggak enak badan lho. Kita sangat mungkin mengalami masuk angin saat tidur di lantai yang permukaannya dingin. Jika kita ingin tidur di lantai, sesekali sangat tidak masalah.

Tetapi, jangan dilakukan terus-menerus karena khal tersebut bisa berdampak negatif bagi kesehaan kita. Selain itu, orang dalam kondisi tertentu juga tidak disarankan tidur di atas lantai karena sangat berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan.

Kebiasaan Sebelum Tidur yang Bisa Berikan Dampak Buruk Rasanya menjengkelkan ya kalau tiba-tiba terbangun tengah malam. Padahal tidur kita terbilang sangat nyenyak sampai mimpi indah.

Akhirnya, susah sekali untuk kembali tidur setelahnya, padahal rutinitas pagi sudah menunggu.

Melansir dari Kompas.com, berikut beberapa kebiasaan yang bikin kita terbangun tengah malam.

1. Banyak minum air sebelum tidur

Sonja Gabriele Schuetz, MD, spesialis gangguan tidur menyarankan, untuk tidak terlalu banyak minum air sebelum tidur. Kita disarankan minum 8 gelas per hari untuk memenuhi asupan air harian.

Nah, Anda bisa minum banyak air di siang hari dan menguranginya saat sebelum tidur. Dengan begitu kita tidak akan terbangun tengah malam untuk buang air kecil.

2. Bermain ponsel sebelum tidur

Menurut Harvard Health Publishing, ponsel dan layar TV dapat memancarkan blue light. Yakni, spektrum cahaya yang mampu meningkatkan kewaspadaan.

Menatap blue light ponsel di malam hari bisa menekan produksi hormon melatonin yang mengganggu siklus dan kualitas tidur.

Mulai sekarang, berhentilah membuka ponsel sekitar 2 hingga 3 jam sebelum.

3. Makan sebelum tidur

Kebiasaan makan sebelum tidur dapat mempersulit tidur. Pencernaan kita akan bekerja lebih keras sehingga sulit untuk beristirahat.

Selain itu, penting untuk menghindari makanan pedas dan tinggi lemak yang sulit dicerna oleh tubuh. Jangan mengonsumsi makanan tersebut setidaknya tiga jam sebelum tidur, agar tidak mulas dan diare.

4. Sering buang air kecil

Apakah Anda sudah mengurangi minum di malam hari, tapi tetap ingin buang air kecil tengah malam? Anda mungkin mengalami nokturia yang disebabkan infeksi saluran kemih, atau diabetes tipe 1 atau tipe 2 yang tidak terobati.

Ketika kita memiliki terlalu banyak gula dalam aliran darah, tubuh akan terus mengeluarkan cairan.

Segeralah berkonsultasi dengan dokter ya!

5. Suasana kamar tidur tidak kondusif

Suhu kamar yang terlalu dingin atau terlalu hangat di atas 19,4 derajat celcius menjadi salah satu faktor terbangun tengah malam.

Selain itu lampu yang terlalu terang dan suasana rumah atau jalanan yang terlalu berisik bisa mengganggu tidur. Cobalah ciptakan suasana kamar yang kondusif, seperti memasang kipas angin atau AC, mematikan lampu, serta memakai penutup mata atau telinga.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.