Tolong Kasih Tahu Pembantu Dari Sekarang! Jangan Lagi Masak Makanan Ini dengan Panci Aluminium, Bahayanya Engga Main-Main Buat Keluarga Di Rumah

Memasak memang sudah menjadi kegiatan wajib sehari-hari. Saat memasak, peralatan yang kita gunakan pun banyak. Mulai dari pisau, talenan, panci, hingga penggorengan. Bahan-bahan panci pun beragam ada yang dari alumunium, besi, hingga stainless steel.

Nah di balik bahan panci yang beragam ternyata tak bisa dipakai sembarangan untuk memasak. Bahkan masak makanan ini dengan panci alumunium malah tak disarankan loh. Karena masak makanan ini pakai panci alumunium malah bisa jadi bahaya untuk keluarga di rumah.

Jangan Masak Makanan Ini dengan Panci Alumunium

Menurut Hilary Meyer, seorang pakar kuliner, dalam proses memasak ada beberapa kesalahan yaitu memakai panci aluminium untuk memasak beberapa makanan yang sebenarnya tidak cocok dimasak dengan panci aluminium.

Panci aluminum sering digunakan untuk memasak karena menjadi penghantar panas yang baik, tetapi kurang baik untuk masakan yang dihasilkan.

Memasak atau menyimpan makanan asam di dalam panci yang reaktif seperti aluminium atau besi cor, bisa meluruhkan kandungan metal dan mengurangi warna dan cita rasa makanannya.

Panci yang nonreaktif, seperti stainless-steel, kaca, atau yang dilapis enamel, lebih baik digunakan saat memasak makanan asam seperti tomat.

Selain itu, bahan aluminium dipilih karena mudah dicuci dengan tidak mudah menyerap minyak. Jika ingin memasak dengan panci atau tempat berbahan aluminium, ikuti tips di bawah ini.

1. Hindari memasak makanan asam pada wadah aluminium

Tidak jarang hasil masakan akan terasa getir atau pahit, padahal tidak ada bahan yang gosong.Semua bahan yang digunakan pun tidak ada yang mengandung unsur pahit.

Jika sampai menemukan rasa pahit pada makanan, bisa jadi masalahnya muncul karena Anda memasak bahan asam di dalam wadah berbahan aluminium.

Asam bisa melarutkan bahan aluminium ke dalam masakan. Hal inilah yang membuat masakan jadi terasa getir atau pahit. Lebih parahnya, aluminium ini bisa masuk ke dalam tubuh.

Dalam jangka panjang, aluminium yang tertimbun di dalam tubuh bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti menurunnya fungsi ginjal.

Selain itu hindari jeruk nipis, cuka, tomat, asam jawa, dan bahan asam lainnya saat memasak dengan wadah aluminium.

Jangan juga menggunakan bahan aluminium saat membuat sayur asam, asinan, garang asam, dan segala masakan bercita asam lainnya.

2. Hindari memasak telur

Ternyata bukan bahan asam saja yang tidak cocok dimasak dengan bahan aluminium. Telur juga jadi bahan makanan lain yang tidak boleh diolah dengan bahan aluminium.

Hal ini disebabkan aluminium bisa terurai dan akhirnya masuk ke dalam makanan. Hasil masakan pun bisa jadi pahit dan parahnya bisa bersifat racun bagi tubuh. Usahakan tidak menggunakan bahan aluminium saat mengocok atau menggoreng telur. Gunakan wadah atau wajan lain yang lebih aman seperti wajan anti lengket.

Manfaat Mencuci Panci dengan Kopi

Umumnya, para ibu rumah tangga menggunakan sabun cuci piring untuk mencuci perkakas dapur, termasuk peralatan makan.

Namun meski sudah dicuci, noda atau bau amis masih saja membandel. Alhasil, Anda bisa boros sabun cuci piring. Nah coba deh mulai sekranag pakai ampas kopi untuk mencuci panci atau peralatan dapur dengan kopi.

Ternyata cara ini lebih ampuh dibanding hanya memakai sabun cuci piring saja. Ampas kopi ini bisa melenyapkan noda membandel dan menghilangkan bau amis yang susah hilang.

Caranya mudah kok

Dengan menggosokkan peralatan dapur itu menggunakan spons yang sudah dibubuhi ampas kopi, maka tekstur ampas kopi yang sedikit kasar itu akan dengan mudah membantu membersihkan noda yang membandel tersebut.

Anda pun akan merasakan perbedaannya setelah mencobanya.

Mudah bukan?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.