Baru Semalam Olesakan Bubur Nanas ke Wajah, Wanita ini Kaget Setengah Mati Lihat Efeknya saat Bangun Tidur, Enggak Nyangka!

Siapa yang suka makan nanas? Nanas menjadi salah satu buah kesukaan banyak orang karena rasanya yang asam manis. Buah yang memiliki kulit berduri ini sangat segar cocok untuk dijadikan jus ataupun dibuat rujak.

Tak hanya itu, manfaat nanas juga sering digunakan untuk mengempukkan daging agar tak lama dimasak. Namun, tahukah kamu ternyata ada manfaat nanas untuk kecantikan, loh!

Selain dimakan langsung, buah tropis ini bisa dijadikan sebagai masker nanas. Lalu, apa saja sih manfaat dari mengoleskan masker nanas ini di wajah? Yuk simak manfaat dan fakta tak terduga ini tentang nanas untuk kulit seperti dilansir sajiansedap dari healthline.com berikut ini:

Makan Nanas untuk Kesehatan Kulit

Diketahui bahwa nanas ternyata kaya akan vitamin, antioksidan, serat, dan air tetapi rendah kalori, menjadikannya camilan yang ideal.

Karena kandungan nutrisi dan antioksidan buah, beberapa orang juga mencoba memakannya atau mengoleskannya ke kulit mereka untuk meningkatkan kesehatan kulit mereka.

Nanas mengandung enzim kuat yang disebut bromelain, yang bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan buah.

Itu juga salah satu alasan utama nanas diklaim baik untuk kulit Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa bromelain memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antibakteri.

Satu studi pada 8 orang dengan pityriasis lichenoides chronica (PLC), penyakit kulit kronis yang menyebabkan bintik-bintik kecil, bersisik, terangkat pada kulit, mencatat bahwa suplementasi dengan bromelain setiap hari selama 3 bulan membalikkan kondisi tanpa menimbulkan efek samping.

Kandungan vitamin C nanas juga dapat meningkatkan kesehatan kulit. Satu cangkir nanas mengandung 88% Nilai Harian (DV) untuk vitamin C, antioksidan kuat. Vitamin C memiliki beberapa khasiat yang dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda:

1. Mempromosikan produksi kolagen

Ini mendorong produksi kolagen, matriks protein yang memberi kulit Anda strukturnya sambil mempertahankan plastisitasnya.

Memiliki sifat antioksidan.

Sebagai antioksidan, vitamin C dapat membantu mencegah kerusakan sel kulit akibat radikal bebas.

Ini adalah senyawa yang tidak stabil yang dapat berbahaya bila hadir pada tingkat tinggi.

2. Membantu penyembuhan luka

Ini dapat membantu meningkatkan penyembuhan luka dengan mendukung produksi sel-sel kulit baru. Konon, Anda mungkin perlu makan nanas dalam jumlah besar saja untuk melihat perbedaan pada kulit Anda. Sebagai gantinya, cobalah memasukkan nanas hanya sebagai salah satu komponen diet sehat dan seimbang.

Manfaat Mengoleskan Nanas ke Wajah

Beberapa orang menggunakan nanas secara topikal dengan mengoleskan buah segar langsung ke kulit mereka atau membuat masker wajah atau serum buatan sendiri.

Namun yang lebih umum, orang membeli produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak nanas atau bromelain. Beberapa bukti menunjukkan bahwa bromelain mungkin bermanfaat bila diterapkan pada kulit.

Satu penelitian tabung menunjukkan bahwa mencuci muka bromelain dapat menghambat beberapa bakteri penyebab jerawat.

Selanjutnya, sebuah studi 12 minggu pada 11 orang yang menggunakan krim ekstrak nanas dua kali sehari.

Hal ini mencatat bahwa itu secara signifikan mengurangi iritasi kulit, melasma (bintik matahari), dan produksi minyak pada kulit dibandingkan dengan plasebo.

Namun, ini tidak berlaku untuk nanas segar, karena krim ekstrak nanas yang digunakan dalam penelitian ini diformulasikan secara khusus untuk dioleskan dan diserap ke dalam kulit.

Kelemahan mengoleskan nanas segar ke kulit

Bromelain adalah enzim yang kuat dan penyebab iritasi kulit yang cukup umum, seperti lidah yang sedikit bengkak atau kemerahan di sekitar mulut setelah makan nanas.

Sebagian besar penelitian tentang khasiat nanas atau bromelain telah menggunakan ekstrak nanas pekat – bukan nanas segar.

Ekstrak ini memberikan dosis bromelain yang jauh lebih tinggi ke kulit.

Tidak mungkin mengoleskan nanas segar ke kulit Anda akan memberikan manfaat penting.

Dosis bromelain kemungkinan akan terlalu rendah untuk memberikan manfaat kulit tetapi cukup untuk menyebabkan iritasi kulit.

Nanas segar juga tidak akan mudah meresap ke dalam kulit.

Sebagai alternatif, coba gunakan produk perawatan kulit yang dibuat dengan ekstrak nanas atau bromelain.

Produk-produk ini diformulasikan untuk diserap ke dalam kulit untuk manfaat maksimal, dan mengandung dosis bromelain yang lebih efektif — biasanya dalam formula bebas iritasi.

Kesimpulannya…

Nanas kaya akan nutrisi, antioksidan, dan enzim bromelain – yang semuanya dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda.

Namun, menerapkannya langsung ke kulit Anda mungkin tidak memberikan manfaat yang nyata dan dapat menyebabkan iritasi kulit.

Jika Anda ingin merasakan manfaat nanas, cobalah produk perawatan kulit yang diformulasikan khusus yang dibuat dengan bromelain atau ekstrak nanas daripada mengoleskan nanas segar ke kulit Anda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.