Jangan Langsung Dikasih Salep! Luka Bakar karena Knalpot Ternyata Bisa Sembuh Tanpa Bekas Hanya Pakai Madu, Gak Nyangka

Anda pernah terluka karena knalpot? Pasti rasanya sangat panas sekali. Selain itu, luka bekas knalpot juga sangat sulit hilang. Biasanya bekas ini akan terus ada di kulit Anda.

Namun mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi. Anda tidak perlu mengobatinya dengan salep Anda bisa mengobatinya dengan bahan alami, yaitu dengan madu Penasaran dengan caranya?

Manfaat Madu untuk Menyembuhkan Luka

Anda punya madu di rumah? Ternyata madu dapat menyembuhkan luka lho! Dilansir dari Medical News Today, Anda dapat memanfaatkan madu untuk menyembuhkan luka bakar. Madu memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan anti-inflamasi. Orang-orang telah menggunakan zat ini dalam resep penyembuhan luka tradisional untuk waktu yang lama.

Sebuah tinjauan 2016 menyatakan bahwa penelitian laboratorium menunjukkan madu secara signifikan meningkatkan tingkat penyembuhan luka pada hewan.

Ia juga mengatakan bahwa itu mengurangi pembentukan bekas luka dan menghambat pertumbuhan bakteri pada luka akut dan luka bakar.

Dalam studi lain, madu tampaknya menyembuhkan luka ketebalan parsial lebih baik daripada perawatan lain. Madu juga dapat menyembuhkan infeksi pada luka pasca operasi daripada perawatan biasa. Anda bisa menggunakan madu medis untuk luka ringan dan besar.

Bahan Lain untuk Mengobati Luka Bakar

Selain menggunakan madu, Anda bisa menggunakan bahan ini untuk mengobati luka bakar.

1. Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini memang terkenal memiliki banyak manfaat. Lidah buaya mengandung glukomanan, zat yang membantu regenerasi sel dan menyebabkan tubuh memproduksi kolagen. Zat ini adalah protein yang mendorong penyembuhan luka.

Sebuah tinjauan sistematis 2019 menyatakan bahwa lidah buaya dan senyawanya dapat meningkatkan penyembuhan luka.

Penelitian ini menunjukkan bahwa lidah buaya efektif untuk penyembuhan luka luka bakar tingkat pertama dan kedua.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa lidah buaya dapat membantu mempertahankan kelembapan dan integritas kulit sambil mengurangi peradangan dan mencegah bisul. Anda dapat mengoleskan lapisan tipis gel lidah buaya ke area luka.

Mereka juga dapat membalut luka dengan perban yang direndam dalam gel lidah buaya untuk membantu penyembuhan.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung zat monolaurin, asam lemak dengan sifat antimikroba. Asam lemak yang ditemukan dalam minyak nabati dianggap berperan besar dalam membantu penyembuhan luka. Anda dapat menggunakan minyak kelapa pada luka untuk membantu mengurangi risiko tertular infeksi.

Menurut sebuah studi tahun 2010, minyak kelapa murni dapat membantu luka pada tikus sembuh lebih cepat daripada yang tidak menggunakan minyak.

Anda dapat menggunakan zat pada luka sebagai penghalang untuk membantu mengurangi risiko tertular infeksi.

3. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Menurut penelitian pada 2020, beberapa uji klinis telah menunjukkan kemanjuran bawang putih dalam mengobati luka.

Disebutkan bahwa dalam studi praklinis, ekstrak bawang putih tua menunjukkan potensi penyembuhan luka tergantung pada dosisnya. Sebuah studi tahun 2018 mengamati penggunaan bawang putih untuk mengobati luka pada tikus. Bawang putih memiliki efek positif dan membantu luka lebih cepat sembuh.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.