Nyesel Kalau Tidak Coba! Rutin Makan Labu Kuning Tiap Hari, Wanita Ini Terkejut Dengan Manfaat Luar Biasa yang Terjadi Pada Tubuhnya

Anda pasti sudah sangat familiar dengan labu kuning. Para ibu rumah tangga akan sangat mudah menemukannya di pasar. Harga labu kuning juga sangat relatif murah loh. Biasanya labu kuning akan diolah jadi beragam makanan enak dan menggugah selera. Mulai dari campuran kolak, puding dan beragam kue kering. Jangan cuma dijadikan campuran makanan saja, labu siam punya segudang manfaat luar biasa loh.

Rasa manis dan tekstur yang lembut pasti akan sangat disukai. Berikut ini manfaat dari labu siam yang jangan sampai anda rugi tidak tahu!

Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan

Berikut ini ialah 6 manfaat labu kuning bagi kesehatan tubuh menurut WebMD.

1. Mengandung beta-karoten yang baik untuk menangkal kuman

Beta-karoten adalah pigmen yang ditemukan dalam buah-buahan atau sayuran berwarna dominan merah-jingga. Labu kuning kaya akan beta-karoten. Tubuh mengubah antioksidan tersebut menjadi vitamin A.

Vitamin A membantu seseorang memiliki mata yang sehat dan penglihatan yang lebih jelas, terutama dalam kondisi kurang cahaya.

Selain untuk kesehatan mata, vitamin A diperlukan untuk menangkal kuman dan agar sistem reproduksi bekerja sebagaimana mestinya.

Vitamin A juga membantu menjaga kesehatan jantung, paru-paru, ginjal, dan organ lainnya.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain beta-karoten, labu kuning juga mengandung vitamin C, vitamin E, zat besi, dan folat. Semua itu bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Seseorang yang sering memakan labu kuning dapat membantu sel-sel kekebalan bekerja lebih baik untuk menangkal kuman dan mempercepat penyembuhan saat sedang terluka.

3. Membantu penderita hipertensi

Labu kuning yang kaya dengan warna oranye juga merupakan tanda bahwa buah tersebut dikemas dengan kalium. Kalium sangat penting untuk menurunkan tekanan darah.

Biji labu kuning tawar juga padat akan mineral dan sterol tanaman yang meningkatkan kadar kolesterol baik yang disebut lipoprotein berdensitas tinggi atau high density lipoprotein (HDL) serta membantu menurunkan angka tekanan darah.

4. Melangsingkan perut

Labu kuning tinggi serat dan rendah kalori sehingga labu kuning bisa membuat seseorang merasa kenyang. Jika mencari cara agar perut terasa kenyang, labu kuning kaya nutrisi adalah pilihan yang baik.

Kandungan serat dalam makanan yang dimakan juga meningkatkan kesehatan pencernaan, jadi pencernaan dalam tubuh keluar secara teratur.

5. Tidur lebih nyenyak

Biji labu kuning memiliki triptofan, yaitu asam amino yang membantu membuat bahan kimia yang disebut serotonin.

Selain berfungsi untuk memperbaiki suasana hati, serotonin juga berperan penting dalam membantu seseorang mendapatkan tidur yang baik.

6. Menyehatkan Kulit

Seperti halnya wortel dan ubi jalar, labu kuning juga kaya akan beta-karoten yang akan diubah menjadi vitamin A. Kandungan nutrisi ini dikenal dapat mencegah kerusakan sel-sel kulit yang mengakibatkan terjadinya penuaan.

Kandungan beta karoten dan karotenoid itu yang membuat labu berwarna kuning atau oranye cerah. Senyawa tersebut juga bersifat antioksidan yang membantu mencegah kerusakan kulit dari paparan radikal bebas. Kekuatan antioksidan beta-karoten dalam labu kuning bekerja untuk melawan efek penuaan pada kulit. Ini juga membantu mengurangi peradangan, yang membuat kulit dan tubuh lebih sejuk.

Manfaat Minum Jus Labu dan Jahe

1. Mengurangi tekanan darah tinggi

Tekanan darah anda cepat naik? Tekanan darah tinggi juga menjadi masalah kesehatan yang dihadapi banyak orang saat ini.

Nah, Anda bisa mengatasinya dengan rutin meminum jus labu dan jahe karena kandungan potasium dalam labu dan jahe akan membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

2. Mengusir gangguan pencenaan

Pola makan tak sehat dan stres menjadi pemicu timbulnya gangguan pencernaan pada seseorang.

Serat dan air yang terkandung dalam labu dan enzim pada jahe akan membantu menetralkan asam dalam perut, sehingga bisa meminimalisasi gangguan pencernaan.

3. Menurunkan berat badan

Tak harus diet ekstrem, nyatanya mengonsumsi campuran jus labu dan jahe setiap pagi akan membantu anda terlihat langsing lebih cepat!

Hal ini disebabkan kandungan antioksidan dan vitamin K akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh, di samping ramuan ini rendah kalori.

Ditambah lagi jika anda meminumnya bersamaan dengan olahraga rutin maka semakin efektif mendapatkan tubuh yang ideal.

4. Meredakan panas dalam

Sering kali, cuaca tak menentu atau perubahan hormon akan menyebabkan gejala panas dalam tubuh yang tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Bahkan jika sudah parah akan mengakibatkan gangguan pencernaan, sakit kepala dan mimisan.

Nah, anda dapat meredakan gejala tersebut dengan campuran alami ini agar suhu tubuh normal.

5. Menjaga kesehatan hati

Kebiasaan makan makanan yang tak sehat dan infeksi dapat menyebabkan radang pada hati.

Nah, anda bisa mengatasinya dengan meminum campuran ini secara rutin.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.