Bisa Jauh-jauh Dari Obat, Modalnya Cuma Minum Air Rebusan Kulit Apel Setiap Hari, Hasilnya Sampai Bikin Dokter Syok!

Apel adalah buah yang kaya akan warna merah atau hijau dan memiliki banyak vitamin, antioksidan, serat, dan nilai gizi lainnya. Buah berbentuk agak bulat yang merupakan sumber energi ini juga sangat bermanfaat untuk kulit, rambut, dan kesehatan secara keseluruhan. Biasanya apel dikonsumsi langsung dagingnya atau dikonsumsi sebagai salad, jus, maupun smoothie. Karena hanya dikonsumsi dagingnya, kulit apel biasanya dibuang begitu saja.

Padahal, kulit apel sama bermanfaatnya dan memiliki kandungan gizi yang baik seperti daging apel. Cobalah untuk mengonsumsi kulit apel juga, salah satunya dibuat rebusan dan airnya diminum, yang biasa disebut teh kulit apel. Berikut ini manfaat dari mengonsumsi teh kulit apel.

Manfaat Teh Kulit Apel

Dilansir dari Plants Hospital, berikut ini manfaat rutin minum teh kulit apel untuk kesehatan.

1. Sumber Vitamin

Kulit apel merupakan sumber vitamin A dan vitamin C yang penting untuk kesehatan mata dan kulit. Vitamin ini sangat ideal untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan kesehatan mata dan kulit.

Selain itu, teh kulit apel yang mengandung vitamin K juga sangat penting untuk struktur sel dan produksi folat dalam tubuh.

2. Sumber Mineral

Kulit apel kaya akan kalsium dan fosfor untuk membantu penderita anemia. Ini juga mengandung seng, natrium, magnesium, dan zat besi dalam jumlah yang cukup.

Mineral ini sangat berguna untuk kesehatan tulang dan struktur gigi. Kulit apel mengandung asam folat dan zat besi, yang penting bagi wanita.

3. Sumber Serat

Karena kulit apel adalah sumber serat yang dapat dimakan, mereka merupakan pilihan ideal untuk menurunkan berat badan dengan menargetkan jaringan lemak dalam tubuh.

Serat ini tidak hanya membersihkan sistem kekebalan tubuh tetapi juga membantu mengatur pergerakan usus. Serat ini juga membantu melindungi sistem kardiovaskular dan kesehatan pencernaan.

4. Sumber Antioksidan

Kulit apel cukup kaya akan antioksidan alami yang dapat mengatasi radikal bebas.

Kulit apel yang mengandung asam fenolat alami, antioksidan dan flavonoid efektif untuk mencegah gangguan pencernaan, risiko serangan jantung, dan diabetes dengan melawan radikal bebas.

5. Mengobati Masalah Pernafasan dan Paru-Paru

Konsumsi apel, seperti halnya kulit apel, sangat dianjurkan oleh para ahli. Dikatakan bahwa teh kulit apel dapat mempengaruhi kelancaran fungsi paru-paru karena mengandung senyawa yang dikenal sebagai quercetin.

Kulit apel juga bisa bermanfaat untuk masalah pernapasan. Komponen quercetin melindungi terhadap kerusakan jaringan otak dan kehilangan memori.

6. Mengontrol Gula Darah

Apel diakui sebagai nutrisi yang bermanfaat untuk kadar gula darah. Dengan cara yang sama, kulit apel bekerja sebagai penghambat aktivitas enzim yang bertanggung jawab atas gula darah, mencegah pemecahan pati.

Akibatnya, kadar gula darah menurun dengan bekerja pada pelepasan gula dalam darah.

7. Mencegah Pembentukan Batu Empedu

Kulit apel cukup kaya serat; oleh karena itu mereka ideal untuk mencegah pembentukan batu empedu.Ketika kadar kolesterol meningkat dalam tubuh, empedu membeku secara tidak langsung dan batu empedu terbentuk dari waktu ke waktu.

Untuk menghindari situasi ini, akan berguna untuk menambahkan kulit apel yang kaya serat ke dalam program diet Anda. Buah apel juga cukup baik untuk mengobati kondisi ini.

8. Melindungi Terhadap Kanker

Apel dikenal untuk melindungi terhadap penyakit serius seperti kanker. Seluruh alasannya tersembunyi di kulitnya.

Menurut tes University of Wisconsin, antioksidan dalam kulit apel memperlambat pertumbuhan sel untuk mencegah kanker seperti kanker prostat dan kanker payudara.

Dalam hasil penelitian, kulit apel direkomendasikan untuk dikonsumsi karena sifat anti kankernya. Itu juga telah diamati untuk melindungi terhadap penyakit jantung dalam beberapa penelitian.

9. Mendukung Struktur Otot

Penelitian telah menunjukkan bahwa kulit apel mungkin berguna untuk masalah kesehatan kronis karena mengandung zat yang sangat terkonsentrasi yang disebut ursolik.

Manfaat asam ursolat untuk pertumbuhan otot sudah diketahui. Di sisi lain, itu juga mengurangi lemak tubuh dan menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.