Renggut Nyawa Aktor Lawas di Usia 58 Tahun, Ternyata Lauk yang Sering Ada di Meja Makan ini Bisa jadi Pencegah Kanker Usus yang Mematikan

Ketika mendengar kata kanker tentu sudah sangat menakutkan. Hal terparah jika terkena kanker adalah kematian menanti di depan mata. Sama halnya dengan meninggalnya aktor Zainal Abidin Domba pada 2015.

Aktor senior ini harus meregang nyawa karena kanker usus yang dideritanya. Keluarga pun mengungkapkan jika kebiasaan merokok bisa jadi penyebab Zainal Abidin meninggal Sebenarnya ada makanan yang bisa bantu mencegah diri kita terkena kanker usus loh. Penasaran? Berikut ini ulasan lengkap untuk anda.

Penyebab Kanker Usus

Dikatakan oleh putri almarhum, Firda, jika sang ayah sudah sakit selama kurang lebih satu tahun. Dilansir dari Tribun News, putra ketiganya, Fariz, juga sempat menjelaskan awal mula ayahnya bisa terkena kanker usus yang cukup parah. Menurutnya, kebiasaan merokok sang ayah adalah penyebabnya.

Meski ada faktor gen, tapi dokter mengatakan kalau pemicunya adalah rokok. Percaya atau tidak, kanker usus besar ternyata penyebab kematian pada perempuan dan laki-laki setelah kanker paru-paru Hal ini diungkapkan oleh American Cancer Society pada tahun 2013.

Dibandingkan dengan pap smear yang merupakan deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara, kanker usus besar atau kolon juga bisa dicegah dari awal.

Deteksi ini cukup akurat karena mampu mendeteksi polip pra-kanker sebelum berubah menjadi kanker sepenuhnya.

Bahkan, kanker ini bisa disembuhkan ketika masih stadium dini. Hal ini karena kanker ini berkembang dari sel abnromal pada lapisan usus besar atau rektum, maka gizi memainkan peran yang cukup besar dalam meningkatkan atau menurunkan resikonya.

Belajar dari mendiang Zainal Abidin dan almarhumah istri Ustaz Maulana, ternyata ada beberapa makanan yang bisa mencegah kanker usus.

Makanan Pencegah Kanker Usus

Mengatur pola makan adalah salah satu cara mencegah kanker usus besar. Faktanya, terdapat beberapa makanan yang dianjurkan untuk kita konsumsi karena dapat mencegah kanker usus besar. Berikut makanan pencegah kanker usus besar yang bisa kita konsumsi:

1. Bayam

Makanan kaya antioksidan seperti ubi juga sangat baik untuk menangkal semua jenis kanker karena dapat menetralisir efek negatif yang disebabkan radikal bebas. Beberapa sumber antioksidan alami ialah ubi, wortel, bayam, dan brokoli.

2. Alpukat

Serat alpukat sangat penting memperlancar pencernaan dan mencegah munculnya polip. Alpukat adalah salah satu makanan tinggi serat. Selain alpukat, gandum utuh, oatmeal beras merah, dan kacang-kacangan hitam juga dipercaya mampu mencegah kanker.

3. Jahe

Rempah-rempah seperti jahe bisa bertindak sebagai anti-inflamasi untuk membunuh sel kanker usus besar. Rempah-rempah dengan fungsi yang sama antara lain bawang putih, kunyit, oregano, dan bawang merah.

4. Yogurt

Probiotik mampu merangsang usus dan merupakan sumber bakteri baik yang berguna menjaga flora usus kita tetap sehat. Selain Yogurt, makanan yang kaya probiotik adalah acar, sop miso, dan cuka sari apel.

Penjelasan Ahli Mengenai Es Krim Untuk Cegah Kanker Usus

Seperti yang dikutip dari situs Newsweek, sebuah penelitian yang dilakukan Yoshihiko Koga, seorang profesor dari Universitas Kyorin, Tokyo, membuktikan jika mengonsumsi makanan dingin seperti es krim sesaat setelah terbangun dapat memberikan stimulus pada otak menjadi lebih aktif, meningkatkan kewaspadaan dan kapasitas mental.

Bagi Anda yang gemar es krim, manfaat-manfaat tersebut bisa diperoleh asalkan Anda mengonsumsinya dengan bijaksana, alias dalam porsi yang sehat dan wajar.

Idealnya es krim dikonsumsi dalam porsi setengah cup atau dengan ukuran separuh bola baseball. Konsumsi juga dalam frekuensi yang wajar.

Tidak hanya itu mengonsumsi es krim juga dapat memberikan manfaat lain bagi tubuh, lebih dari sekedar memperbaiki suasana hati.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh, Siapa Sangka Es Krim Bisa Menurunkan Resiko Terkena Kanker Usus, Berikut Penjelasan Ahli

Es krim dapat menjadi sumber karbohidrat, protein, dan lemak yang dapat membantu proses sintesis energi.

Selain manis, es krim memiliki sensasi dingin di mulut bisa meningkatkan hormon bahagia.

Siapa sangka es krim bisa menurunkan resiko kanker usus.

Berikut ulasannya.

Es Krim Merupakan makanan yang cukup digemari banyak orang, akan tetapi tidak sedikit pula yang menghindari es krim dengan alasan bahwa es krim bisa merusak kesehatan. Es krim memang bisa merusak kesehatan apabila kita terlalu banyak mengonsumsinya.

Namun, jika kita sering memakan es krim dengan aturan yang benar tentu manfaat es krim juga kita dapatkan.

Sebab es krim juga memiliki manfaat untuk kehidupan kita sehari hari seperti penjelasan di bawah ini:

Baca Juga: Renggut Nyawa Henky Solaiman, Makanan Sehari-hari ini Ternyata Bisa Jadi Penyebab Utama Kanker Usus

1. Menurunkan Terkena Risiko Kanker usus

Sering megonsumsi es krim dengan porsi yang tepat juga membantu untuk menurunkan risiko terkena kanker usus besar.

Kanker usus sekarang ini sering jadi pemberitaan yang cukup memprihatinkan.

Maka pentingnya menurunkan resiko kanker usus besar agar tidak makin parah.

2. Membantu Untuk Menurunkan Berat Badan

Ketika anda mengonsumsi es krim dengan porsi yang tepat maka es krim dapat membantu untuk menurunkan berat badan anda.

ini diakibatkan oleh es krim yang memiliki kemampuan membakar kalori.

3. Memberi Energi tambahan

Es krim bisa memberi energi tambahan karena biasanya es krim mengandung gula yang di ubah menjadi energi.

4. Memberikan Kandungan Gizi

Es krim yang baik biasanya terbuat dari susu dan krim sehat, tentu dalam kandungan bahn tersebut terdapat banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh anda.

5. Membantu menghilangkan Stres

Sering mengonsumsi es krim juga bermanfaat untuk meningkatkan rasa nyaman dan mood anda.

Lalu benarkah es krim bermanfaat bagi tubuh?

Pada 2016, sebuah studi yang dilakukan oleh Brigham and Women’s Hospital dan Harvard Medical School menyimpulkan jika peningkatan konsumsi produk susu dapat membantu wanita paruh baya dan lanjut usia mempertahankan berat badan yang sehat.

Selain itu, sebuah studi 2005 oleh Center of Neuroimaging Sciences di Institute of Psychiatry di London menemukan mengkonsumsi es krim dapat membuat penikmatnya merasa bahagia, karena akan menyalakan zona kesenangan pada otak.

Meski baik untuk menurunkan resiko kanker usus besar konsumsi es krim dapat berbahaya jika terlalu berlebihan.

Kandungan gula di dalamnya dapat meningkatkan penyakit kronis dan mengurangi kemampuan atletik.

Yang paling penting adalah mengikuti aturan dengan baik jangan berlebihan.

Harus diimbangi juga dengan memakan makanan sehat agar tidak mudah sakit.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.