Tolong Ibu-ibu Catat! 2 Bahan Dapur Ini Ternyata Ampuh Hempas Diabetes pada Wanita, Gak Butuh Obat Lagi

Diabetes merupakan salah satu gangguan kesehatan yang bisa menyerang siapa saja. Meski kerap dikaitkan dengan orang yang memiliki bentuk badan gemuk, namun diabetes bisa menyerang siapapun, termasuk kaum wanita.

Ya, bagi para wanita, diabetes ini bisa mengintai secara nyata karena konsumsi makanan, khususnya makanan manis yang berlebihan.

Anda tentu tidak mau bukan hanya karena kesenangan sesaat, Anda justru berakhir minum obat seumur hidup.

Nah, untuk mencegahnya ternyata beberapa bahan dapur bisa dikonsumsi oleh para wanita agar terhindar dari diabates ini Bahan apa saja dan bagaimana cara kerjanya? simak ulasannya.

Bahan Alami Mencegah Diabetes pada Wanita

Siapa sangka, bahan yang kerap Anda gunakan untuk memasak, bisa menjadi solusi jitu pencegah diabetes pada wanita. Lalu apa saja bahan tersebut?

1. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan antioksidannya. Dengan mengonsumsi obat tradisional ini, kadar gula darah pengidap diabetes bisa turun hampir 18% setelah mengonsumsi 300 mg kunyit dalam bentuk obat herbal per hari.

Studi lain pada jurnal Diabetes Care menunjukkan bahwa konsumsi 1,5 gram kunyit setiap hari selama 9 bulan mencegah perkembangan penyakit diabetes tipe 2 pada orang yang mengalami prediabetes. Selain itu, kunyit juga terbukti dapat mencegah terjadinya komplikasi diabetes.

2. Kayu manis

Rempah ini dipercaya menurunkan tingkat resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah setelah makan, serta melawan peradangan karena dapat meningkatkan metabolisme glukosa.

Salah satu penelitian yang mendukung manfaat kayu manis untuk menurunkan gula darah adalah penelitian dari Journal Diabetes Science and Technology.

Dari penelitian didapatkan mengonsumsi kayu manis 1, 3 atau 6 gram per hari bagi penderita diabetes tipe 2 dapat menurunkan kadar gula darah dan risiko komplikasi diabetes yang berhubungan dengan darah tinggi dan jantung.

Selain dua bahan di atas, salah satu bahan lain yang juga bisa mencegah diabetes apda wanita adalah ginseng. Ginseng memang tidak lazim digunakan sebagai bumbu dapur di Indonesia. Namun ginseng juga mampu mencegah diabetes terutama bagi wanita.

Sebuah penelitian menemukan ginseng memiliki kandungan alami yang dapat digunakan sebagai obat herbal diabetes.

Senyawa alami dalam ginseng dilaporkan membantu mengatur penyerapan glukosa dalam tubuh sehingga mencegah gula darah melonjak tiba-tiba Anda bisa membuatnya menjadi air rebusan dan mengonsumsinya secara rutin. Cara buatnya pun gampang banget.

Untuk membuat air rebusan kayu manis, ukup campurkan kayu manis dengan segelas air hangat, aduk sampai merata, kemudian tunggu sampai air jadi dingin. Baru kemudian Anda bisa menambahkan madu. Perbandingan antara madu dan kayu manis adalah 1:2 dengan 1 sendok teh madu dan 2 sendok teh kayu manis. Mencampurkan madu harus menunggu air jadi dingin, karena air panas bisa menghancurkan enzim baik pada madu.

Baru setelah tercampur rata, kita minum setengah gelas sebelum tidur. Setengah gelas lagi kita simpan di dalam kulkas dan diminum pada pagi harinya. Nah, jika Anda menemukan beberapa gejala diabetes di bawah ini, sebaiknya segera konsumsi bahan di atas Beberapa gejala diabetes terutama di usia muda adalah sebagai berikut:

1. Mudah lapar dan kelelahan
2. Sering haus dan banyak kencing
3. Mulut kering dan kulit gatal
4. Penglihatan kabur
5. Infeksi jamur
6. Luka lama sembuh

Perlu diingat juga, bahwa gejala di atas adalah kondisi luar yang bisa terlihat. Sebaiknya Anda memeriksakannya ke dokter untuk melihat kondisi Anda lebih detail. Ingat, pengobatan terbaik adalah pencegahan yang dilakukan sejak dini.

Jadi kalau tidak sekarang kapan lagi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.