Catat! Lebih Baik Nggak Makan Tempe Sekalian Kalau Lihat Ciri-ciri Ini, Akibatnya Bikin Satu Keluarga Sakit-sakitan

Tempe adalah salah satu makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Terbuat dari kacang kedelai, tempe menyediakan banyak nutrisi penting untuk tubuh. Apalagi harga tempe juga ramah dikantong, maka tidak heran makanan ini jadi asupan favorit. Mengenai nutrisinya, tempe kaya akan kandungan protein.

Mengutip Tribun Batam, tempe mengandung protein yang lengkap. Buncis, biji-bijian, dan kacang-kacangan memang mengandung protein, tapi hampir tidak selengkap tempe. Kemudian, tempe juga merupakan sumber prebiotik baik, yang memberi makan bakteri menguntungkan di usus.

Semua manfaat kesehatan dari tempe bisa kita peroleh kalau mengonsumsi olahan kedelai tersebut yang berkualitas baik. Iya, tempe berkualitas baik akan memberikan nutrisi maksimal. Tapi sebaliknya, tempe yang busuk akan memberikan bahaya untuk kesehatan.

Sekarang pertanyaannya, bagaimana membedakan tempe berkualitas baik dengan yang tidak? Dilansir Grid.ID dari Sajian Sedap, inilah tips memilih tempe yang baik dan benar.

Tips ini dibagikan oleh koki dari Hotel Santika Cirebon, Aguk Prasetiyo.

1. Warna

Kita pasti sering melihat tempe berwarna kuning dan jamurnya yang berwarna putih. Pastikan memilih tempe dengan paduan warna ini. Kalau tempe sudah berubah warna menjadi kecokelatan, artinya sudah mulai busuk.

2. Tekstur

Jangan membeli tempe yang teksturnya mudah hancur. Usahakan pilih tempe yang bertekstur padat dan jamurnya seperti kapas. Sebelum dibeli, tekan tempe secara perlahan dan pastikan masih keras atau tidak mudah hancur. Jangan pula membeli tempe yang sudah basah karena akan cepat busuk.

3. Aroma

Tempe yang bagus akan mengeluarkan aroma tidak menyengat atau sengit. Saat memilih tempe, cobalah hirup aromanya. Apabila sudah mulai menimbulkan aroma menyengat, maka tempe sudah mulai mengalami pembusukan. Setelah dibeli, sebaiknya tempe disimpan di kulkas Sebagai tambahan, tempe hanya bisa bertahan sekitar 3-5 hari saja.

(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.