Makin Populer di Kalangan Penikmat Kuliner, Ternyata Rasa Maknyus Sambal Matah Tak Lepas dari Bahan Pilihan Ini, Dijamin Satu Keluarga Keenakan!

Belakangan ini, sambal matah menjadi salah satu jenis sambal yang sangat populer di telinga masyarakat Tanah Air. Uniknya, sambal khas Indonesia yang berasal dari Bali ini tidak mengalami proses dimasak di atas api. Ya, cara membuat sambal matah terbilang sangat sederhana. Meski sederhana, ada trik tertentu membuat sambal matah agar terasa lebih segar, diantaranya dengan menggunakan bahan pilihan.

Melansir dari Kompas.com dan Sajian Sedap, berikut trik membuat sambal matah agar terasa lebih segar!

1. Jenis Cabai

Untuk sambal matah, gunakan cabai merah keriting dan rawit merah. Cabai merah keriting ukurannya kurus dan ramping sehingga potongannya terlihat cantik. Tidak banyak mengandung air, tidak semerah cabai merah besar, tetapi rasanya pedas.

Sementara itu, rawit merah bisa digunakan karena rasanya pedas, lebih pedas dari cabai merah. Untuk mengatasi rasa pedasnya, bisa memilih cabai yang muda karena makin tua, cabai rawit makin pedas.

2. Bawang Merah

Selain cabai, bahan utama sambal matah adalah bawang merah mentah. Namun, bawang merah mentah cenderung punya aroma langu yang kuat. Untuk menghilangkannya, iris dulu bawang merah sesuai keinginan. Setelah itu, cuci kembali bawang merah iris di dalam air es.

Air es akan seketika menghilangkan gas belerang penyebab bau langu sehingga bawang merah akan terasa nikmat saat dimakan, tapi tetap renyah.

3. Serai

Jika biasanya serai hanya diambil bagian bawahnya, sambal matah justru menggunakan bagian batang yang panjang. Bagian batang itu memberi kesan harum dan teksturnya paling cocok untuk dibuat sambal matah. Justru, akan tidak lazim apabila menggunakan bagian putih serai untuk sambal satu ini.

4. Minyak

Jika ingin membuat sambal matah yang lebih nikmat, gunakan minyak yang betul-betul masih panas. Panas minyak akan mematangkan bawang sehingga aroma langunya langsung berkurang.

5. Asam

Selain jeruk nipis, kita bisa menggunakan air jeruk lemon. Rasanya juga sama asam, tapi aroma segarnya bisa jadi variasi yang menyenangkan.

6. Bumbu Aromatik

Sambal matah akan jadi makin maknyus jika ditambahkan aneka bumbu aromatik. Bisa jadi dengan menambahkan irisan kecombrang sampai irisan daun jeruk.

Selain 6 bahan itu, trik lainnya yang bisa dicoba yakni dengan merendam cabai terlebih dulu di air es.

“Cabainya bisa direndam dulu di es biar lebih segar,” kata Chef Erwin Hidayat saat program #MasakdiRumahAja, dikutip dari kompas.com.

Chef Erwin pun membagikan resep membuat sambal matah yang maknyus untuk dinikmati seluruh anggota keluarga di rumah.

Pertama, siapkan bahan sambal matah antara lain:

Bawang merah 50 gram, cabai rawit merah 10 gram, cabai rawit hijau 10 gram, serai 3 batang, daun jeruk 6 lembar, jeruk nipis 2 buah, garam 5 gram, merica 3 gram, gula 3 gram, terasi 1 sdm, dan minyak goreng.

Kedua, ikuti cara membuat sambal matah ala Chef Erwin Hidayat sebagai berikut:

1. Pertama rendam bawang merah, cabai rawit merah dan cabai rawit hijau, supaya lebih bersih, segar, dan warnanya akan lebih keluar.

2. Tumis terasi hingga harum lalu sisihkan. Kemudian iris bawang merah, iris tidak terlalu tipis agak tebal saja. Lalu iris cabai merah dan cabai hijaunya.

3. Setelah diiris, cabai bisa diayak agar bijinya tidak masuk semua ke dalam sambal.

Lalu iris daun jeruk, tulang daun jeruk bisa dibuang, lalu iris tipis daunnya.

Selanjutnya iris tipis batang serai bagian dalam. Bagian dalam serai memiliki tekstur yang lembut dan aroma yang tidak begitu menyengat.

4. Potong jeruk nipis, peras dan masukkan ke dalam campuran sambal. Kemudian aduk rata semua bahan yang dicampur tadi.

5. Lalu beri bumbu berupa, garam, penyedap, merica, gula secukupnya. Selanjutnya aduk kembali.

Tuangkan terasi yang sudah ditumis dengan minyak, satu sendok makan saja.

6. Terakhir masukan minyak goreng dan aduk rata, setelah itu sisihkan sebentar agar bumbunya meresap.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.