Dijamin Melongo Lihat Khasiat yang Didapat! Coba Mulai Hari ini Rutin Konsumsi Telur untuk Sarapan

Menjadi salah satu makanan yang mudah didapat, telur ternyata mengandung khasiat luar biasa Dikenal memiliki kandungan zat penting untuk tubuh, nyatanya telur pun juga jai makanan favorit masyarakat. Namun siapa sangka jika telur justru memiliki khasiat atau manfaat lebih baik jika dikonsumsi sebagai menu sarapan.

Telur merupakan salah satu makanan populer yang dikonsumsi saat sarapan. Sebagian besar orang akan memasaknya dengan cara digoreng kemudian dimakan dengan nasi putih hangat. Tapi, mulai pagi ini, coba deh rebus telur lalu makan saat sarapan atau saat perut masih kosong. Ternyata makan telur rebus saat sarapan, bisa membawa segudang manfaat yang tidak akan disangka.

Pasalnya, hanya makan telur rebus saat sarapan saja, bisa membuat orang terhindar dari penyakit mematikan ini. Penyakit apa yang dimaksud? simak ulasannya.

Manfaat Makan Telur Rebus saat Sarapan

Telur mengandung vitamin (A, B5, B12, B2, D, E, K, B6), folat, fosfor, selenium, kalsium, zat besi, natrium, kalium dan antioksidan (luetin, zeaxanthin, riboflavin).

Tak hanya itu, telur juga menyediakan 77kalori, 6 gram protein, 5 gram lemak sehat, dan hanya 0,7 gram karbohidrat. Nah, makanya itu telur merupakan salah satu menu makanan yang sangat bergizi bagi kesehatan tubuh.

Untuk mendapatlan manfaat nya lebih optimal Anda bisa merebusnya, karena tidak mengandung minyak dan lebih sehat.

Lalu apa saja manfaatnya?

1. Meningkatkan energi

Sarapan dengan mengonsumsi telur dapat memberi kita suntikan energi yang sangat dibutuhkan untuk beraktivitas.

Pasalnya, telur dapat menjadi sumber energi yang baik karena komposisi nutrisinya seperti kombinasi protein dan lemak, yang relatif lambat dicerna jika dibandingkan dengan karbohidrat.

Kemudian kandungan B12 dari telur juga dapat menyediakan cadangan energi yang stabil selama beberapa jam setelah memakannya.

2. Menurunkan berat badan

Bagi anda yang memiliki rencana untuk diet, maka menu hidangan telur dapat menjadi solusinya. Apalagi telur dapat menghasilkan bukti nyata bisa menurunkan berat badan tanpa menyiksa. Terutama telur yang membuat perut terasa kenyang lebih lama serta dapat menahan rasa lapar berlebih. Dengan demikian, sarapan dengan telur sangat cocok bagi anda untuk memulai program diet.

3. Menjaga kesehatan jantung

Sudah bukan rahasia lagi jika telur dapat menjaga kesehatan jantung manusia. Pasalnya nutrisi betaine dan kolin dari telur dipercaya sebagai kandungan yang tepat untuk menjaga kesehatan jantung.

Tak hanya itu, telur juga mengandung vitamin D, vitamin B12, serta mineral yodium yang baik untuk jantung.

Sehingga resiko terjangkit penyakit jantung dan stroke pun dapat terhindari.

Selain itu, seseorang juga dapat menerima manfaat dari asam lemak omega-3 yang baik bagi tubuh.

4. Menjaga kesehatan mata

Ternyata telur juga dapat menjaga kesehatan mata seseorang dari bahaya pengelihatan yang buruk. Pasalnya nutrisi vitamin A dari telur merupakan salah faktor pendukung untuk kesehatan mata.

Apalagi kandungan betakaroten dari kuning telur juga dipercaya mampu membantu menghindar dari penyakit katarak.

Untuk itu, bagi anda yang ingin kesehatan mata terjaga maka mengonsumsi telur dapat menjadi salah satu solusinya.

Tips Membeli Telur Berkualitas

Tahukah Anda kalau telur yang beredar di pasaran tidak selamanya aman kita konsumsi, lo. Soalnya banyak telur tak segar yang dijual pedagang nakal. Tujuannya tentu saja demi meraup keuntungan besar.

Nah, salah satu cara paling mudah melihat kualitas telur adalah dengan merendamnya dalam air atau yang disebut uji apung. Yang harus kamu lakukan adalah mengisi mangkung dengan air dan meletakkan telur di dalamnya.

Jika mereka tenggelam ke dasar, maka artinya telur itu segar. Jika telurnya berumur beberapa hari tetapi masih enak untuk dimakan, mereka akan berdiri tegak di bagian bawah di salah satu sudut mangkuk.

Sebaliknya, jika telur terlihat mengapung, maka kamu harus membuangnya. Selain itu, kita juga bisa menggunakan bantuan lampu penerang.

Pegang telur pada sumber cahaya yang terang, seperti lilin (tes ini juga dikenal sebagai tes lilin) atau lampu baca. Kamu akan melihat kantong udara di sisi bulat telur. Jika kantong udara telihat lebih tipis, maka telur tersebut segar dan dapat dimakan. Tetapi jika kantung udara besar dan kuning telur lebih gelap, maka telur tidak sehat dan harus dibuang.

Jadi jangan ragu lagi, sebelum sarapan pakai nasi, mending makan telur rebus dulu deh!

Semoga bermanfaat!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.