Baru Seumur Jagung Tapi Terlihat Tua, Ternyata Kebiasaan Meneguk Minuman Favorit Sejuta Umat Ini Penyebabnya, Pantas Efeknya Begitu!

Salah satu hal yang ditakuti oleh manusia adalah menjadi tua. Berbagai perubahan pada wajah seperti keriput membuat banyak orang tidak percaya diri. Namun, tak hanya itu saja. Bahkan orang yang masih muda pun bisa terlihat tampak tua.

Salah satu penyebabnya adalah pola hidup yang tidak sehat. Tapi Anda pasti tidak menyangka kalau kebiasaan ini bisa bikin muka cepat tua. Penasaran dengan kebiasaan apa yang bisa bikin muka cepat tua? Simak artikel berikut ini.

Kebiasaan Minum Soda yang Bikin Cepat Tua

Dilansir dari Eat This Not That, Minuman manis sebenarnya bisa membuat Anda menua lebih cepat.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of California-San Francisco menemukan bahwa orang yang minum lebih banyak minuman manis seperti soda memiliki telomer yang lebih pendek.

Zat tersebut adalah komponen sel yang menyimpan informasi DNA. Telomer mulai panjang dan semakin pendek seiring bertambahnya usia. Ketika mereka terlalu pendek, mereka mati.

“Konsumsi soda manis secara teratur dapat mempengaruhi perkembangan penyakit metabolik melalui penuaan sel yang dipercepat,” tulis penulis studi tersebut.

Dosis gula yang sangat tinggi yang dapat kita masukkan ke dalam tubuh kita dalam hitungan detik dengan meminum minuman bergula secara unik beracun bagi metabolisme.

Soda adalah salah satu minuman dengan kadar gula yang sangat tinggi. Bahkan hanya dalam 200 ml soda terdapat setidaknya 5-7 sendok gula. Hal ini ternyata dapat membuat kita terlihat lebih tua daripada usia kita.

Kebiasaan Lain yang Membuat Cepat Tua

Selain soda, kebiasaan ini ternyata bisa membuat kita terlihat tua.

1. Terlalu banyak berjemur

Sinar ultraviolet matahari merusak kulit, membuatnya terlihat lebih tua sebelum waktunya. Proses ini disebut photoaging, dan dapat menyebabkan kanker kulit.

“Dalam photoaging, kulit mengembangkan kerutan dan garis-garis halus karena perubahan kolagen dari lapisan dalam kulit yang disebut dermis,” kata Harvard Medical School.

Tanda-tanda photoaging termasuk kerutan, perubahan pigmentasi seperti bintik-bintik penuaan, bintik-bintik dan bintik-bintik hati, hilangnya warna kulit, dan kapiler yang rusak (pembuluh darah laba-laba).

Untuk menghindarinya, kenakan tabir surya minimal 30 SPF, dengan spektrum perlindungan yang luas terhadap sinar UVA dan UVB.

Jika Anda menuju ke kolam renang atau pantai, pastikan tabir surya yang digunakan tahan air.

2. Terlalu stres

Siapa yang mengira ternyata stres bisa membuat Anda terlihat lebih tua.

Menurut Harvard Medical School, yang melaporkan bahwa stres berkepanjangan dapat memperpendek telomer, struktur di dalam setiap sel yang berisi informasi genetik yang juga dirusak oleh gula.

Telomer tidak hanya memperpendek proses penuaan secara harfiah, orang dengan telomer yang lebih pendek juga berisiko mengalami kondisi kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Jadi secara tidak langsung stres juga dapat membuat kita terlihat lebih tua.

3. Tidak tidur dengan waktu yang cukup

Anda punya jadwal tidur yang berantakan? Atau waktu tidur Anda kurang? Ternyata hal ini bisa membuat Anda terlihat lebih tua. Selama tidur, beberapa sistem tubuh mulai dari otak hingga kulit mengalami pembaruan dan perbaikan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Clinical and Experimental Dermatology, wanita yang mendapatkan tidur berkualitas mengalami pemulihan penghalang kulit 30% lebih baik daripada wanita yang kurang tidur.

Hal ini juga berbanding dengan persentase kesehatan kulit yang jauh lebih baik Para ahli seperti National Sleep Foundation merekomendasikan tujuh hingga sembilan jam setiap malam.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.