Tolong Jangan Disepelekan! Orang dengan Kondisi Seperti Ini Ternyata Dilarang Keras Makan Jagung, Efeknya Bisa Mengancam Nyawa!

Selain nasi, jagung menjadi salah satu makanan pokok bagi masayarakat Indonesia. Si kuning manis nan gurih ini bisa disajikan dalam berbagai bentuk olahan, mulai dari direbus, dibakar, atau dicampurkan dengan makanan lain sebagai lauk atau camilan.

Tidak hanya mengenyangkan perut, ternyata kandungan nutrisi jagung cukup melimpah sehingga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, nyatanya tak semua orang bisa dengan tenang mengonsumsi makanan ini.

Pasalnya, terdapat orang dengan kondisi tertentu yang pantang mengonsumsi buah ini karena bisa berbahaya untuk tubuh. Karena kandungan lektinnya dapat menghambat produksi insulin dalam tubuh.

Kondis tubuh seperti apa? Simak ulasannya berikut ini.

Sayuran yang Perlu Diwaspadai Pemilik Golongan Darah O

Melansir Buku Menu Sehat & Lezat Sebulan untuk Golongan Darah O (2007) oleh Budi Sutomo, S.Pd & dr. Yoanita Ristyaningrum, orang yang memiliki golongan darah O cenderung mudah mengalami peningkatan asam lambung.

Dari evolusi genetik, golongan darah O diketahui memiliki ciri mempunyai kandungan asam lambung tinggi, sehingga mudah mengalami gangguan pencernaan.

Penyakit lain yang rentan dialami pemilik golongan darah O, di antaranya yakni:

– Gangguan tiroid
– Radang sendi
– Alergi
– Sinusitis
– Penyakit Jantung

Agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan tersebut, para pemilik golongan darah O pun kiranya penting untuk memahami berbagai makanan yang perlu dihindari.

Melansir Buku Jus Sehat Golongan Darah O: Berdasarkan Buku Laris Dr. Peter J. D’ Adamo (2007) oleh Wied Harry Apriadhi, ada beberapa jenis sayuran yang seyogianya dihindari para pemilik golongan darah O apabila tidak ingin mendapatkan gangguan kesehatan.

Berikut ini beberapa sayuran yang patut diwaspadai para pemilik golongan darah O:

1. Kubis-kubisan

Sayuran dari keluarga kubis-kubisan alias Brasicca diketahui dapat menghambat fungsi tiroid pemilik golongan darah O, yang notabene secara alami lebih lemah dibanding pemilik golongan darah lainnya.

Berikut daftar sayuran yang termasuk dalam keluarga kubis-kubisan:

– Kol hijau
– Kol putih
– Kol merah
– Kembang kol
– Cuciwis

Baca Juga: Bukan Panjang Umur Malah Jadi Malapetaka! Golongan Darah Ini Ternyata Tidak Dianjurkan Makan Daging Ayam, Bahaya yang Bisa Mengancam Tidak Main-Main

2. Taoge

Pemilih golongan darah O juga patut berhati-hari terhadap taoge alfalfa karena mengandung senyawa yang dapat mengiritasi saluran pencernaan, sehingga bisa memperparah hipersensitivitas yang mungkin diderita.

3. Jamur

Pemilik golongan darah O juga perlu waspada terhadap jamur shiitake dan buah zaitun hitam yang diawetkan karena bisa memicu alergi.

4. Keluarga terung atau terong

Sayuran lain yang sebaiknya diwaspadai pemilik golongan darah O, adalah sayuran dari keluarga terung-terungan alias Solanacea, terutama terung dan kentang.

Kandungan lektin pada sayuran ini tergolong tinggi sehingga bisa memicu nyeri sendi dan merangsang munculnya penyakit artritis. Sayuran dari keluarga ini yang menjadi pengecualian, yakni tomat.

Sayuran dari keluarga Solanacea ini memang mengandung lektin yakn kuat, yakni panhemaglutinan, suatu senyawa khusus yang mampu membekukan darah semua golongan darah.

Tapi, kandungan lektin ini ternyata tidak dapat dinetralkan di dalam tubuh pemilik golongan darah O.

5. Jagung

Jagung juga perlu dihindari oleh para pemilik golongan darah O karena kandungan lektinnya dapat menghambat produksi insulin.

Kondisi ini akan menjadikan pemilik golongan darah O lebih mudah mengalami kegemukan dan berisiko menderita kencing manis atau diabetes mellitus.

Air Rebusan Jagung untuk Kecantikan

Air rebusan jagung bisa dimanfaatkan untuk kecantikan, lho! Manfaat untuk kecantikan ialah bisa membantu mengencangkan kulit, menghilangkan bintik hitam, dan mengangkat sel kulit mati. Selain itu, air jagung rebus ini bisa menghilangkan bekas jerawat, cacar dan iritasi.

Air jagung rebus pun menyegarkan kulit dan membuat kulit lebih bersih. Air rebusan ini bisa digunakan untuk membilas maupun toner.

Selain itu, air rebusan jagung ini juga bisa digunakan sebagai masker.

Tambahkan air jagung rebus dengan sedikit madu dan sedikit jagung manis, lalu buat ramuan ini sebagai masker untuk menghilangkan bintik hitam di wajah.

Cara ini juga akan membuat kulit lebih kencang dan mengangkat sel kulit mati.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.