Minum Obat Gak Sembuh-sembuh, Ini Makanan untuk Obat Susah Menelan, Sakit di Tenggorokan Bisa Hilang Cuma dengan Kunyah Bumbu Dapur ini

Mulai sekarang jangan khawatir karena ada makanan untuk obat susah menelan. Dengan makanan untuk obat susah menelan ini rasa sakit ditenggorokan saat menelan akan hilang dengan cepat. Apalagi makanan untuk obat susah menelan ini ada di dapur Anda, loh.

Jadi, apa saja sih makanan untuk obat susah menelan? Yuk simak daftar makanan untuk obat susah menelan berikut ini.

Susah menelan atau tenggorokan terasa gatal dan berlendir memang sering menganggu. Sakit tenggorokan bisa menyebabkan beberapa gejala yang timbul antara lain sulit menelan, suara serak, dan ada rasa terbakar. Adanya masalah ini sangat mengganggu aktivitas bukan? Terutama saat sedang menelan dan mengunyah makanan. Tapi jangan dulu beli obat warung, ya! Karena ada obat untuk sakit tenggorokan dan susah menelan bisa teratasi!

Berikut ini lima obat alami untuk mengatasi sakit tenggorokan dan cara menghilangkan lendir di tenggorokan:

1. Gunakan Cuka Apel

Cuka apel mengandung banyak zat antibakteri alami yang bisa digunakan untuk membunuh bakteri dan kuman. Kemudian, sifat asam yang ada pada cuka apel juga bisa membantu memecah lendir pada tenggorokan. Cara penggunaannya, bisa dilakukan dengan cara:

a. Pertama, campurkan satu sampai dua sendok cuka apel ke dalam air. Kemudian, segera berkumur dengan larutan itu.
b. Lakukan sebanyak dua atau tiga kali agar lendir pada tenggorokan bisa terurai dan rasa serak bisa dikurangi.

2. Kunyah Gunakan Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan yang serbaguna. Selain digunakan untuk memasak, bahan ini juga bisa menyembuhkan sakit tenggorokan. Caranya, kunyah dan isap bawang putih.

Meskipun terlihat sepele tapi bisa digunakan untuk mengurangi serak dan rasa gatal pada tenggorokan.

Bawang putih ternyata bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman jika berada di samping yang mengonsumsinya.

3. Air Putih

Saat mengalami sakit tenggorokan teman-teman perlu mengonsumsi air putih lebih banyak dari biasanya. Dikutip dari laman Hellosehat.com, apabila seseorang mengalami sakit tenggorokan, langkah pertama yang dilakukan adalah menjaga asupan cairan.

Saat seseorang mengalami kekurangan cairan tubuh, maka tubuh tidak bisa menghasilkan cukup lendir dan air liur. Kondisi ini menyebabkan adanya pembengkakan dan membuat radang jadi memburuk. Oleh sebab itu, teman-teman harus memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi dengan baik.

Hal ini dilakukan untuk menjaga kelembapan tenggorokan. Untuk mempercepat pemulihan bisa dilakukan dengan mengonsumsi dua liter air dalam satu hari.

4. Kunyit

Rempah-rempah ini memiliki beragam manfaat. Salah satunya digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Kunyit itu mengandung sifat antimikroba yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri dan kuman. Kedua zat tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengurangi pembengkakan, rasa sakit, dan juga peradangan.

5. Gunakan Madu

Apakah teman-teman memiliki madu di rumah? Nah, madu ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Dikutip dari Kompas.com, madu memang bisa dimanfaatkan untuk meredakan batuk pada malam hari. Selain itu, madu juga bisa digunakan untuk mengatasi serak, gatal, dan juga sakit pada tenggorokan.

Itulah lima manfaat bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.