Sudah Hidup 100 Tahun, Ternyata Nenek Ini Cuma Makan Kacang Polong Setiap Hari, Nyesel Baru Tahu Hari ini

Semua orang pasti ingin berumur panjang. Berbagai cara dilakukan agar kita bisa tetap sehat meski di usia senja. Beberapa cara seperti mengatur pola hidup sehat menjadi pilihan agar kita berumur panjang. Salah satu menerapkan cara hidup sehat adalah dengan makan sayuran.

Makan sayuran memang sangat bermanfaat bagi tubuh sekaligus menyehatkan. Tapi tahukah Anda, ada jenis sayuran yang bisa membuat tubuh lebih sehat dan panjang umur? Yap, kacang polong adalah salah satu sayuran tersebut. Simak artikel berikut tentang konsumsi kacang polong agar panjang umur.

Konsumsi Kacang Polong agar Panjang Umur

Makan kacang polong bisa bermanfaat bagi kesehatan jantung, bahkan meningkatkan harapan untuk berumur lebih panjang. Para ilmuwan mengatakan, pria yang rutin mengonsumsi kacang polong, kemungkinannya untuk meninggal akibat gagal jantung dapat berkurang hingga 50 persen Selain itu, kacang polong juga dinilai dapat menajadi asupan harian demi mendapatkan umur panjang.

Bahan utama pada kacang polong yang memiliki peran pertahanan terhadap penyakit jantung adalah senyawa alami yang disebut spermidine.

Spermidine ditemukan pertama kali oleh para ilmuwan dalam air mani pria dan dianggap penting bagi pertumbuhan jaringan yang sehat.

Tapi dalam beberapa tahun terakhir, penelitian telah menunjukkan bahwa makanan dengan kadar tinggi spermidine juga dapat memperlambat proses penuaan dan melindungi kesehatan jantung.

Tahun lalu, tim lain dari akademisi menemukan spermidine membantu mencegah kanker, Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Spermidine bekerja dengan memperlambat jam internal tubuh, sehingga sel akan lebih lama “muda” dan kurang rentan terhadap penyakit yang berkaitan dengan usia.

Manfaat Kacang Polong Lainnya

Selain menjadi rahasia agar berumur panjang, kacang polong juga memiliki berbagai manfat lain.

1. Mengurangi risiko kanker

Baca Juga: Resep Tumis Ayam Kacang Polong Enak Ini Tetap Mantap Meskipun Disantap Hanya Dengan Nasi Hangat

Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya, kacang polong mengandung spermidine untuk mencegah kanker.

Ini terutama karena kandungan antioksidan yang tinggi, yang melawan agen perusak dalam tubuh dan mengurangi peradangan.

Kacang polong juga kaya vitamin K yang dapat melawan kanker prostat, serta senyawa tanaman lain yang dapat menghambat pertumbuhan tumor.

2. Mencegah diabetes

Kacang polong rendah indeks glikemik (GI), yang berarti mereka tidak akan meniakkan gula darah dibandingkan dengan makanan GI tinggi.

Kacang polong juga bekerja dalam menstabilkan kadar gula darah, yang penting untuk mengendalikan diabetes.

Selain itu, kandungan magnesium, vitamin K, A, C dan vitamin B pada kacang polong juga membantu mengurangi risiko diabetes.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Kacang polong mengandung serat yang tidak hanya membantumu merasa kenyang lebih lama, tetapi juga berkontribusi pada bakteri baik di usus, mencegah bakteri jahat masuk.

Kacang polong mengandung serat tidak larut, yang dapat membantu mengatasi sembelit dengan cara membuang kotoran lebih mudah dan lebih cepat.

Kacang polong juga disebut dapat mengurangi risiko sindrom iritasi usus besar.

Namun, untuk Anda yang sudah mengalami iritasi usus besar, disarankan untuk mengurangi mengonsumsi kacang polong.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.