Ngapain Repot-repot ke Dokter Gigi, Cuma Modal Jambu Biji Bisa Bikin Karang Gigi Rontok dengan Sendirinya, Begini Caranya

Plak dan karang gigi adalah salah satu masalah mulut yang sering dibaikan oleh banyak orang. Karena jarang terlihat, banyak orang membiarkan karang gigi hingga menumpuk. Jika karang gigi ini dibiarkan terus menumpuk, ternyata akan mendatangkan bahaya pada kesehatan mulut.

Pada kondisi yang lebih parah, karang gigi bisa menjalar ke gusi dan menyebabkan radang. Tentu siapapun tak menginginkan hal mengerikan ini terjadi.

Namun tak perlu khawatir, karena Anda bisa mulai membersihkan karang gigi secara mandiri di rumah, salah satunya dengan daun dan buah jambu biji.

Berikut ini cara membersihkan karang gigi yang ampuh menggunakan daun dan jambu biji.

Menghilangkan Karang Gigi dengan Daun dan Buah Jambu Biji

Dilansir dari Only my health, daun dan buah jambu biji efektif sebagai bahan alami untuk menghilangkan plak dan karang gigi.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Current Microbiology dan ilmu terapan, ekstrak daun jambu biji terbukti efektif dalam menghilangkan plak dari gigi dan gusi.

Selain itu, ia juga mengandung sifat anti-inflamasi dan analgesik yang membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada gusi.

Anda hanya perlu mengambil beberapa lembar daun jambu biji dan mencucinya. Kunyah daun ini secara menyeluruh dan keluarkan setelah satu atau dua menit.

Lakukan ini setiap hari untuk mengurangi risiko pembentukan plak pada gigi. Anda juga bisa menggunakan jambu biji mentah untuk ini, cukup taburkan garam pada sepotong buah ini dan kunyah perlahan. Lakukan ini 1 sampai 2 kali secara teratur selama beberapa minggu.

Bahan Alami Lain untuk Menghilangkan Plak dan Karang Gigi

1. Lidah Buaya

Populer karena khasiat penyembuhannya, lidah buaya juga merupakan obat yang efektif untuk mengobati penyakit gusi yang disebabkan oleh plak dan karang gigi. Dipenuhi dengan sifat antimikroba, ia baik dalam membunuh bakteri yang menyebabkan penumpukan plak.

Selain itu, lidah buaya membantu Anda menghilangkan bau mulut. Sesuai sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Oral Health and Dental Management, lidah buaya memiliki efek yang sama seperti obat kumur klorheksidin pada kontrol plak dan radang gusi.

Ambil sehelai daun lidah buaya dan belah untuk diambil ampasnya. Sekarang gosokkan pulp langsung pada gigi dan garis gusi Anda. Biarkan selama 10 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Untuk hasil terbaik, gunakan obat ini dua kali sehari.

2. Cengkih

Cengkih tanah telah digunakan sebagai obat untuk meredakan sakit gigi selama berabad-abad dan juga dapat digunakan untuk memerangi mikroba di mulut untuk mencegah plak dan karang gigi.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 dan diterbitkan dalam Journal of Indian Society of Periodontology, berkumur dengan campuran herbal yang terbuat dari cengkeh, minyak pohon teh dan kemangi dapat mengurangi mikroba dari mulut, menjadikannya agen antiplak dan antigingivitis yang efektif.

Menerapkan campuran yang mengandung 1 sendok makan bubuk cengkeh dan sedikit minyak zaitun pada gigi Anda secara teratur dianggap baik untuk kesehatan mulut Anda.

Ini juga membantu mengurangi bau mulut dengan menghilangkan bakteri dari mulut Anda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.