Bunda di Rumah Jangan Sampai Ketinggalan! Mulai Sekarang Rendam Talenan dalam Air Cuka Seminggu Sekali, Siap-siap Kaget dengan Hasilnya Bikin Melongo

Talenan menjadi alat memasak yang wajib banget ada di rumah. Karena fungsi talenan tentu saja untuk memotong bahan makaan, seperti buah, sayuran, dan daging-dagingan. Tapi, jangan lupa ya, untuk membedakan talenan yang digunkaan untuk memotong sayuran dan daging. Karena kalau disatukan bisa-bisa makanan akan terkontaminasi kuman yang berbahaya untuk tubuh! Selain itu, kita juga tak boleh lupa untuk membersihkan talenan.

Tak hanya dicuci biasa, pernahkah Anda merendam talenan di dalam air cuka? Enggak perlu sering, cukup seminggu sekali saja. Siapa yang menyangka bahwa rendam talenan di air cuka miliki efek yang luar biasa banget, lho! Bahkan, talenan akan jadi lebih awet dan pasti masak jadi lebih menyenangkan. Gak percaya?

Kalau begitu yuk simak cara membersihkan talenan dengan air cuka berikut ini.

Manfaat Merendam Talenan Dalam Air Cuka

Talenan yang terlalu sering digunakan, dapat berubah warna menjadi kekuningan. Hal ini tentunya membuat Anda ragu, apakah talenan masih layak diguankan atau tidak. Nah, berikut ini cara mudah untuk membersihkan agar talenan bebas kuman dan bau dengan cuka.

Jika Anda memotong atau mencacah bahan makanan atau bumbu di talenan plastik, ini akan meninggalkan warna kekuningan atau kecoklatan Nah, untuk membersihkannya, campurkan dua sendok teh cuka dengan air, kemudian gunakan untuk merendam talenan, lalu diamkan selama 10 menit. Selanjutnya, cuci talenan dengan sabun pencuci piring sampai bersih.

Tak hanya cuka, ini beberapa bahan alami agar talenan bebas kuman:

1. Perasan air lemon

Jika Anda suka mencacah jenis makanan yang meningalkan bekas di talenan seperti kunyit, atau buah bit, gunakanlah perasan air jeruk lemon untuk membersihkan talenan. Caranya juga mudah banget.

Pertama oleskan jeruk lemon dan peras airnya ke talenan sesaat setelah digunakan. Lalu diamkan beberapa saat, kemudian bilas. Hasilnya talenan akan bebas dari bekas warna makanan.

2. Gosok dengan garam

Cara terbaik untuk menggosok talenan adalah dengan menggunakan bahan alami, salah satunya garam. Sebelum mencuci talenan, gosokan garam pada talenan agar bekas bahan makanan, dan kotoran dapat terangkat dengan lebih mudah.

3. Biji asam jawa

Jangan buang biji asam jawa ketika memasak karena biji asam jawa berguna untuk membersihkan talenan. Fungsinya sama seperti garam untuk digosokkan, apabila bekas makanan membandel, rendam talenan di dalam air asam jawa terlebih dahulu.

Itulah beberapa bahan yang ada di rumah untuk membersihkan di rumah.

Jangan lupa untuk praktikkan di rumah, ya!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.