Emak-emak Pasti Girang! Gampang Banget Hilangkan Bau Tak Sedap di Wadah Plastik Cuma Modal Baking Soda, Begini Caranya

Penggunaan wadah plastik disukai banyak orang karena murah, praktis, dan dapat digunakan berkali-kali. Namun, wadah plastik sering kali meninggalkan bau tak sedap setelah lama digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman. Apalagi makanan yang disimpan bersifat pedas dan berminyak, membuat wadah plastik lebih cenderung menyerap bau makanan tersebut. Meskipun sudah dicuci bersih, kerap kali baunya masih menempel, seakan tidak mau hilang dengan mudah.

Jadi ketika ingin memakainya lagi, bisa jadi ada beberapa bau bercampur dalam toples plastik dengan makanan lain yang disimpan. Namun jangan khawatir, selalu ada solusi untuk masalah seperti ini, kamu bisa gunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Bahan yang bisa digunakan adalah baking soda yang sudah dikenal ampuh membersihkan perkakas apapun di rumah.

Berikut ini cara penggunaan baking soda untuk membersihkan bau tak sedap di wadah plastik.

Cara Menghilangkan Bau di Wadah Plastik

Dilansir dari The Kitchn, ini 4 cara menghilangkan bau plastik pada wadah atau kontainer makanan, salah satunya baking soda.

1. Gunakan Baking Soda

Ambil beberapa jumput baking soda dan sebarkan ke dalam wadah. Beri sedikit air untuk membuat pasta baking soda. Oleskan baking soda merata ke dinding wadah, kemudian tutup wadah hingga rapat. Diamkan selama sehari hingga dua hari. Buka tutup, cium aroma yang ada di dalamnya. Jika aroma plastik sudah menghilang, segera cuci dengan sabun dan bilas dengan air bersih.

2. Gunakan koran bekas

Selain menggunakan baking soda, Anda juga bisa mencoba koran bekas untuk menghilangkan bau di wadah plastik. Anda memiliki lembaran-lembaran koran lama yang masih bersih dalam artian tak tersentuh tanah dan kotoran membahayakan lainnya? Jika ada, gunakan saja untuk mengurangi bau plastik pada peralatan makan.

Caranya, remas-remas lembaran koran hingga membentuk gumpalan-gumpalan kecil. Kemudian masukkan koran ke dalam kontainer dan tutup kontainer hingga rapat. Biarkan semalaman agar kertas koran bisa menyerap bau menyengat di dalam wadah dengan maksimal. Baru paginya, cuci wadah dengan sabun dan bilas hingga bersih.

3. Gunakan arang

Anda juga bisa menghilangkan bau plastik yang menyengat dengan menggunakan sebongkah arang. Buka wadah, masukkan arang ke dalamnya, dan tutup rapat. Biarkan arang ada di dalam wadah selama beberapa jam atau hingga bau plastik sudah berkurang banyak.

4. Gunakan lemon

Zat asam dan aroma lemon yang segar menyengat bisa menutup aroma plastik yang ada di dalam wadah. Caranya, iris lemon, peras dan masukkan cairannya ke dalam wadah. Kemudian gunakan irisan lemon untuk menggosok seluruh dinding pada wadah plastik. Diamkan selama beberapa jam, baru bilas dengan bersih.

Keempat teknik di atas efektif digunakan untuk mengusir bau menyengat wadah plastik yang masih baru. Bahkan teknik ini juga bisa digunakan untuk mengusir bau tak sedap pada botol plastik tempat Anda akan menyimpan teh juga sari buah.

Tips Membersihkan Noda Minyak di Wadah Plastik

Selain pakai tisu Anda juga bisa membersihkan noda minyak membandel di wadah plastik bahkan hingga kompor di rumah dengan tepung terigu lho. Ya ternyata ada bahan-bahan alami dan murah ini, Anda bisa membersihkan bahkan membuatnya tampil baru hanya dalam sekejap.

Tepung terigu ini akan mengikat lemak dan minyak yang membandel sehingga bila permukaan dilap akan lebih bersih. Tepung terigu ini efektif mengangkat lemak yang masih basah. Bila lemak telah mengering, gunakan baking soda dan air untuk membantu membersihkannya.

Sementara itu untuk membersihkan wadah plastik, Anda bisa memasukkan tepung terigu ke wadah plastik penuh noda minyak lalu lalu digosok secaraperlahan. Tepung ini juga mampu menyerap noda membandel pada wadah plastik yang penuh minyak. Kemudia baru cuci kembali dengan sabun cuci piring.

Hal ini tentu bisa menghematsabun cuci piring Anda bukan?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.