Satu Indonesia Penting Tahu! Makan Roti Tawar dengan Mentega Perlu Takaran Tepat yang Nggak Sembarangan

Sarapan pagi tak lengkap rasanya jika tidak memakan roti tawar Jenis roti yang satu ini sering dijadikan pilihan untuk mengawali hari. Banyak orang lebih memilih sarapan roti tawar di pagi hari karena berbagai alasan.

Roti yang lebih praktis dan tidak terlalu mengenyangkan cocok untuk menu sarapan. Selain itu, roti juga dapat memberi energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Namun, tahukah Anda kalau ternyata mengonsumsi roti tawar dan mentega itu berbahaya? Makanan yang dioles mentega satu ini ternyata bisa berdampak buruk bagi tubuh.

Simak bahaya makan roti tawar dengan mentega berikut ini.

Bahaya Makan Roti Tawar dengan Mentega

Roti tawar termasuk salah satu makanan yang sarat akan karbohidrat. Selain karbohidrat, roti tawar juga mengandung lemak di dalamnya. Sedangkan, mentega adalah makanan yang terbuat dari lemak hewan.

Makanan yang mengandung lemak hewan termasuk dalam jenis lemak jenuh. Melansir dari Tribunnews.com, apabila Anda mengoleskan mentega secara berlebihan di roti tawar, tubuh bisa-bisa mengalami penyakit mematikan. Mengonsumsi roti tawar dengan mentega berlebihan bisa meningkatkan kadar kolestrol.

Apabila kolestrol Anda tinggi, maka risiko terkena penyakit mematikan seperti, diabetes, stroke, dan serangan jantung, pun akan semakin besar.

Ya, mentega berpotensi meningkatkan kadar kolesterol, karena kandungan lemak jenuh di dalamnya. Pada suhu ruangan, lemak jenuh berbentuk padat, karenanya kerap disebut sebagai lemak padat.

Makanan Sehat Selain Roti Tawar

Jika mentega ternyata tidak baik untuk dimakan bersama roti, mulai sekarang Anda bisa menggantinya dengan beberapa makanan berikut ini.

1. Roti gandum

Kalau Anda masih tak bisa jauh dari sarapan roti, mulai sekarang gantilah dengan roti gandum. Roti gandum terbuat dari kombinasi gandum, tepung gandum utuh, ragi, air, dan garam. Roti ini mengandung serat dan protein yang membantu tetap kenyang. Roti gandum cenderung memiliki dampak yang lebih kecil terhadap gula darah.

Serat dalam gandum yang dikenal sebagai beta-glukan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengatur gula darah, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Roti bebas gluten

Roti ini dapat menjadi pilihan aman bagi orang yang menghindari gluten, seperti yang mengidap penyakit penyakit celiac atau sensitivitas gluten. Bahan yang tepat dalam roti bebas gluten tergantung pada jenisnya.

Biasanya roti jenis ini dibuat dari campuran tepung bebas gluten seperti beras merah, almond, kelapa, tapioka, kentang, atau tepung jagung.

Banyak orang salah mengira bahwa roti bebas gluten lebih sehat daripada roti yang mengandung gluten.

Tetapi, sebagian besar varietas bebas gluten terbuat dari tepung halus dan tinggi gula tambahan, serta adiktif lain.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.